ArenaLTE.com – Seiring dengan terbukanya peluang baru bagi penyedia teknologi data center di Indonesia, ABB salah satu perusahaan pemasok alat listrik dan sistem untuk data center menawarkan solusi. Adalah ABB Decathlon, software pengaturan infrastruktur data center yang siap membantu kalangan yang tengah mengembangkan bisnis data center.

Sebagai perusahaan pemasok alat listrik dan sistem untuk data center, ABB telah lama menangani dan menyelesaikan segala permasalahan terkait dengan pasokan listrik yang kurang memadai selama puluhan tahun di segala sektor industri.

ABB 2ABB Decathlon dapat memberikan visibilitas, pengawasan dan kontrol terpusat untuk dapat mengatur operasi data center secara menyeluruh. Dengan Decathlon, data center dapat mengantarkan layanan lebih cepat, dengan cara yang paling efisien dan dapat diandalkan.

Data center diharapkan dapat beroperasi dengan baik jika sumber daya listrik dapat diandalkan, dilengkapi dengan sistem pendinginan yang efisien, bebas kebisingan, serta tanpa gangguan yang signifikan. Hal tersebut wajib dipenuhi oleh setiap penyedia teknologi yang menyediakan data center bagi perusahaan yang mereka dukung.

“Pertumbuhan dan potensi signifikan dari industri data center di Indonesia telah menarik perhatian penyedia data center dan teknologi informasi baik dari dalam maupun luar negeri. Sementara masih banyak masyarakat Indonesia yang mencari cara untuk mengatasi tantangan yang ada dalam industri yang sedang berkembang ini, ABB menyediakan solusi untuk dapat bermitra dengan penyedia data center untuk kompetensi lebih tinggi dengan biaya yang efisien,” ujar Richard Ledgard, Country Managing Director ABB di Indonesia dalam keterangan pers yang diterima ArenaLTE baru-baru ini.

Secara global, ABB telah memasang data center dengan arus searah (DC) paling kuat di dunia, tepatnya di fasilitas Green Data center Zurich-West, Swiss. Data center ini pun memperoleh penghargaan bergengsi Watt d’Or di Eropa. ABB memenangkan penghargaan tersebut karena berhasil menghemat energi dengan skala terbesar yang dicapai dengan penggunaan DC untuk pertama kalinya.

Dalam proyek tersebut, ABB juga merancang dan memasang sistem penyaluran daya listrik arus searah tercanggih yang dibangun dalam data center state- of-the-art terbaru. Teknologi arus searah ini mengurangi kerugian konversi daya dan dapat menghemat energi hingga 10-20 persen dibandingkan teknologi arus bolak-balik (AC) yang konvensional ketika digunakan untuk penyaluran daya listrik yang digunakan dalam data center.