ArenaLTE.comChatting dengan layanan pemesanan instan tanpa emoji bak sayur tanpa garam. Emoji membantu pengguna menyampaikan perasaan terhadap lawan bicara dengan lebih baik dalam sebuah obrolan yang hanya berdasarkan tulisan. Kini kabarnya, format gif bakal gantikan emoji sebagai cara terpopuler untuk menyampaikan perasaan kita lewat layar smartphone.

Format yang digadang-gadang gif bakal gantikan emoji – merupakan file video terkompresi berdurasi dua atau tiga detik yang terus-menerus diulang, pada awalnya dibuat pada tahun 1980, dan menjadi fenomena online terbaru. GIF sendiri  merupakan singkatan dari graphic interchange format.  Format ini awalnya dibuat pada tahun 1987 dan digunakan pada loading layar PC. Tapi setelah itu gif hanya populer dalam forum-forum internet.

Sekarang munculnya smartphone telah memberikan GIF nyawa baru. Animasi singkat semakin sering digunakan untuk mengekspresikan emosi bukan kata-kata, dengan pengguna mengirimkan klip dari acara televisi atau film, dengan teks untuk menunjukkan bagaimana perasaan mereka.

Riffsy, sebuah perusahaan start-up telah mengembangkan keyboard gif alternatif untuk smartphone. Dengan melihat format gif bakal gantikan emoji, pihak pemodal berani mengucurkan dana besar untuk Riffsy. Mereka berhasil mengantongi $ 10 juta, sekitar Rp 13 miliar, dalam pendanaan setelah lebih dari setahun berdiri. Uang ini akan membiayai peluncuran versi aplikasi untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Google Android.

Sebagai contoh, gif yang sedang dipromosikan di homepage Riffsy memasukkan bintang pop dunia Katy Perry yang sedang mengedipkan mata, dan potongan dari serial TV Friends dimana aktris Jennifer Anniston sedang berteriak.

Riffsy mengatakan bahwa gif mereka sudah digunakan empat miliar kali setiap bulan. Investor bertaruh bahwa gif bakal gantikan emoji dalam hal penggunaan global.

Penggunaan gif telah didorong oleh Apple membuka sistem operasi IOS sehingga pengembang dapat membangun keyboard alternatif yang memudahkan untuk mengirim animasi. Facebook juga mulai mendukung gif pada bulan Maret. Lebih dari lima juta gif sudah sedang dikirim melalui Facebook messaging app setiap hari.