ArenaLTE.com – Berbicara mengenai 4G, tidak sekadar soal adopsi teknologi jaringan dan persediaan produk layanan dari sang operator. Lebih dari pada itu, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet merupakan bagian terpenting dari ekosistem 4G LTE. Hingga saat ini, tercatat ada sekira 4.416 perangkat pendukung jaringan generasi ke-empat ini yang sudah dikirim oleh 369 pemasok.

Perusahaan riset dan analis GSA dalam catatan terbarunya, pada 11-Februari-2016 menuliskan bahwa percepatan pertumbuhan ekosistem 4G LTE kian terbentuk. Hal ini terlihat dari makin besarnya pertumbuhan perangkat 4G yang membantu ekosistemnya semakin terbentuk, ada sekira 4 ribu perangkat lebih dikirim oleh 369 pemasok.

Pertumbuhan perangkat yang mencapai 4.416 pada tahun 2016 ini, lebih besar dibanding tahun 2015 lalu yang hanya ada sekira 1.770. Pertumbuhan tersebut meningkat signifikan secar Year-on Year (YoY), sebesar 67%. Pertumbuhan tersebut juga diungkapkan turut diikuti oleh banyaknya produsen yang ikut bermain di pasar smartphone ini, perkembangannya dalam satu periode yang sama mencapai 34%.

Dalam rilis yang diterima ArenaLTE.com, beberapa perangkat yang banyak beredar di pasaran adalah perangkat 4G yang sudah mendukung jaringan LTE Cat 4, Cat 6, Cat 9, dan Cat 12. Keempat perangkat yang mendukung jaringan tersebut, diungkapkan GSA memang lebih menguntungkan karena sudah mendukung teknologi VoLTE dan eMBMS (LTE Broadcast).

Selain itu, pita frekuensi di spektrum 1.800MHz dalam penyebaran LTE memiliki andil yang besar dalam pembentukan ekosistem ini. Dalam catatan GSA juga diungkapkan bahwa adopsi teknologi LTE TDD pada perangkat cukup besar, adopsi pada teknologi ini sudah mencapai 40% perkembangannya.

Untuk kategori smartphone sendiri dalam perangkat LTE, ada sebanyak 2.706 perangkat sudah tersebar yang sudah mendukung semua frekuensi jaringan operator. Sedangkan 61,2% dari total perangkat LTE diisi oleh produk dalam kategori tablet.