ArenaLTE.com – Pada konferensi IESE, UCWeb membeberkan beberapa temuan menarik tentang kebiasaan belanja secara online para pengguna Indonesia yang dihasilkan dari pada bulan Maret lalu. Survei dengan jumlah partisipan sebanyak 2.829 pengguna internet mobile, mengungkapkan bahwa 76,4% dari seluruh partisipan mengakui berbelanja secara online setidaknya sekali dalam sebulan dan membelanjakan rata-rata sebesar Rp. 100.000 setiap bulannya. Bahkan, tercatat aktivitas belanja online dilakukan pengguna dengan memakan waktu sekira 1 jam.

“Kami menemukan bahwa belanja secara online di Indonesia, sebagian besar, ternyata merupakan belanja yang dilakukan pada perangkat mobile. Dengan semakin banyaknya pengguna Internet Indonesia yang mulai mengadopsi belanja secara online sebagai bagian dari gaya hidup, sebagian besar dari mereka telah menganut ide ‘mobile first’. Hal ini meyakinkan kami pada value kami terhadap industri e-commerce lokal yang terus meluas,” tambah Kenny.

 Beberapa temuan lainnya dalam survei tersebut, juga mengungkapkan bahwa :

  • 72,2% dari orang yang berbelanja secara online biasanya menghabiskan paling tidak 1 jam untuk berbelanja, dan 87,4% dari mereka berbelanja  melalui perangkat mobile.
  • Alasan paling populer berbelanja secara online adalah kenyamanan berbelanja di manapun dan kapanpun, dan yang kedua adalah promo-promo penjualan (contohnya, promo musiman atau hari libur/ besar), serta diikuti karena kebutuhan tak berkala, seperti misalnya, membeli hadiah dalam waktu singkat untuk teman yang berjarak jauh.
  • Kebanyakan orang yang berbelanja secara online biasanya berbelanja antara pukul 6 sore hingga 10 malam.
  • Situs-situs toko belanja online konvensional masih tetap menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang berbelanja secara online, sedangkan pilihan paling tidak populer  adalah melalui forum online dan situs-situs iklan.
  • Alasan utama yang menurunkan motivasi orang yang berbelanja secara online untuk mengunduh aplikasi belanja adalah mereka bisa berbelanja secara online melalui browser (49%). Dua alasan lainnya adalah karena mereka sudah banyak memiliki aplikasi (37,3%) dan khawatir aplikasi belanja tersebut menghabiskan kapasitas penyimpanan perangkat mobile mereka (26%).

Selain itu juga, beberapa hal dorongan yang kerap dilakukan orang untuk memilih belanja online adalah dorongan untuk membandingkan harga antar platform belanja online yang kompetitif. Proses pembayaran yang aman, info terbaru tentang diskon, kehadiran produk baru yang lebih terbaru, dan akses yang mudah karena hanya sekali akses.