ArenaLTE.com – Indonesia dianggap memiliki peluang besar bagi para pengusaha layanan jasa, termasuk dalam bisnis pencarian kerja. Sebuah situs lowongan kerja asal Singapura yang beralamat di Glints.co.id kini resmi melabuhkan dirinya di Tanah Air. Perusahaan mengklaim memiliki lebih dari 20 ribu kandidat pencari kerja, serta 2 ribu perusahaan penyedia lapangan kerja.

Glints yang berasal dari negeri Singapura, didirikan oleh tiga orang pemuda yang mengklaim memiliki inisiatif untuk berniat mengatasi isu pengangguran di dunia. Startup ini sendiri berhasil mendapatkan pendanaan dari investor yang mencapai 5,4 miliar. Demikian seperti keterangan resmi perusahaan, di sela pengenalan situs di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Di sela acara pengenalan situs, Oswald Yeo, CEO of Glints, mengungkapkan,”Setiap tahunnya, Indonesia memiliki lebih dari 2 juta lulusan baru yang mencari kerja. Namun, hal ini menjadi tantangan berat karena adanya jurang pemisah yang semakin melebar antara keahlian yang dibutuhkan sebagai pekerja dan pendidikan yang dikenyam,” ungkapnya.

Menurut Oswald, tantangan tersebut juga sebenarnya tidak hanya dirasakan para pencari lowongan kerja, namun juga oleh perusahaan pencari. Perusahaan juga dihadapkan pada kesulitan untuk mendapatkan kandidat muda yang memiliki pengalaman serta keahlian yang relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang dibutuhkan.

Dalam sesi wawancara langsung dengan redaksi, pihak Glints mengungkapkan bahw perusahaan saat ini memiliki porsi yang lebih besar sekira 60% diisi oleh perusahaan small medium Enterprises (SME).”Sedangkan untuk porsi lainnya adalah 50% perusahaan startup dan ada sekira 20% diisi oleh perusahaan besar, seperti halnya Adidas , Puma, Mig33 dan GrabTaxi,” jelasnya.

Sedangkan di sektor pencari kerja, Glints mengutarakan bahwa lebih fokuskan kepada pencari kerja fresh graduate, young profesional, dan lainnya yang tidak memilki banyak pengalaman. Namun, para pekerja dengan keahlian khusus memang lebih diutamakan.

“Sebagai anak muda, kami memahami benar tantangan karier yang dihadapi oleh orang-orang seusia kami. Mereka belum mengetahui secara jelas tentang karier yang mereka inginkan dan bagaimana mendapatkan keahlian yang tepat untuk bergelut di bidang tersebut. Kami berharap agar Glints mampu membantu jutaan anak muda di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan demi menggapai pekerjaan impian mereka,” jelas Looi Qin En, COO of Glints.