ArenaLTE.com – Virtual Private Network (VPN)  adalah layanan konektitivitas yang menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan ekstranet. Pengaktifan koneksi ini, kerap kali digunakan pengguna saat menelusuri laman situs dengan lebih aman. Bahkan, tercatat sebanyak 24% dari populasi pengguna internet dunia, menggunakan VPN tersebut.

Beruntung, Opera dalam rilis update terbaru telah menempatkan fitur VPN untuk beberapa kepentingan, seperti keamanan, dan pembatasan situs yang kerap dibatasi oleh administrator tenaga IT. Namun demikian, lebih dari dua alasan tersebut perusahaan aplikasi browser ini menghadirkan fitur tersebut dalam aplikasinya. Pasalnya ada banyak alasan yang kerap diutarakan pengguna menggunakan VPN saat berinteraksi dengan internet, di antaranya adalah di bawah ini:

  • Untuk mengakses konten hiburan yang lebih baik , hal ini kerap diutarakan 38% pengguna internet.
  • Untuk menjaga anonimitas saat browsing (30%)
  • Untuk mengakses jaringan dan situs yang dibatasi di negara saya (28%)
  • Untuk mengakses situs yang dibatasi di tempat kerja (27%)
  • Untuk berkomunikasi dengan teman / keluarga di luar negeri (24%)
  • Untuk mengakses situs-situs berita yang dibatasi di negara (22%)

VPN yang kini menjadi fitur gratis yang terintegrasi langsung di dalam browser Opera, diklaim juga dapat memberikan penggunaan data tanpa batas dalam Opera untuk Komputer versi developer terbaru. Karena seperti diketahui oleh banyak pengguna.

Hingga saat ini, kebanyakan layanan VPN dan server proxy cukup terbatas dan harus berbayar. Dengan layanan gratis, unlimited, native VPN dengan performa baik yang tidak memerlukan langganan, Opera ingin membuat VPN tersedia untuk semua orang.

opera-developer-37

Seperti yang diungkapkan oleh Krystian Kolondra, SVP Opera, dalam keterangan resminya,”Setiap orang berhak untuk online dengan mode privasi jika mereka menginginkannya. Dengan menambahkan VPN unlimited  dan gratis langsung ke browser, tidak diperlukan lagi tambahan atau ekstensi dari penyedia pihak ketiga,”ungkapnya.

Menurutnya, dengan Opera desktop para pengguna akan mendapatkan cara praktis untuk meningkatkan privasi online mereka, serta akses mudah ke semua konten online favorit mereka tanpa peduli di manapun mereka berada.