3 Tips dan Trik Cara Cepat Membuat Website

ArenaLTE.com - Membuat website merupakan langkah yang cerdas bagi pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memperlihatkan ke publik merek dagang mereka. Website adalah salah satu alat pemasaran hebat yang memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah mengetahui produk dan jasa yang kita tawarkan. Akan tetapi, sebagai pebisnis dengan segudang kegiatan, kapan kita dapat menemukan waktu untuk melakukan tugas besar seperti membangun website dan terus memperbaruinya setiap saat?

Jangan khawatir, karena kita bisa memanfaatkan berbagai solusi yang akan mempermudah dan mempercepat kita dalam proses membuat website. Berikut adalah tiga tips yang dapat kita lakukan untuk membantu membuat website tanpa harus menyita banyak waktu dan tenaga dalam keseharian kita.

Gunakan Jasa Pembuat Website


Kita tidak perlu menjadi seorang programmer hebat dalam semalam untuk membuat website. Ada banyak alat pembuat website yang bisa kita gunakan. Bahkan sebuah website komplit dengan fungsi fitur gambar, video, dan ‘hubungi kami’ bisa dibuat hanya dalam beberapa jam saja. Alat pembuat website ini seringkali ditawarkan oleh perusahaan yang sama tempat kita mendaftarkan nama domain (alamat Web) yang memungkinkan kita untuk membuat website menggunakan template yang sudah ada.

Ketika memilih alat pembuat website yang akan digunakan, penting untuk mengetahui rencana penggunaan website kita, bukan hanya saat ini tapi juga di masa depan. Jika yang kita butuhkan hanya satu halaman website singkat dengan detail kontak perusahaan maka paket dasar sudah cukup untuk Kita. Paket dasar memberikan  bandwith yang terbatas atau pilihan template yang lebih sedikit akan tetapi memungkinkan Kita untuk membuat sesuatu yang bekerja dengan tepat.

Walau demikian, jika kemudian kita ingin membuat website untuk online marketing atau e-commerce maka akan lebih layak untuk mempertimbangkan paket yang lebih komprehensif yang mencakup beberapa fitur yang Kita butuhkan seperti fungsi email marketing atau kemampuan untuk belanja online.

Namun, memperbaharui website di pertengahan jalan ketika kontrak sudah berlangsung dapat mengakibatkan adanya biaya ekstra. Oleh karena itu, perhitungkan dengan seksama kebutuhan di masa depan sebelum kita mulai membuat website, seperti diantaranya; tujuan pembuatan website, target pengunjung, jumlah anggaran, jumlah konten website, optimasi live streaming video dan tampilan mobile, fasilitas e-commerce dan nama domain.

Jasa-Pembuatan-Website-Murah-JakartaLibatkan ahli untuk membantu membuat Website


Walaupun ini adalah bisnis kita dan bersifat sangat pribadi, namun menggunakan ahli untuk membuat website menjadi salah satu jalan terbaik. Banyak desainer di luar sana yang dapat diperkerjakan untuk untuk membuat website (freelancer). Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum menugaskan seorang desainer web adalah bertanya kepada diri sendiri apakah kita menyukai pekerjaan mereka? Pastikan selalu meminta portofolio dari proyek mereka sebelumnya dan kunjungi website klien untuk memastikan apakah Kita menyukai hasil pekerjaan mereka.

Setelah Kita memilih desainer maka saatnya untuk memberikan penjelasan kepada mereka. Jika Kita tidak mendeskripsikan dengan jelas apa yang Kita inginkan dari website maka jangan kaget jika Kita tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Pastikan Kita memiliki bayangan cukup baik seperti apa hasil akhir yang diharapkan sebelum pekerjaan pembuatan website dimulai – misalnya dengan membuat desain mock-up sehingga bisa membantu dalam memilih jenis website yang tepat untuk Kita.

Memperbarui website kita tidak harus menjadi pekerjaan full-time


Mesin pencari lebih suka situs yang sering diperbarui, akan tetapi memposting konten baru ke situs Kita dapat menyita waktu. Beruntung ada banyak cara untuk memperbarui situs Kita tanpa harus menulis konten sendiri setiap harinya. Contohnya jika Kita adalah pengguna media sosial yang aktif, maka kenapa tidak megintegrasikan isi feed media sosial dengan website Kita? Hal ini mudah dilakukan lewat penambahan aplikasi sederhana ke dalam website.

Tidak semua konten harus ditulis langsung oleh Kita. Mengundang kontributor lainnya tidak hanya menghemat waktu tetapi juga bisa memberikan variasi konten. Testimoni konsumen atau posting di blog tamu oleh mitra akan memberikan nuansa dan konten segar bagi website Kita.

Ikuti ketiga langkah ini dan kita bisa memiliki cara cepat membuat website dan terhubung secara online dengan cepat, menuai berbagai keuntungan dari memiliki website bisnis, termasuk meningkatkan brand awareness dan membangun kepercayaan konsumen dari usaha yang kita lakukan.

Leave a Comment