ArenaLTE.com – Selama tahun 2016 banyak game menarik yang diluncurkan untuk para pengguna smartphone baik gratisan maupun berbayar. Namun sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia lebih suka memilih aplikasi dan games gratis, untuk itu kami pilihkan 10 game mobile gratis terbaik 2016 untuk pengguna Android dan juga iOS.

Mungkin di antara games yang kami pilihkan ini sudah pernah kalian coba atau bahkan belum tau sebelumnya. Namun yang perlu diingat yaitu meskipun diberi embel-embel gratis, biasanya ada beberapa games yang mengharuskan kita untuk membeli beberapa level permainan agar bisa melanjutkan (in app purchase) makanya terkadang games seperti ini disebut freemium.

Game mobile gratis terbaik 2016  ini kami pilihkan dalam berbagai tema dan genre yang berbeda-beda sesuai dengan selera kalian. Jangan lupa beri komentar jika sudah mencoba beberapa game mobile gratis terbaik 2016 versi kami ini.

Game Mobile Gratis Terbaik 2016

1. Asphalt Xtreme

asphalt xtreme Jika dibandingkan dengan versi game Asphalt sebelumnya, perubahan besar terjadi di games Asphalt Xtreme yang termasuk sebagai salah satu game mobile gratis terbaik 2016 pilihan arenaLTE.com bergenre Racing. Kita tidak lagi balapan di track atau jalan raya dengan aspal yang mulus. Sesuai dengan namanya, arena balapan kali ini lebih menantang dan xtreme yaitu perbukitan, lembah, pantai, gurun dan beragam tempat memukau lainnya di dunia.

Sistem permainan yang digunakan masih mirip seperti kendali, cara upgrade mobil, mode Career dan Multplayer serta beragam hal lainnya. Disediakan berbagai macam 35 macam mobil keren yang jarang kita lihat di game balap biasa, seperti monster truck, mobil reli, buggy dan masih banyak lagi. “Lets start your engine and race the extreme!”
Download Asphalt Xtreme : Google Play Store / iTunes

2. Vainglory

vainglory Vainglory jadi salah satu Game Mobile Terbaik 2016 pilihan ArenaLTE.com. Mengusung Game multiplayer online battle arena atau biasa disingkat MOBA ini mirip dengan game PC DOTA 2. Jadi, jangan ragukan lagi kualitasnya dan layak masuk sebagai game mobile gratis terbaik 2016. Kita berperan sebagai hero di dalam tim yang terdiri dari tiga orang. Masing-masing akan mengendalikan seorang hero, di mana kamu harus bekerja sama menghadapi tim musuh. Setiap hero memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda sehingga diperlukan strategi dan koordinasi yang tepat untuk dapat menghancurkan lawan. Vainglory juga mengusung pertarungan PvP dengan objektif menghancurkan sebuah bangunan yang disebut Vain Crystal di markas tim musuh. Meskipun grafisnya dahsyat, game ini cukup ringan dimainkan dengan smartphone.
Download Vainglory : Google Play Store / iTunes

3. Crasher

CrasherJika kalian gamer yang memainkan game online PC populer seperti Ragnarok, pasti suka dengan game Crasher ini.  Game berbasis MMORPG atau kepanjangannya Massively Multiplayer Online Role-Playing Game merupakan jenis game yang berbasis RPG dan kita terhubung dengan server untuk memainkannya. Game Crasher ini memiliki kualitas grafis yang sangat bagus untuk kelas game mobile, dalam game crasher kita akan memainkan sebuah  avatar yang memiliki empat jenis job atau class, yakni warrior, archer, assasin, dan mage. Masing-masing memiliki keunggulan dan kesaktian yang berbeda-beda untuk mejalankan berbagi misi dan petualangan yang tak terbatas.
Download Crasher : Google Play Store / iTunes

4. Zombie Anarchy : War & Survival

zombie anarchyDiluncurkan bulan November ini, Zombie Anarchy merupakan salah satu game terbaru gari Gameloft yang mengusung tema Zombie. Berbeda dengan game pembantaian zombie lainnya, Zombie Anarchy ini justru menguji strategi kita. Dalam game mobile gratis terbaik 2016 ini kita dituntut mampu menyusun strategi yag tepat untuk bertahan hidup dengan manusia yang tersissa, seperti mengatur strategi berperang menghadapi para zombie kelaparan, membangun berbagai fasilitas untuk bertahan hidup, mengumpulkan berbagai sumber daya yang langka, sekaligus mengumpulkan para manusia yang masih selamat.
Download Zombie Anarchy: Google Play Store / iTunes

5. Suicide Squad: Special Ops

suicide squad special opsSelain menghadirkan film Suicidesquade ke layar lebar, Warner Bros juga menghadirkan versi game nya yang bernama  Suicide Squad: Special Ops. Game yang dirilis sebelum filmnya tayang dibioskop Juli lalu ini mengusung konsep sebagai sebuah game survival. Tampilan grafisnya sangat bagus dan bergenre first person shooter. Dalam game resmi film Suicide Squad ini kita bisa memilih salah satu dari tiga karakter seperti Harley Quinn, El Diablo, dan Deadshot. Namun Joker tidak termasuk didalamnya, sesuai dengan karakternya Deadshot dilengkapi dengan senjata senapan, si cantik Harley Quinn dengan tongkat baseball dan Diablo dengan api, ketiganya akan akan beraksi bersama-sama. “Lets Go boys!”
Download Suicide Squad: Special Ops : Google Play Store / iTunes

