ArenaLTE.com – Di usia ke-19 tahun, Pemerintah Kota Bekasi terus melakukan pembenahan baik secara infrastruktur maupun kesiapan menerapkan konsep Smart City. Itu dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan pelayanan dan kenyaman bagi masyarakat Kota Bekasi. Guna mendukung hal tersebut, Telkomsel sejak tahun lalu telah menghadirkan layanan 4G LTE yang diklaim kini sudah menjangkau 90% cakupan wilayah populasi Kota Bekasi.

Hal ini ditegaskan oleh Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi yang mengatakan Telkomsel telah memperluas cakupan dan memperkuat kualitas layanan 4G LTE di wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, untuk mendukung percepatan Kota Bekasi menjadi salah satu acuan dalam penerapan konsep Smart City di Indonesia.

Diungapkan, pembangunan layanan 4G LTE Telkomsel di Kota Bekasi dan sekitarnya saat ini didukung oleh 300 BTS eNode B 4G yang tersebar di sejumlah titik. Khususnya di titik POI (Point of Interest), seperti Terminal Bis, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Lokasi Industri, Mal, Gedung Bertingkat dan Sekolah/Kampus. “Di titik-titik tersebut, Telkomsel memaksimalkan kualitas layanan data. Program peningkatan kualitas layanan mobile broadband ini diusung dengan nama True Broadband Experience (TrueBEx),” ujar Venusiana.

Dukungan terhadap percepatan penerapan konsep Smart City di Kota Bekasi juga telah dilakukan antara Telkomsel bersama Pemkot Bekasi dengan penandatangan Nota Kesepahaman pada bulan Desember 2015. Wujudnya adalah dalam bentuk penyediaan dashboard control center yang akan digunakan oleh Pemkot Bekasi dalam mendukung aktivitas kepemerintahan dan melayani kebutuhan masyarakat. Kemampuannya seperti mengidentifikasi masalah-masalah utama di kota Bekasi yang nantinya di solusikan dengan teknologi.

 Venusiana Papasi (tengah) mewakili Telkomsel saat memeriahkan Fun Walk dalam rangka ulang tahun Kota Bekasi
Venusiana Papasi (tengah) mewakili Telkomsel saat memeriahkan Fun Walk dalam rangka ulang tahun Kota Bekasi

Baca juga: Yuk! Mengenal Lebih Dekat Teknologi Motor Pintar Telkomsel T-Bike

Venusiana menambahkan, perluasan dan penguatan layanan 4G LTE Telkomsel di Kota Bekasi sekitarnya ini merupakan bentuk respon terhadap semakin tingginya minat pelanggan yang ingin segera menikmati layanan tersebut. Selain menyediakan layanan upgrade uSIM 4G LTE di GraPARI terdekat, Telkomsel juga menghadirkan layanan kunjungan ke Kantor atau Pabrik untuk melayani kebutuhan pelanggan dari kalangan pekerja yang mungkin memiliki kesibukan di hari kerja dan tidak sempat berkunjung ke GraPARI. Pelanggan cukup mengirimkan SMS ke 3988 dengan mengetik 4GKRWG(spasi)Nama#NamaKantor#AlamatKantor untuk wilayah Bekasi, Karawang, Cikarang, dan Purwakarta, dan petugas Telkomsel akan hadir melayani upgrade uSIM 4G LTE secara gratis.

“Secara nasional, berbagai aktivitas untuk mendukung program TrueBEx, diantaranya adalah Drive Test & Walk Test, Optimalisasi Jaringan, Pemasangan COMBAT (Compact Mobile Base Station), Penambahan BTS Baru dan Kapasitas Jaringan, Customer Experience Test (CET), serta Performance Monitoring & Complaint Handling. Selain itu dilakukan pula implementasi teknologi terbaru seperti DC-HSDPA, HSPA+ dan LTE, sehingga throughput kecepatan dapat mencapai 42 Mbps untuk 3G dan 112 Mbps untuk 4G” pungkas Venusiana.