ArenaLTE.comOpera menargetkan lebih dari 100 juta ponsel Android akan terintegrasi dengan aplikasi manajemen data Opera Max pada tahun 2017 nanti. Perusahaan pembuat browser asal Norwegia ini mencatat hingga saat ini sudah ada 14 OEM (Original Equipment Manufacturer) termasuk Samsung dan Xiaomi, yang telah memasukkan Opera Max pada smartphone produksinya.

Sergey Lossev, Product Manager Opera Max, mengungkapkan menetapkan target tersebut terutama setelah bekerjasama dengan OEM baru dari Asia seperti Hisense, Acer, dan TWZ. “Kebanyakan pengguna internet dengan ponsel memiliki kekhawatiran mereka akan kehabisan paket data di ponsel mereka. Kami melihat bahwa OEM menjawab kekhawatiran ini dan berinisiatif untuk mengurangi hambatan dalam mengakses internet dengan menyediakan solusi optimisasi data pada perangkat mereka,” ujar Sergey.

Menurutnya, Opera Max mampu menawarkan penghematan paket data bagi para pengguna ponsel. Aplikasi ini mampu mengurangi konsumsi data lintas berbagai aplikasi di ponsel Android sebanyak 50%. Para pengguna smart phone yang juga penggemar berat Instagram, YouTube ataupun Netflix dapat menghemat hingga 60% dari jumlah data yang biasa digunakan untuk aplikasi-aplikasi ini tanpa menemukan penurunan kualitas.

Pertumbuhan  adopsi smartphone yang sangat pesat telah melampaui perkembangan infrastruktur jaringan ponsel di banyak pasar besar ponsel seperti India, Indonesia, Bangladesh, Amerika Latin, serta di berbagai penjuru Afrika. Kini para pengguna ponsel di seluruh dunia  mengkonsumsi konten jauh lebih banyak dari sebelum-sebelumnya. Aktivitas seperti streaming video, penggunaan aplikasi berita dan sosial media yang  kaya akan gambar adalah kegiatan-kegiatan yang paling banyak memakan data.
Baca juga: Versi Terbaru Opera di Android Andalkan Fitur Kompresi Video

“Teknologi kompresi adalah kunci untuk membantu 1 milliar orang pengguna ponsel berikutnya agar bermigrasi ke smartphone. Solusi seperti Opera Max secara langsung membantu para pengguna ponsel dengan infrastruktur jaringan yang kurang memadai dan paket data internet yang mahal,” tambah Lossev.

Secara lengkap, Opera kini bekerja sama dengan pabrikan Acer, Cherry Mobile, Evercoss, Fly, Hisense, Mobiistar, Micromax, Oppo, Prestigio, Samsung, Symphony, Tecno, TWZ dan Xiaomi. Opera Max dapat didownload secara gratis dari Google Play.