ArenaLTE.com – Xiaomi baru saja mengungkap Mi Max pada Mei lalu. Sebuah smartphone kelas menengah yang mengusung bentang layar besar 6,44 inci. Peminat amunisi baru keluaran Xiaomi ini ternyata membludak jumlahnya. Ada sekitar 8 juta registrasi yang masuk dalam penjualan flash sale perdana Xiaomi Mi Max di Tiongkok.

Tapi berapa banyak sih sebenarnya angka penjualan dari smartphone ini? Lewat akun Weibo-nya, eksekutif sekaligus co-founder Xiaomi, Lei Jun membeberkan bahwa perusahaannya baru saja mengapalkan 1,5 juta unit Xiaomi Mi Max dalam dua bulan sejak ketersediaannya di pasaran.

xiaomi mi max 2Salah satu yang cukup layak mendapat acungan jempol adalah, Xiaomi Mi Max membidik segmen pasar spesifik yaitu kalangan tertentu saja yang menyukai smartphone berlayar lebar, baterai besar dan memori lega. Artinya, jika angka pengapalan di atas dihubungkan dengan celah pasarnya yang sempit, terlihat bahwa pesona smartphone ini cukup impresif.

Ada beberapa versi berbeda dari Xiaomi Mi Max di pasaran. Satu varian menyuguhkan chipset Snapdragon 650 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Serta seri yang berbasis chipset Snapdragon 652 dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Keduanya mendukung kamera belakang 16MP dan kamera depan 5MP serta sudah disuntik sistem operasi Android Marshmallow.

Angka di atas berpotensi memecahkan rekor dimana perangkat yang lebih menyerupai tablet berhasil mencatatkan penjualan impresif. Faktanya, dari data yang diungkap para analis, penjualan normal untuk perangkat berukuran besar di 2015 hanya sekitar 300 ribu unit untuk satu model selama setahun. Xioami Mi Max bahkan mencatatkan angka luar biasa hanya dalam dua bulan.

Xiaomi Mi Max menawarkan seri banderol terjangkau dengan maksimalisasi besar-besaran pada beberapa sektor. Salah satunya adalah layar berukuran jumbo mendekati ukuran bodi tablet dengan diagonal mencapai 6,44 inci. Layar raksasa tersebut dibungkus material casing yang menggunakan struktur unibodi dari bahan metal. Ketebalannya 7,5mm.

Sang vendor menancapkan pemasok daya dengan kapasitas 4850mAh. Setidaknya, baterai ini membuat Xiaomi Mi Max menjadi berbobot cukup berat yaki 203 gram. Sekedar menambahkan saja, perbedaan antara chipset pada versi teratas dengan terbawah adalah dua ekstra core Cortex-A72 pada CPU-nya (total menjadi 4x A72 + 4x A53). Semua versi yang ditawarkan mengusung slot dual-SIM card hybrid, jadi kalian bisa menambahkan kartu microSD.

Xiaomi Mi Max berjalan menggunakan antarmuka MIUI 8 yang berbasis Android terbaru yakni versi 6.0 Marshmallow. Buat melindungi keamanan dan privasi penggunanya, smartphone ini menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang bodinya.

Harga Xiaomi Mi Max bervariasi mulai dari versi S650/3GB/32GB seharga 1500 yuan setara IDR 3 juta (kurs 2000), S652/3GB/64GB seharga 1700 yuan atau IDR 3,4 juta dan S652/4GB/128GB seharga 2000 yuan atau IDR 4 juta.