ArenaLTE.com – Saat ini kubu Apple mungkin sedang harap-harap cemas. Pasalnya Google sang rival bebuyutan, telah resmi mengumumkan bahwa koneksi smartwatch  Android ke iPhone sudah bisa dilakukan. Tentu saja kabar ini langsung membawa dampak pada eksistensi Apple Watch di pasaran.

Dikutip dari Ubergizmo.com (31/8/2015), Google menegaskan bahwa Android Wear untuk iOS telah diluncurkan untuk semua iPhone yang mampu menjalankan iOS 8.2 atau lebih tinggi. Bagi pengguna smartwatch Android Wear ini tentu membawa fleksibilitas yang lebih tinggi. Mereka tidak lagi harus membawa smartphone Android hanya karena mereka ingin memakai wearable devices berbasis Android. Karena kini memungkinkan koneksi smartwatch Android ke  iPhone.

Di awal, fitur yang dihadirkan jelas akan terbatas dan segala sesuatu yang tersedia untuk pengguna Android tidak akan tersedia untuk pengguna iPhone. Namun pengguna akan dapat memeriksa notifikasi untuk panggilan, pesan dan aplikasi meski hanya sekilas.

Fitur fitness tracking juga didukung seperti pengaturan harian dan mingguan untuk tujuan kemajuan, mengukur denyut jantung dan pelacakan berjalan serta sesi latihan lainnya. Hingga hari ini, koneksi smartwatch Android ke iPhone telah berjalan di LG Watch Urbane. Google mengatakan bahwa mulai sekarang semua jenis smartwatches Android termasuk yang berasal dari Asus, Huawei dan Motorola akan mampu terkoneksi dengan iOS.

Sebelum Google merilis informasi tersebut, di awal tahun ini Mohammad Abu-Garbeyyeh, seorang developer Cydia, sudah berhasi melakukan koneksi smartwatch Android ke iPhone. Ia dikenal dengan jailbreak tweak DoubleTapToSleep dan SpotlightSiri. Barangkali karena tidak sabar menunggu rilis Apple Watch, sang developer justru menjadikan Moto 360 miliknya kompbatibel dengan iPhone.

Dari video yang ia posting, Garbeyyeh menunjukkan sebuah notifikasi dari iOS Messages app bisa masuk ke Moto 360 yang tak lain adalah sebuah perangkat Android Wear. Yang menarik, si developer tidak perlu melakukan jailbreak pada iPhone untuk bisa mengirim notifikasi Messages ke Moto 360. Yang ia lakukan hanyalah menginstall sebuah APK di Moto 360. Apakah Anda sudah mencobanya?

Comments

  1. […] “Sektor wearable akan terus ber-evolusi dan kami memiliki peran aktif dalam produk ini untuk dibawa ke pasar sebagai perangkat yang menarik bagi banyak konsumen,”jelas Juno Cho, Presiden Direktur CEO dari Ponsel LG Electronic. LG menargetkan LG Watch Urbane 2 ini ditujukan untuk individu aktif dan ingin tetap terhubung, baik saat mereka berada di tempat kerja, di rumah atau di lapangan teknis dengan beragam aktivitas. Baca: Google Resmi Umumkan Kemampuan Koneksi Smartwatch Android ke iPhone […]