ArenaLTE.com – Pengembang lokal Ahlijasa ditetapkan sebagai pemenang dalam kompetisi Startup World Cup (SWC). Startup asal Indonesia ini, mampu mengalahkan 9 tim lain dari Asia Tenggara pada pitching di depan para juri pada Startup World Cup Indonesia Regional Finale di Balai Kartini pada Selasa, (23/8).

Ahlijasa berhak mewakili Indonesia dan Asia Tenggara ke Silicon Valley, Amerika Serikat, di mana babak akhir dari Startup world Cup akan diselenggarakan. Pemenang berkesempatan mendapatkan hadiah USD1 juta atau sekitar IDR13,2 miliar.

Untuk diketahui, Ahlijasa merupakan startup asal Indonesia yang menawarkan layanan seputar rumah tangga seperti laundry on-demand, home cleaning, dan servis AC. Pada presentasi mereka saat babak final, Ahlijasa merupakan market leader dalam online-laundry transaction dan telah memproses lebih dari 32 ton pakaian setiap bulannya. Ahlijasa juga mengedepankan layanan yang mudah, cepat, dan berkualitas bagi penggunannya.

Jay, CEO Ahlijasa, mengungkapkan kebahagiannya setelah berhasil memenangkan kompetisi bertaraf internasional ini. “Saya merasa senang dan sekaligus bangga sudah dipilih untuk mewakili Indonesia dan Asia Tenggara dalam babak Final Startup World Cup di Sillicon Valley nanti. Ini merupakan awal dari perjalanan yang panjang sampai final nanti dan kami terus mohon dukungan masyarakat untuk terus mendukung Ahlijasa.”

“Ini merupakan awal yang baik bagi Startup World Cup 2017 dengan melihat antusiasme yang sangat besar dari peserta Indonesia. Fenox VC dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bangga dengan bakat dan ide-ide yang dimiliki oleh negara ini. Kami ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya bagi mereka yang terlibat dalam Startup World Cup Indonesia partnered with BEKRAF atas dedikasi, ide-ide dan bakat mereka,” kata Anis Uzzaman, Chairman of Startup World Cup 2017 dan General Partner & CEO Fenox VC.

Pada kesempatan yang sama, Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengucapkan,“Selamat untuk Ahlijasa, tunjukan bahwa startup Indonesia mampu bersaing di level internasional setara Silicon Valley. Bawa pulang piala Grand Final Startup World Cup untuk Indonesia”, pangkasnya di Jakarta.

Ahlijasa tidak hanya berhasil mengungguli 9 startup yang berlaga di babak final regional Asia Tenggara, namun juga ribuan startup lain yang mendaftarkan startupnya untuk menjadi bagian dari kompetisi tersebut. Para juri yang turut serta ambil andil dalam acara ini antara lain: Triawan Munaf, Kepala BEKRAF; Khailee Ng, Managing Partner dari 500 Startups; Kevin Aluwi, CFO dan Co-Founder dari GO-JEK; Patrick Walujo, Co-Founder dan Managing Partner dari Northstar Group; dan Leon Hermann,  dari Global Founders Capital.

Perjalanan Ahlijasa akan terus berlangsung dan langkah tersebut membawa mereka lebih dekat untuk memenangkan hadiah utama sebesar USD1,000,000 dan berpartisipasi dalam konferensi global terbesar untuk startups di Silicon Valley pada Maret 2017.

Selanjutnya, mereka akan berkompetisi melawan tim terbaik dari regional Jepang, Cina, Israel, Australia, Republik Ceko, India, Chili, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat (Texas, Boston, dan Silicon Valley). Sederet pembicara internasional yang terdiri dari COO Facebook, Founder & CEO Dell, Co-Founder LinkedIn dan banyak lagi akan berbagi pengalaman mereka melalui progam mentoring yang sedang dipersiapkan untuk para pemenang regional.