ArenaLTE.com – Game merupakan salah satu media ekpresi yang mampu memberikan ruang interaksi yang lebih antara kreator (pembuat game) dan penikmatnya (gamer). Pesan yang disampaikan tidak hanya didengar dan dilihat namun juga mengajak penikmat karya ini untuk berinteraksi didalamnya. Salah satu ajang untuk memasyarakatkan game development serta mensosialisasikan keberadaan pada game developer indie Indonesia beserta karya-karyanya adalah Indonesia Indie Game Festival 2016.

Komunitas Game Developer Jogja atau yang sering disebut GameLan tahun ini kembali menggelar ajang Indonesia Indie Game Festival 2016 (IN.GAME Festival). IN.GAME Festival merupakan acara tahunan nirlaba yang diadakan untuk merayakan game sebagai media ekspresi bagi para masyarakat dan game developer indie untuk saling berinteraksi, berkolaborasi, bertukar informasi serta mengapresiasi karya-karya yang dipamerkan.

Indonesia Indie Game Festival 2016 (IN.GAME Festival)Ada banyak kegiatan yang akan berlangsung dalam Indonesia Indie Game Festival 2016 (IN.GAME Festival) ini diantaranya yaitu Workshop yang berkaitan dengan dengan game development dan Game Jam yaitu kegiatan kolaborasi membuat game bersama-sama selama 48 jam atau 2 hari. Dan puncaknya adalah IN.GAME Expo yang akan diikuti oleh tak kurang dari 57 Game Studio untuk memamerkan game karya mereka kepada masyarakat.

50 Game Studio ini berasal dari berbagai kota diantaranya dari Surabaya, Bandung, Jakarta, Malang, Semarang, Bangkalan, Surakarta, Salatiga, Sidoarjo, Bogor, Kediri, Yogyakarta. Tidak hanya mobile game dan PC game yang dipamerkan ada juga developer yang memamerkan game non digital seperti boardgame dan cardgame.

Sepanjang gelaran expo ini juga akan dilaksanakan sharing session dari Ekuator Games dan Gotta Games. Ekuator Game sendiri adalah studio game asal Bandung yang berhasil mendapat pendanaan dari situs crowdfunding Kickstarter dan sukses meluncurkan PC game mereka yang berjudul “Celestian Tales : Old North” di platform Steam.

Sedang Gotta Games adalah indie game developer asal Jakarta yang pada Oktober lalu berkesempatan unjuk gigi diajang PAX Australia 2015. Tentunya pada kesempatan kali ini Gotta Games akan sharing pengalaman mereka hingga berhasil memamerkan karya mereka di salah satu event game terbesar tersebut.

Indonesia Indie Game Festival 2016 (IN.GAME Festival) akan berlangsung selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 20 April 2016 hingga 24 April 2016 di Yogyakarta. IN.GAME Expo akan dilaksanakan di Auditorium Kampus 3 Gedung Bonaventura Universitas Atmajaya Yogyakarta, event pameran ini akan digelar seharian penuh dari pukul 09.00 hingga 17.00. IN.GAME Festival terselenggara berkat dukungan dari komunitas game developer Indonesia di kota lain, seperti SMG (Semarang), GADAS (Surabaya), GDB (Bandung), GDM (Malang), BGDE (Bali), Salad (Salatiga), Magadev (Makasar) dan juga Asosiasi Game Indonesia.