ArenaLTE.com – Melindungi anak dari konten berbahaya dari internet adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh orang tua di jaman sekarang ini. Meskipun beberapa cara bisa kita lakukan seperti menggunakan fitur Google safe search dan berbagai filter lain yang disediakan untuk membatasi konten berbahaya dari internet seperti kekerasan, pornografi dan informasi terlarang lainnya. Namun bukan jaminan sistem tersebut dapat bekerja dengan baik, nah naru-baru ini muncul sebuah mesin pencari internet yang dibuat khusus untuk anak bernama search engine Kiddle.co.

search engine Kiddle.co yang diklaim aman bagi anak-anak ini telah dikostumisasi sedemikian rupa agar setiap pencarian yang dilakukan hanya akan menampilkan hasil laman, konten atau situs yang sesuai untuk anak-anak. Apakah Kiddle.com ini benar-benar aman bagi anak? Berikut ini beberapa hal penting yang harus diketahui Oreng tua tentang mesin pencari khusus anak Kiddle.com.search engine kiddle1. Sistem Kerja Kiddle.co serupa dengan Google safe search

Kiddle.co mirip sekali dengan Google dan cara penggunaan situs Kiddle.co juga sama dengan search engine Google. Anak tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Ada empat kategori pencarian yang bisa dilakukan, yakni situs web, gambar, berita, dan video. Namun Kiddle.co secara otomatis dilengkapi dengan teknologi fitur buatan Google, Safe Search jadi hasil pencarian Kiddle akan menampilkan konten yang aman untuk dikonsumsi oleh anak.

  1. search engine Kiddle.co Bukan Buatan Google

Karena memang tampilannya yang mirip, banyak orangtua menganggap kalau Kiddle adalah mesin pencarian resmi dari Google. Padahal sebenarnya walaupun memiliki warna dan logo yang mirip, Kiddle.co bukan buatan Google.search engine kiddle

  1. Memiliki Tampilan yang ramah Dengan Anak

search engine Kiddle.co ini hadir dengan tampilan yang disukai anak-anak dengan warna menarik dan maskot berupa robot yang unik dan dipadukan dengan tampilan yang mirip dengan film-film kartun. Kiddle.co juga menghadirkan thumbnail gambar yang lebih besar dan menggunakan jenis huruf Arial yang diklaim lebih mudah dibaca ketimbang font lainnya.

  1. Urutan Hasil pencarian Dengan Kiddle.com

Ketika anak melakukan pencarian dengan Kiddle.com, hasil pencarian pertama hingga ketiga akan menampilkan situs khusus ditulis secara spesifik untuk anak. Sedangkan hasil pencarian keempat hingga tujuh akan memunculkan konten umum dengan gaya penulisan dapat dimengerti anak. Semua hasil pencarian ini merupakan hasil kurasi langsung tim editor Kiddle.

Sementara itu, hasil pencarian delapan hingga seterusnya memiliki gaya penulisan untuk orang dewasa, tetapi tetap sudah disaring oleh teknologi Google Safe Search. Konten-konten dewasa, seperti gosip tentang satu artis hingga akun resmi dari jejaring sosial tidak akan ditampilkan. Hasil pencariannya hanya akan memunculkan biografi yang isinya bersifat umum, dan dianggap aman bagi anak.search engine kiddle

5. Pencarian dengan Kiddle.co belum 100% aman

Meskipun mampu menyaring sebagian besar konten internet yang berbahaya bagi anak namun dalam beberapa kasus metode pencarian aman ini belum begitu efektif. Beberapa orangtua menunjukkan hasil pencarian mereka menggunakan Kiddle, dan ternyata masih ada beberapa situs “berbahaya” yang muncul.

Seperti pencarian dengan menggunakan kata Khloe Kardashian dan Vannesa Hudgens yang muncul adalah referensi berita seks dan foto telanjang dua artis itu. Seorang pengguna Twitter bernama Nate Smith pun mengeluhkan hasil yang muncul dalam situs. Ketika mencoba situs itu dengan mengetik kata kelinci, ia menemukan berita tentang pembunuhan-pembunuhan kelinci.search engine kiddle (2)

Kesimpulannya, meskipun ada filterisasi terhadap konten internet yang berbahaya bagi anak, kita sebagai orang tua tidak bisa sepenuhnya mempercayakan fitur tersebut. Alangkah baiknya jika anak ingin menjelajahi Kiddle.co, pastikan kita tetap mendampingi dan mengawasi agar anak bisa terhindar dari membuka konten internet yang berbahaya bagi mereka.