ArenaLTE.com – Pasar Internet of Things akan semakin berkembang. Terlebih banyak produsen besar yang berperan di sini. Pasar IoT global diperkirakan akan mencapai angka keuntungan hingga US$24,2 miliar pada akhir tahun 2015. Sementara dengan pertumbuhan yang terus berjalan pada treknya, pada tahun 2020 keuntungan di sektor industri ini bisa menembus US$79,3 miliar.

Demikian paparan dan prediksi dari lembaga periset global, Frost and Sullivan, seperti dikutip dari telecomasia.net. Berangkat dari tahun 2015 sampai 2020, angka pertumbuhan tahunan akan mencapai 27 persen, terlebih dengan tren dan pasar di sektor ini terus meningkat.

“Peluang IoT terbesar ada pada bisnis pengembangan dan pengelolaan proyek,” ujar Andrew Milroy, Senior Vice President of ICT practice Asia Pacific. Dan pasar ini dipandang sebagai salah satu segmen yang paling cepat berkembang pada industri teknologi di Asia Pasifik.

Total belanja sektor IoT di wilayah Asia Pasifik mencapai US$79 miliar pada tahun 2020. Mendekati tahun 2020, juga ditandai desentralisasi yang semakin kuat di sektor ini. Sebagai contoh adaptasi perangkat dengan sistem P2P (peer to peer) kian populer, dan peran routing ke pusat data akan semakin berkurang.
Baca juga: Begini Penerapan Internet Of Things Dalam Program Pendidikan Indonesia

Seiring meningkatnya adaptasi IoT, diharapkan juga ikut membawa angin segar dalam industri cloud, yang pada dasarnya IoT, cloud computing dan cloud storage akan saling terkoneksi, termasuk dalam implmentasu standar keamanan terpadu. Frost and Sullivan memprediksi pada tahun 2016, isu cyber security akan semakin kuat ditiupkan, seiring risiko serangan cyber yang juga akan melonjak.

Dalam waktu dekat, lebih dari 70 persen perusahaan yang masuk kategori Fortune 500 akan mengimplementasikan IoT. Sebagian besar pengguna adalah sektor otomotif (15 persen) dan elektronik (13 persen). Keduanya dipercaya akan mampu memberi perubahan pada sektor-sektor bisnis lain. Lain dari itu, sektor medis dan kesehatan juga diperkirakan akan terbawa imbas positif dari tumbuhnya Internet of Things.