ArenaLTE.com – Akhir Februari lalu, melalui keterangan di blog resminya, WhatsApp mengumumkan untuk mencabut dukungannya terhadap 5 sistem operasi mobile. Sistem operasi yang dimaksud yaitu OS Nokia S40, Nokia Symbian S60, Windows Phone 7.1, Android 2.1 dan Android 2.2, juga pengguna BlackBerry (termasuk BB OS 10). Alasannya karena OS tersebut sudah tidak banyak lagi banyak digunakan orang.

Aplikasi messaging yang digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna ini juga menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil untuk fokus kepada pengguna smartphone dengan sistem operasi yang paling banyak digunakan yaitu Android, iPhone dan Windows yang menguasai 99,5 persen penjualan smartphone.

Setelah whatsApp, sekarang giliran Facebook yang melakukan hal serupa. Facebook secara resmi menyatakan hingga di akhir tahun ini semua OS BlackBerry tidak akan bisa memakai aplikasi mereka. Bahkan update terakhir Facebook di BB OS 7.1 dan BB OS 10 merupakan pengganti aplikasi Facebook menjadi launcher situs mobile Facebook. Dengan demikian, para pengguna BB harus menggunakan browser mobile untuk membuka Facebook.

Keputusan ini akan menjadi pukulan telak bagi BlackBerry dan bisa mengancam pangsa pasar mereka di pasar sistem operasi smartphone yang sekarang hanya kurang dari satu persen saja. BlackBerry tidak tinggal diam dan berusaha agar tidak kehilangan dukungan WhatsApp dan Facebook.

Seperti yang dilansir blog resminya, perjuangan BlackBerry dimulai melalui sebuah kampanye yang dilakukan di Twitter dengan mengusung hashtag #IloveBB10Apps. Para fans pengguna BB juga membuat sebuah petisi agar bisa mengubah keputusan Facebook dan WhatsApp untuk meneruskan dukungannya di platform Blackberry.

Vendor asal Kanada tersebut juga sedang berusaha untuk menyiapkan pengganti WhatsApp yang banyak digunakan oleh para pengguna perangkat BlackBerry. Namun untuk Facebook sepertinya pengguna BB tak bisa berharap banyak pada software pihak ketiga karena perusahaan jejaring sosial itu turut memutus dukungan API untuk OS BB. API (Aplication Programming Interface) sangat dibutuhkan oleh developer pihak ketiga untuk membangun aplikasi yang dapat menghubungkan antara OS BlackBerry dengan Facebook.

WhatsApp juga menyarankan jika masih ada pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi yang disebutkan di atas, maka sebaiknya beralih ke perangkat Android, iPhone atau Windows Phone versi yang lebih baru sebelum akhir 2016.