ArenaLTE.com – Menggugah kembali industri PC Komputer di Tanah Air, pameran teknologi Indocomtech 2015 kembali dibuka. Pameran yang diungkapkan telah diselenggarakan sejak 1992 ini, menjadi pameran ke-23 yang mengusung tema baru Internet of Things (IoT).

Konsep IoT mengambil pendekatan program Smart Home dengan menghadirkan teknologi rumah pintar yang sudah terkoneksi internet. Sehingga kegiatan yang dilakukan didalam rumah pintar tersebut dapat di kontrol oleh pemiliknya lewat sebuah gadget. Kehadiran Smart Home ini dimaksudkan untuk memberikan kesan sebuah rumah yang “dihidupkan” dengan konektivitas internet, sebagai gambaran integrasi koneksi internet di masa depan.
Baca: Internet of Things, Antara Peluang dan Tantangan

Menurut Rudi Rusdiah, Ketua Apkomindo, ajang Indocomtech telah menjadi benchmark teknologi di Indonesia. Dengan mengusung tema Internet of things dan acara pop conference, menjadikan Indocomtech ini ajang yang menginspirasi kaum muda Indonesia, terutama untuk perangkat teknologi. Penyelenggaraan saat ini juga diharapkan tidak hanya fokus pada jualan produk perangkat komputasi saja, melainkan juga sebagai sarana edukasi bagi semua kalangan.

“Dengan mengusung tema Internet of Things, diharapkan pameran ini bisa menjadi pendidikan dan pengenalan produk baru yang sudah mengadopsi teknologi internet di perangkat,” tambahnya.

Sementara itu Bambang Setiawan, Project Director API sebagai pihak penyelenggara mengungkapkan bahwa saat ini acara memang sedang perlahan diubah, sehingga tidak hanya berorientasi terhadap produk jualan saja dan promo yang ada.

“Kami mau ubah image yang awalnya hanya berkesan memindahkan toko saja ke pameran, kini akan coba diubah secara perlahan untuk edukasi. Seperti halnya ruang-ruang khusus acara, sehingga pemanfaatan area seluas 17 ribu hektar ini benar-benar bermanfaat,” jelasnya.

Indocomtech merupakan pameran teknologi tahunan yang saat ini sudah menginjak tahun ke-23 dan diikuti sebanyak 300 perusahaan. Indocomtech 2015 yang berlangsung di Jakarta Convention Center akan berlangsung dari 28 Oktober hingga 1 November 2015.