ArenaLTE.com – Secara fitur, browser Mozilla Firefox boleh diadu dengan browser lain seperti Opera browser dan Google Chrome sekalipun. Browser ini sudah lama malang melintang di platform komputer desktop dan Android. Namun bagaimana dengan iOS?

Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Jika anda pecinta berat dengan browser dengan ikon rubah berwarna orange ini, dalam waktu dekat Anda akan bisa merasakann sensasi Mozilla Firefox di iOS kesayangan. Memang belum ada kejelasan kapan dirilisnya karena saat penulis mencoba mencari di App Store Indonesia, masih belum ditemukan aplikasi ini. Namun akun resmi Mozilla memastikan aplikasi ini akan segera bisa dinikmati oleh semua pengguna iOS.

Saat ini aplikasi Mozilla Firefox untuk iOS masih dalam versi beta yang diuji coba secara terbatas di Selandia Baru Australia, Austria dan Kanada. Kabarnya versi awal Mozilla di iOS akan menghadirkan fitur pencarian cerdas, dengan hasil pencarian yang direkomendasi dari Google dan Bing.

Broswer Mozilla Firefox untuk iOS juga memiliki sistem “visual tabs” yang menampilkan tab terbuka dalam kotak yang membuat pengguna untuk mudah melihat atas apa halaman yang sedang dibuka. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi tab, search history, dan kesamaan password antara tampikan di desktop dan di mobile app. Disisi lain, inovasi fitur yang ditampilkan Mozilla juga sudah dihadirkan oleh Chrome dan Safari. Hadirnya aplikasi ini terasa lebin menyasar ke para pengguna yang sudah setia selama ini dengan browser Mozilla.

Preview aplikasi browser Mozilla Firefox di iOS
Preview aplikasi browser Mozilla Firefox di iOS

Mozilla sebelumnya membuat Firefox Home pada tahun 2012, browser sinkronisasi untuk aplikasi iOS. Namun eksekutif Mozilla kemudian mengatakan mereka tidak akan membawa Mozilla Firefox untuk iOS kecuali pihak Apple bersedia melonggarkan pembatasan-pembatasan pada pihak ketiga.

Seiring waktu berjalan, terlebih dengan dirilisnya iOS 8 yang menghadirkan fitur-fitur atraktif, membuay Mozilla berubah pikiran. “Meskipun kami tidak membawa pengalaman penuh dan adanya rendering pembatasan pada iOS, kami melihat kesempatan dengan perbaikan terbaru dan alat-alat di iOS 8 untuk memulai pengembangan pengalaman Firefox untuk iOS,” tulis Mozilla dalam sebuah pernyataan di situsnya pada bulan Mei lalu.

Memang perangkat iOS terkenal sangat pilih – pilih dengan browser. Apple membuat peraturan yang sangat ketat untuk hal yang satu ini, yakni tidak mengijinkan web engine dari pihak lain menjamah sistem operasi iOS. Sehingga sangat sedikit browser pihak ketiga yang kita temui di perangkat iOS.