ArenaLTE.com – Operator XL Axiata selalu memiliki cara unik dalam memberikan pendidikan kepemimpinan kepada setiap siswa. Setelah sukses menjalankan program menjadi direksi utama perusahaan beberapa waktu lalu, operator basis GSM ini kini melakukan program pendidikan dengan mengirim 100 mahasiswa XL dari seluruh Indonesia untuk ikuti latihan kepemimpinan di Akademi Militer.

Menurut Ongki Kurniawa, Director & Chief Digital Service Officer XL Axiata, mengungkapkan, ”kemampuan dalam kepemimpinan adalah salah satu modal dasar dalam pengembangan bakat seseorang untuk meraih sukses di sama depan. Dengan keahlian dan kurikulum yang dimiliki, Akademi Militer merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan dan menempa jiwa kepemimpinan para mahasiswa program XL Future Leaders,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, program tersebut dihadirkan untuk menempa setiap mahasiswa agar memiliki jiwa seorang pemimpin, dalam program yang disusun perusahaan yakni XL Futur Leader.

“Kita tahu, semua Jenderal TNI ditempa dari tempat ini. Tak ada lagi yang diragukan dari kemampuan Akmil menggembleng para calon pemimpin,” ungkapnya dalam keterangan resmi, di Jakarta.

Para mahasiswa akan diberikan waktu pendidikan selama 10 hari yang akan dibimbing langsung oleh para instruktur dari Akmi, Yayasan Karya Salemba Empat, dan XL sendiri. Serangkaian program pelatihan yang akan diberikan meliputi pengembangan karakter, e-Learn, personal grooming, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

Semua materi akan disampaikan di lingkungan dan menggunakan fasilitas Akmil, tempat di mana ratusan Taruna Akmil juga belajar di sana. Para peserta pelatihan merupakan 100 orang mahasiswa yang lolos mengikuti program beasiswa XL Future Leaders tahun 2015/2016. Mereka adalah mahasiswa tahun akhir yang belajar di 15 universitas negeri di berbagai daerah di Indonesia.

Beasiswa akan berlaku selama 1 tahun. Kampus mereka adalah Universitas Indonesia, Univeritas Negeri Jakarta, Insitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Udayana, Universitas Nusa Cendana, Universitas Mulawarman, dan  Universitas Sam Ratulanggi.

Dalam perekrutan mahasiswa penerima beasiswa, XL bekerjasama dengan Karya Salemba Empat (KSE), sebuah organisasi nirlaba yang mengelola dana beasiswa bagi mahasiswa. Dalam perekrutan mahasiswa untuk beasiswa ini, XLdan KSE antara lain menggunakan kriteria antara lain prestasi akademik, juga kemampuan ekonomi peserta dalam meneruskan pendidikannya.

Selain itu, perekrutan juga didasarkan pada disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan XLdalam merekrut karyawan. Para mahasiswa penerima beasiswa XL Future Leaders melalui rekrutmen yang dilakukan oleh KSE ini memang akan mendapatkan kesempatan untuk berkarir di XL.

Beasiswa XL Future Leaders merupakan bagian dari program XL Future Leaders yang telah dikenal sebagai program pelatihan leadership berkelanjutan bagi mahasiswa Indonesia berprestasi. Beasiswa XL Future Leaders ini memberikan dana pendidikan selama setahun khusus bagi 100 mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi dengan nilai akademis tinggi.

Mereka berasal dari 15 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Selain dana pendidikan yang disalurkan setiap bulan, mereka juga mendapatkan materi kepemimpinan dan pelatihan untuk menghadapi dunia kerja.