Yuk Intip 10 Fitur Baru iOS 10 yang Lebih Impresif

ArenaLTE.com - Apple baru saja mengumumkan edisi terbaru untuk platform mobile mereka. Sistem operasi anyar ini adalah iOS 10 yang diklaim sebagai rilis terbesar iOS sejak pertama kali meluncur. Dan, Apple mencatat 10 fitur utama yang diklaim sudah mengalami penyempurnaan selama presentasi mereka.

  1. User interface atau Antarmuka


  2.  

1Apple merancang ulang sektor lockscreen dimana sekarang mendukung fitur ‘pick up to wake’ dan akses kamera lebih gampang cukup dengan menyapukan layar ke kiri. Jika menyapukan layar ke kanan, maka kalian akan menemukan halaman widget. Saat Android menyingkirkan widget di lockscreen, iOs justru menghadirkannya kembali.

Area notifikasi didesain dengan tampilan seperti gelembung. Control Center kini terdiri dari dua jendela, satu berisi tombol perintah dan satu lagi berisi kontrol musik, berkonsep ala bubble atau gelembung. Terdapat Control Center Tab ketiga kalau kalian menggunakan fitur ‘Home app’ – pintas menuju aksesoris home.

Apple mendongkrak kemampuan 3D Touch, kita bisa melihat sekilas informasi tambahan dari notifikasi dan bahkan aplikasi di homescreen. Dan, kalau kalian suka bisa langsung memasangnya sebagai widget di halaman ‘Today’.

  1. Siri


  2.  

2Siri juga mendapat update fitur baru. Tapi perubahan paling mendasar adalah dibukanya Siri buat pengembang. Kini aplikasi ini bisa mengirim pesan via message client non Apple, bisa memesan Uber dan lain-lain. Siri juga bisa mencari foto melalui aplikasi foto pihak ketiga, bisa melakukan panggilan VoIP atau mengirim pembayaran.

  1. QuickType keyboard


  2.  

3Keyboard di iOS 10 kini sudah disempurnakan dengan kecerdasan Siri hingga bisa memperkirakan apa yang hendak kita katakan atau jawab. Fitur ini juga bisa membaca pesan dan menyarankan apakah kita hendak membuat jadwal, membagi lokasi, mengingat alamat dan mendukung pengetikan multilingual.

  1. Foto


  2.  

4Aplikasi foto disempurnakan dengan beberapa trik baru, tapi buat pengguna Android sebenarnya sudah familiar. Aplikasi ini bisa menampilkan foto di peta, lalu kita bisa menyortirnya dengan wajah teman kita. Fitur baru yang menarik adalah penyortiran kecerdasan buatan di ‘Memories’ yang bisa memindai foto dan mengurutnya dalam album otomatis sesuai kriteria seperti  landmark, hewan, people, topik dan lain-lain.

  1. Maps atau peta


  2.  

5Di iOS 10, aplikasi Maps atau peta mendapat suntikan layer,  panduan lebih pintar dan proaktif. Maps mendukung  extention – membantu aktivitas sehari-hari dengan menawarkan rute tercepat mengikuti trafik di sekitar dan menyarankan tempat-tempat penting di area terdekat. Aplikasi ini juga bisa mengatur reservasi. Maps in CarPlay juga punya beberapa fitur baru seperti menambahkan turn-by-turn navigation ke display dashboard.

  1. Apple Music


  2.  

6Apple Music punya tampilan antarmuka lebih fresh, memudahkan kita mencari musik dan mengorganisirnya.

  1. News


  2.  

7News juga punya antarmuka baru. Kita bisa membuat subtopik, misalnya kalian menyukai bacaan seputar Euro 2016, News akan secara otomatis membuat sub kategori untuk Euro 2016. Aplikasi ini juha mendukung subscription dimana kalian bisa mendapat konten gratis dan berbayar di satu tempat. Notifikasi Breaking News di homescreen juga hadir dalam update baru ini.

  1. Home app dengan Home Kit lebih bertenaga


  2.  

8Apple ingin kita mengontrol segala hal di rumah melalui Home app anyar mereka. Mendukung berbagai aksesoris elektronik cerdas yang populer dan kita bisa mengontrol semuanya via iPhone. Lampu,pintu, kunci, kamera, AC, kipas angin, bel  dan lain-lain. Home app mendukung 3D Touch. Selain itu, Control Center menyelipkan tab ketiga yang menawarkan kontrol untuk aksesoris paling sering digunakan.

  1. Phone


  2.  

9Apple telah mengupdate aplikasi Phone dengan beberapa fitur baru. Semua aplikasi VoIP pihak ketiga sekarang menggunakan calling screen yang sama dengan default aplikasi Phone. Skype, Viber dan yang lain-lain punya notifikasi full screen dengan foto, eberapa opsi dan slider penjawab berukuran besar.

Dalam phonebook kita sekarang bisa memilih aplikasi apa yang hendak dipakai untuk menelepon nomor tertentu. Voice Mail bisa menampilkan transkrip pesan dan bisa mendeteksi sebuah pesan yang datang dari nomor tak dikenal, bahkan sebelum masuk voicemail.

  1. Messages


  2.  

10Aplikasi Messages atau perpesanan mengalami peningkatan kemampuan di iOS 10. Mendukung live GIF dan video playback. Semua multimedia yang bisa diputar akan bisa disetel dalam thread pesan. Kalian juga bisa menikmati akses cepat ke foto dan live camera feed tanpa harus keluar dari aplikasi. Antarmukanya pun dirancang lebih nyaman dengan Emoji 3x lebih besar dan kita bisa mengganti kata dengan Emoji cukup dengan mengetuknya. Bubble Effect di aplikasi ini cukup menarik. Kita bisa menanamkan efek berbeda dalam iMessages. Aplikasi ini mendukung tulisan tangan dan Digital Touch serta terbuka untuk pengembang.

Selain 10 fitur utama di atas masih ada beberapa fitur tambahan yang disisipkan di platform versi baru ini. Misalnya Safari pada iPad yang menyuguhkan splitscreen view. Sektor privasi juga ditingkatkan dengan dukungan end-to-end encryption, tak ada user profiling dan semua data yang bersifat privasi tidak dibagi antar aplikasi. iOS 10 akan tersedia untuk iPhone 5 ke atas, iPad 4 ke atas, iPad mini 2 ke atas dan iPod Touch 6 ke atas secara gratis. Beta test akan dimulai pada bulan Juli sementara developer akan segera mendapatkan preview secepatnya.

Leave a Comment