ArenaLTE.com – Walaupun bersaing keras di pasar dalam memperebutkan pangsa pasar pelanggan, tak menutup peluang bagi Indosat Ooredoo dan XL Axiata untuk menjalin kerjasama yang menguntungkan. Keduanya bahkan tampak kian mesra dengan mengumumkan kerjasama penggunaan jaringan untuk 4G LTE melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network).

Baik Indosat Ooredoor dan XL Axiata akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. Bahkan berencana untuk memperluas kerjasama ini untuk beberapa kota lain guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia.

Kerjasama jaringan atau lebih dikenal dengan istilah ‘network sharing’ sudah diimplementasikan di beberapa negara maju. Sehingga memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan lebih luas. Kerjasama Indosat Ooredoo dan XL Axiata diklaim sebagai proyek network sharing LTE pertama di Indonesia. Pelanggan akan merasakan pengalaman yang tidak berbeda dari sebelumnya (seamless) dan akan tetap dapat menikmati layanan yang terbaik dari Indosat Ooredoo dan XL Axiata.
Baca juga: Inilah Bentuk Transformasi Menuju Bangsa Digital Melalui 4Gplus

Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo mengatakan pihaknya senang dapat bekerjasama dengan XL Axiata. Karena kerjasama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan dan mendukung program Pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia. “Melalui inisiatif ini kami juga mendukung usaha Pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien, mengurangi impor komponen dan fokus pada investasi dalam negeri,” ujar Alex.

Sementara itu President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyatakan bahwa ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk  mendukung upaya Pemerintah dalam percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang  merata di wilayah Indonesia. “Kerjasama yang dilakukan antara Indosat Ooredoo dan XL Axiata ini selain mendukung tujuan tersebut juga sekaligus menjadi upaya untuk mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama dan juga membawa keuntungan bagi pelanggan kami, sehingga pada akhirnya akan semakin mempercepat bergulirnya ekonomi digital di Indonesia,” jelas Dian.

Alexander Rusli menambahkan bahwa rencana network sharing ini sudah dibicarakan sejak dua tahun terakhir. Ia berharap dengan kolaborasi ini akan dapat memberikan layanan yang lebih baik dengan memberikan jangkauan jaringan yang lebih luas. “Kami sudah melihat respons yang baik dari penggunaan layanan LTE dan melalui kerjasama ini kita akan lebih mempercepat pergelaran LTE di seluruh Indonesia, memungkinkan negeri ini sebagai negara dengan pertumbuhan penggunaan 4G tercepat”, ujarnya.

Pada tahap ini network sharing yang dilakukan baru terbatas pada radio access network. Indosat Ooredoo dan XL Axiata berkomitmen melanjutkan kerjasama ini dengan dukungan Pemerintah dengan harapan kerjasama dapat diperluas menjadi core network sharing. Karena ini akan lebih meningkatkan penghematan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat melayani pelanggan pengguna LTE lebih banyak.