ArenaLTE.com – HTC One M9 adalah salah satu flagship perusahaan yang muncul tahun ini. Tapi sepertinya, sebuah flagship baru bakal muncul lagi masih di tahun yang sama. Ternyata bukan HTC One M10 yang kemungkinan baru rilis tahun depan, tapi sebuah smartphone baru dan berbeda. Seri ini disebut HTC One A9.

HTC One A9 press renders evleaks-650-80Rumor serta perdebatan mengenai seberapa premium HTC One A9 nantinya masih beredar sampai sekarang. Kabarnya, smartphone ini bakal mengemas kamera monster yang akan membuat public terbelalak. Tapi ada juga informasi yang menyebutkan bahwa HTC One A9 adalah seri dengan spesifikasi kelas menengah.

Dan buat kalian yang sudah tak sabar menanti, HTC One A9 akan segera datang dalam waktu dekat. HTC baru-baru ini mengirimkan invitasi bahwa mereka akan menggelar perhelatan online pada 20 Oktober. Memang bukan A9 yang menjadi judul invitasi tersebut, tapi HTC mengkonfirmasi jika mereka akan memperkenalkan sebuah ponsel baru di perhelatan itu.

HTC-One-A9-650-80Namun buat yang ingin menerka-nerka, CEO HTC, Cher Wang sempat berujar jika sebuah perangkat ‘hero’ atau bisa diartikan pahlawan akan segera dirilis. Selain itu, sebuah teaser baru seputar perhelatan di 20 Oktober tersebut menegaskan jika HTC bakal mengungkap ‘next evolution of the One. Spekulasi kemballi mengarah pada kemungkinan HTC One A9 yang akan jadi ‘tokoh utama’ di perhelatan 20 Oktober nanti.

HTC One A9 disinyalir bakal mengusung desain seperti iPhone 6S jika sesuai dengan gambar yang di-listing website operator Orange, Perancis. Gambar tersebut juga sesuai dengan beberapa foto bocoran yang sempat beredar. Memperlihatkan bezel atas dan bawah yang besar serta tepian logam. Seri ini juga bakal mengusung diagonal layar AMOLED 5 inci dengan resolusi 1080p.

Tapi sebuah sumber dari HTCViet mengklaim jika seri terbaru HTC akan mengusung resolusi layar 1440 x 2560 piksel yang diproteksi dengan Gorilla Glass 4. Smartphone ini juga diprediksi mengusung layar 2.5D.

Kembali ke operator Orange di Perancis, perusahaan tersebut juga mengungkap jika HTC One A9 didukung kamera utama 13MP dan kamera depan 4MP. Ada kemungkinan informasi tersebut akurat. Sebuah benchmark yang pernah muncul pun cukup ‘nyambung’ dengan gambaran ini. Disebutkan jika HTC One A9 memiliki kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Jika benar hanya sebatas itu kemampuan kameranya. Maka klaim bahwa kemampuan kamera HTC One A9 bakal monster seperti ucapan sumber dari HTCViet jadi tak sesuai kenyataan. Tapi ada penjelasannya, karena dinyatakan jika kamera itu akan memiliki f/1.9 aperture sehingga foto dalam kondisi low light bisa optimal. Kamera ini juga bsa menyimpan foto dalam format RAW.

Benchmark yang sempat muncul juga menyebutkan HTC One A9 akan didukung prosesor Snapdragon 620 dengan 3GB RAM dan memori internal 32B. Tapi ada juga benchmark lain muncul memperlihatkan sebuah ponsel yang diyakini sebagai HTC One A9. Disuntik chipset 1.96GHz deca-core MediaTek Helio X20 dan 4GB RAM. Dashyat. Tapi akhirnya ada beberapa rumor berbeda, apakah HTC One A9 seri premium atau hanya level kelas menengah.

Nah, soal harga jual, operator Orange di Perancis mematok harga HTC One A9 di kisaran 685 dolar AS. Tentu sja cukup mahal meskipun tak terlalu selangit. Jadi, siaps-siap saja menunggu peluncurannya 20 Oktober ini.