ArenaLTE.com – Ketika detik-detik malam tahun baru 2017 berlangsung apa yang kalian lakukan? Menikmati pemandangan kembang api atau buru-buru mengeluarkan hape dan mengirimkan pesan WhatsApp ucapan tahun baru ke semua kontak di dalam smartphone kalian?

Jika memang seperti itu, berarati kalian tidak sendirian. Ternyata pada saat malam tahun baru kemarin ada 63 Miliar pesan WhatsApp yang dikirimkan oleh para pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Dari jumlah peredaran pesan WhatsApp yang luar biasa tersebut, yang menarik adalah ternyata 14 miliar pesan WhatsApp dikirimkan oleh pengguna WA dari India saja.

Tren nengirimkan pesan ucapan memnag sudah bergeser menjadi lebih banyak dilakukan melalui media platform chatting daripada melalui cara tradisional menggunakan SMS atau kartu ucapan. Jumlah ini menjadi catatan rekor tersendiri jumlah terbanyak pengiriman pesan oleh platform chatting milik Facebok yang juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon dan video call.

Seperti yang dikutip oleh VentureBeat, pihak WhatsApp mengungkapkan dari jumlah pesan WhatsApp 63 Miliar tersebut terdiri dari 7,9 miliar pesan berupa gambar dan 2,4 miliarnya adalah pesan berupa konten video.

Sebagai wilayah yang paling mendominasi, dari 14 miliar pesan yang dikirimkan oleh pengguna di Negeri Hindustan tersebut, 32 persennya merupakan pesan foto, GIF, Video konten dan Voice Message. Ada 3,1 miliar gambar dan foto, 700 juta GIF dan 610 juta video yang terkirim pada hari pergantian tahun 2017 tersebut.

Beberapa bulan lalu layanan ini juga mencetak lalu-lintas pesan yang tak kalah banyak, mencapai 60 miliar pesan per hari. Tepatnya di bulan April 2016. Jumlah ini melonjak signifikan. Jika dibandingkan pada bulan Januari 2015 lalu, per hari rata-rata ada 30 miliar pesan WhatsApp yang dikirimkan pengguna. Kemudian meningkat menjadi rata-rata 42 miliar pesan dikirimkan pada Februari 2016.

Sedangkan menurut Bloomberg, jumlah pesan yang dikirimkan melalaui platform lain seperti Telegram rata-rata berjumlah 15 miliar pesan per hari pada Februari 2016, dan pada tahun 2014 rata-rata 40 miliar pesan terkirim melalui iMessage setiap harinya.