ArenaLTE.com – Huawei hari ini meluncurkan 5 solusi sebagai ‘big initiatives’ untuk industri telekomunikasi dalam menghadapi era transformasi digital. Solusi Huawei juga menghadirkan platform terbuka yang memungkinkan terjadinya kolaborasi guna meraih kesuksesan bersama yang dapat diraih oleh industri telekomunikasi.

Inovasi teknologi sebagai solusi yang ditawarkan oleh Huawei antara lain yaitu layanan jaringan 4.5G, Internet of Things (IoT), 2K/4K video, dan Safe City. Solusi Huawei untuk industri teknologi ini merupakan salah satu wujud komitmen jangka panjang Huawei dalam mewujudkan dunia yang terkoneksi lebih baik melalui kerjasama yang luas dengan para pelaku industri.

Huawei melihat adanya potensi pasar di industri video hingga USD100 milyar dan potensi pasar enterprise cloud hingga USD1 triliun. Jumlah pengguna IoT juga diprediksi akan terus meningkat hingga 10 kali lipat. Dengan solusi Huawei melalui inovasi teknologi ini akan banyak tercipta kesempatan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Solusi Huawei Untuk Industri Telekomunikasi ini memang dirancang untuk menciptakan peluang baru. Potensi dari lima solusi huawei ini adalah Big Video – Everywhere, Big IT – Enabling, Big Operation – Agile, Big Architecture – Elastic, Big Pipe – Ubiquitous.

Guna mendukung terciptanya kolaborasi dengan mitranya, Huawei menyiapkan sebuah laboratorium terbuka untuk melakukan inovasi bersama dan melakukan ujicoba layanna baru tersebut. Ada lebih dari sepuluh laboratorium terbuka di seluruh China, Eropa dan daerah lainnya dengan kolaborasi hingga lebih dari 600 mitra. Untuk para developer, Huawei telah membangun sebuah platform SDK yang memberikan fleksibilias dan kemudahan dalam penggunaan.

Untuk menyiapkan transformasi digital, Huawei berkolaborasi dengan konsultan dan mitra software untuk membangun ekosistem industri yang spesifik sehingga dapat memberikan solusi terpadu untuk industri tersebut seperti misalnya bidang transportasi, energi, pemerintah, dan keuangan. Huawei juga berinovasi dengan berbagai mitra untk beradaptasi dengan tren telekomunikasi baru seperti 5G, SDN / NFV hingga operasi digital.

Sedangkan untuk dukungan video 2K/4K, Huawei mengembangkan solusi open platform yang memungkinkan untuk mengembangkan berbagai konten video dan menciptakan inovasi layanan video. Dalam cloud computing, prioritas Huawei yaitu bekerja dengan operator untuk menyediakan layanan cloud.

Disisi teknologi layanan 4.5G, Huawei mampu menyediakan layanan mobile broadband hingga lebih dari 1,000 Mbit/s, yang memungkinkan penerapan layanan HD voice, 2K/4K HD video, dan virtual reality. Teknologi 4,5 G ini juga memungkinkan untuk pengembangan IoT. Solusi IoT Huawei akan mendorong transformasi digital yang menghadirkan layanan broadband kedalam smart home. Teknologi LTE-based Narrow Broadband IoT (NB-IoT) milik Huawei juga memungkinkan operator menghadirkan berbagai layanan untuk masyarakat seperti smart parking, logistic tracking dan smart city.

Huawei memprediksi di tahun 2025 nanti akan ada 4 milyar pengguna broadband dan lebih dari 100 milyar perangkat yang terkoneksi secara digital. Di tahun itu juga, konsumsi data setiap orang akan meningkat lebih dari 500 kali lipat.