6. Traffic Rider

traffic riderMahakarya lain dari pencipta Traffic Racer, namun kali ini kita akan dibawa untuk merasakan sensasi kebut-kebutan diatas sepeda motor dengan game bernama Traffic Rider. Game ini memang hampir sama dengan game bergenre simulator dengan tampilan grafis yang aduhai dan benar-benar membuat kita serasa diatas sepeda motor sebenarnya.  Ada beberapa pilihan permainan muali dari menjalani misi demi misi (career), ngebut tanpa batas (endless), dengan batas waktu (time trial), atau berkendara bebas (free ride). Disediakan hingga lebih dari 24 tipe motor yang bisa kita miliki dan gunakan. So, Lets Ride!
Download Traffic Rider : Google Play Store / iTunes

7. Point Blank Mobile

game point blank mobileMeskipun baru diluncurkan dalam versi Open Beta, namun semua pengguna smartphone sudah bisa menikmati serunya Shooter game populer di PC ini via smartphone. Game Point Blank Mobile ini memang  benar-benar dibuat menyerupai versi komputer yang sudah dioptimisasi untuk ringan dimainkan dengan smartphone. Gameplay-nya pun sama, yang berbeda hanya sudut pandang saat bermain, dimana untuk Point Blank Mobile ini kita akan bermain dengan sudut pandang third person.
Game Point Blank Mobile adalah game pertempuran antara dua kubu, yaitu Free Rebels dan Counter Terrorist Force (CT-Force). Tidak hanya sekedar asal tembak menembak saja, kalian harus punya skill dan strategi untuk bisa memenangkan pertempuran dan segala tantangan di berbagai misi.
Mainkan game Point Blank Mobile disini
Download Game Point Blank Mobile Disini

8. Pokemon GO

POkemon Go
Screenshot aplikasi menampilkan monster Pokemon yang muncul

Selain menjadi game paling banyak diinstal selama tahun 2016, game Pokemon berhasil memecahkan rekor mobile game sepanjang masa ketika diluncurkan pada 6 Juli 2016 lalu. Belum pernah ada dalam sejarah mobile games yang berhasil menyebar, menjadi populer dan banyak di download hanya dengan waktu sesingkat itu. Game Pokemon Go bisa disebut sebagai game augmented reality berbasis lokasi. Game ini membutuhkan koneksi internet, Globally Positioning System (GPS) dan kamera untuk bisa berburu Pikachu dan mengkoleksi monster Pokemon yang langka lainnya.
Download Pokemon Go : Google Play Store / iTunes

9. Clash Royale 

games clash royaleClash Royale sudah dimainkan oleh jutaan orang diseluruh dunia. Supercell, vendor games populer Clash Of Clans sukses menghadirkan versi lain MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) game untuk masuk kedalam salah satu game mobile gratis terbaik 2016. Game Clash Royale menggunakan beberapa karakter yang mirip dengan COC dengan menambahkan konsep kerajaan dengan pertempuran realtime dengan lawan, multiplayer sekaligus game strategi. Game ini menggabungkan tiga genre game, yakni trading card game, tower defense, dan MOBA. Tujuan utama dari games ini yaitu untuk menghancurkan Raja dan pangeran dari tower mereka dan butuh pertarungan juga strategi untuk menghancurkannya.
Download Clash Royale : Google Play Store / iTunes

10. Clash Of Dynasty

Clash Of DynastyGame terbaru yang layak menjadi game mobile gratis terbaik 2016 yaitu Clash Of Dynasty (COD). Game ini merupakan game paling komplit yang menggabungkan game action strategy berbumbu card battle menjadi satu permainan yang seru dan menyenangkan. Kita harus mengumpulkan berbagai item dan kartu terbaik guna memperkuat pasukan ketika berusaha untuk menguasai berbagai kota yang ada.

Semakin seru, Clash of Dynasty membutuhkan pola strategi pemilihan hero dan pasukan yang tepat, sehingga bisa mengalahkan musuh dan menguasai kerajaan yang semakin kuat di tiap levelnya. Kita bisa memilih dan meningkatkan kekuatan hero dan pasukan yang dimiliki untuk mengalahkan lawan dan menguasai kota. Selain bertarung satu lawan satu dengan pemain lainnya, kita juga bisa membentuk atau bergabung dalam sebuah Legion dengan teman untuk menyerang Legion lainnya dari seluruh dunia.

Clash Of DynastySelain itu, setiap kemampuan pahlawan yang kita miliki bisa ditingkatkan, baik daya tahan, daya serang hingga serangan pamungkas. Bahkan, kita bisa meningkatkan senjata dan armor yang digunakan dalam setiap levelnya. Setiap tingkatan level akan memiliki hero dengan kemampuan yang berbeda. Game Clash OF Dynasty ini wajib terinstal dalam smartphone kalian!

Download game Clash Of Dynasty Disini