Operator telekomunikasi berencana menggeber layanan berbasis teknologi 4G LTE. Nah, 4G LTE Telkomsel adalah salah satu layanan yang diklaim siap komersialisasi. Namun seiring itu, muncul kekuatiran jika aktifitas tersebut akan mengganggu kualitas layanan dasar (voice dan SMS) Telkomsel. Untungnya ‘si merah’  menegaskan bahwa dampak buruk itu tak akan terjadi karena alokasi frekuensinya berbeda.

Menurut Ririek Adriansyah, Presiden Direktur Telkomsel, tidak akan terjadi penurunan mutu layanan dasar suara dan SMS seiring dengan digebernya 4G LTE Telkomsel secara luas. Kekuatiran penurunan kualitas sendiri mencuat lantaran layanan 4G LTE tersebut menggunakan frekuensi 1800 MHz yang sebelumnya dipakai untuk layanan 2G.

“Alokasi frekuensi yang dipakai untuk layanan data 4G LTE Telkomsel dengan voice dan SMS kan berbeda. Jadi tidak akan ada pengaruh berupa penurunan kualitas voice dan SMS yang dirasakan pelanggan,” kata Ririe di sela-sela acara buka puasa bersama media di Jakarta, Rabu (01/07).

Bahkan Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi menambahkan jika Telkomsel tetap mengutamakan layanan dasar voice dan SMS kendati 4G LTE Telkomsel sudah digelar. Apalag kontribusi layanan dasar tersebut dinilai masih signifikan.

Sekedar informasi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara berencana meresmikan komersialisasi 4G LTE di frekuensi 1800 Mhz secara serentak pada tanggal 6 Juli mendatang. 4G LTE Telkomsel sendiri bakal digelar di Makassar.

Comments