ArenaLTE.com – Vendor smartphone terus berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru dan tercanggih mereka yang terus membuat kita kebingungan untuk memilih mana yang terbaik. Dengan rilis berbagai smartphone baru yang canggih baru-baru ini ternyata berhasil mengejutkan daftar urutan kinerja chip prosesor smatphone tersebut. Tahun lalu, kinerja prosesor Apple A9 berhasil memimpin diikuti dengan prosesor HiSilicon Kirin 950. Namun kali ini urutan 10 Prosesor Smartphone Terbaik 2016 Versi AnTuTu Benchmark berubah total dimana Qualcomm, Apple dan Samsung saling berebut kuasa menjadi prosesor terbaik.

AnTuTu banchmark masih menjadi aplikasi benchmark yang paling dipercaya saat ini, AnTuTu Benchmark ini berfungsi untuk melakukan test performa dan spesifikasi terhadap smartphone kita. Aplikasi melakukan berbagai tes semua kinerja komponen dan sistem dalam sebuah smartphone seperti CPU Tests, CPU Single Test, RAM Tests, GPU Tests, I/O Tests, LCD test dan Multi Touch test.

Baru-baru ini, AnTuTu benchmark merilis daftar 10 Prosesor Smartphone Terbaik 2016 Versi AnTuTu Benchmark yang bisa menjadi bahan pertimbangan individu dalam memilih smartphone terbaru. Mengingat chipset merupakan bagian penting dari performa keseluruhan smartphone, walaupun tidak berarti spesifikasi yang lain tidak berpengaruh, daftar di bawah ini mungkin bermanfaat untuk pertimbangan dalam memilih prosesor terbaik.

Menurut hasil ujicoba yang dilakukan AnTuTu Benchmark, prosesor Qualcomm Snapdragon 820 bertengger di posisi teratas dengan skor rata-rata sebesar 136.383 yang mana mendapatkan 4.000 poin lebih tinggi dari pemenang tahun lalu, chipset Apple A9. Selain itu, Samsung Exynos 8890 juga berhasil menunjukkan kinerja yang baik mendekati dengan yang Apple A9.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 820 ini telah ditanamkan dalam beberapa smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy S7, Letv MAX Pro, Mi5, LG G5 dan Sony Xperia X, hingga saat ini baru satu smartphone yang ditancapkan prosesor Exynos 8890 yaitu seri Samsung Galaxy S7.

prosesor smartphone terbaik 2016Prosesor terbaru yang juga baru diluncurkan yaitu Qualcomm Snapdragon 652 dan 650 juga berhasil menunjukkan kinerja yang baik bahkan diklaim hampir mendekati kinerja prosesor Qualcomm Snapdragon 810. Kedua prosesor Qualcomm Snapdragon 652 dan 650 ini berhasil menduduki peringkat ketujuh dan kesembilan dari daftar urutan 10 prosesor terbaik versi AnTuTu benchmark.

Kinerja Qualcomm Snapdragon 650 telah berhasil melampaui kinerja Qualcomm Snapdragon 808, yang berhasil menghadirkan kekuatan baru untuk pasar smartphone kelas menengah. Dan karena hingga saat ini belum ada smartphone yang ditanamkan prosesor MediaTek MT6797 di pasaran jadi prosesor MTK tidak tercantum dalam daftar 10 Prosesor Smartphone Terbaik 2016 Versi AnTuTu Benchmark. Prosesor Qualcomm Snapdgaron 652 ini ditancapkan dalam smartphone Samsung Galaxy A9 sedangkan Qualcomm Snapdragon 650 ditanamkan dalam Xiaomi Red Mi Note3.

Selain dari segi kinerja prosesor smartphone, AnTuTu juga merilis 10 kinerka Chip GPU smartphone mengingat GPU (Grafis Prosesor Unit) juga merupakan bagian penting dalam pemrosesan grafis dan berpengaruh langsung untuk pengalaman pengguna smartphone. Lagi-lagi, Qualcomm Snapdragon 820 dengan Adreno 530 nya berhasil merajai persaingan dengan hasil skor rata-rata sebesar 55.000, jauh meninggalkan pesaingnya Apple A9 dengan PowerVR GT7600 dan Exynos 8890 dengan Mali-T880 MP12.prosesor smartphone terbaik 2016