ArenaLTE.com – Menyusul rilis terbaru sistem operasi Android N yang dihadirkan dalam versi developer preview, Google kini menghadirkan pembaruan untuk aplikasi pesan instant Hangout yang kini telah memasuki versi 8.0. Aplikasi Hangout di Android N diklaim menghadirkan pengalaman baru yang lebih ikonik dengan kemampuan balas cepat.

Pembaharuan sistem yang hadir pada Hangout di Android N sudah menyertakan dukungan untuk notifikasi dan fitur balasan langsung. Update terbaru juga diklaim hadir beda dari versi sebelumnya, versi kali ini memiliki tampilan gambar yang lebih ikonik dengan tepi ikon membulat dan dapat berjalan pada Android N pada versi pengembang atau developer.

Update Android N (5)

Baca juga: Surprise! Ini Dia 5 Fitur Terbaru Update Android N

Pembaharuan Hangout di Android N tidak sama lagi dengan versi sebelumnya untuk Android Marshmallow. Seperti dilansir dari IBTimes, pengguna Android N akan merasakan perbedaan yang cukup kental pada aplikasi Hangout, pada versi terbaru tersebut pengguna akan bisa melakukan sinkronisasi dengan fitur terbaru dari Android N.

Salah satu perubahan menonjol lainnya yang turut dihadirkan pada Hangout di Android N ini adalah fitur balas langsung. Perusahaan diungkapkan akan menghadirkan fitur jawaban cepat ini, untuk mempermudah pengguna. Sehingga memungkinkan balasan pesan percakapan yang dilakukan, bisa langsung terkirim versi pengguna hanya melakukannya melalui ikon notifikasi yang ada.

Fitur jawab cepat tersebut juga mengindikasikan bahwa pengguna tak perlu lagi repot harus membuka aplikasi, karena melalui notifikasi bisa langsung menulis pesan balasan. Namun sayang, fitur ini diungkapkan dalam situs masih memiliki kendala dan batasan.

Hangout 8.0 bisa melakukan pesan balasan cepat, namun tidak untuk semua pesan yang masuk. Dalam arti, bahwa pengguna bisa melakukan balasan hanya untuk pesan yang masuk melalui notifikasi saja dan hanya untuk satu pesan lama. Namun, klaim perusahaan bahwa dalam tahap rilis resminya nanti, dalam versi lengkap Android N fitur ini akan diperbaiki untuk bisa melakukan semua balasan pesan.

Selain itu, fitur terbaru yang hadir pada Hangout 8.0 juga diungkapkan akan hadir  dengan pemberitahuan yang lebih rapih. Namun, dalam segi tampilan laman aplikasi tidak ada perubahan yang signifikan dan terlihat mencolok. Tetapi perlu diingat, pembaharuan Google Hangout versi terbaru ini hanya berlaku untuk perangkat yang sudah mengadopsi Android N saja, terutama dalam versi developer.