ArenaLTE.com – Meski menuai kontroversi akan kehadiran tombol baru dislike Facebook, namun rencana tersebut kabarnya akan tetap dijalankan oleh Mark Zuckerberg, pendiri situs jejaring sosial tersebut. Dirinya mengklaim, kehadiran tombol dislike atau tidak suka ini dihadirkan tanpa ada maksud yang jahat, karena ada tujuan lain yang ingin diberikan perusahaan.

Seperti dilansir dari laman Phonearena, Rabu (16/9/2015), chief executive officer sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, menyatakan bahwa situs jejaring sosial tersebut direncanakan akan segera dipasang tombol dislike. Hal tersebut disampaikannya karena perusahaan menginginkan tombol tersebut hadir untuk memberikan nuansa baru, serta reaksi penting dalam sebuah posting-an.

Mark mengungkapkan bahwa tombol tidak suka itu hadir bukan digunakan untuk sebuah kejahatan, namun lebih difokuskan sebagai reaksi sekali klik dalam sebuah posting seorang pengguna. Dirinya juga mengungkapkan, tombol tersebut diharapkan tidak digunakan untuk tidak menghormati orang lain.

Pendiri Facebook ini juga menyatakan bahwa tombol dislike diharapkan tidak digunakan untuk melecehkan seseorang, melalui statusnya. Dirinya tidak menginginkan situs kembangannya tersebut digunakan sebagai sebuah forum untuk suara posting atas atau bawa, sepeti yang dilakukan pada reddit. Zuckerberg berharap bahwa tombol tidak suka tersebut, digunakan lebih kepada reaksi empati.

Hal tersebut juga diterangkan oleh Mark mengenai penggunaan tombol dislike tidak tepat digunakan saat pengguna lain berbagi mengenai statusnya saat itu. Seperti halnya kehilangan pekerjaan mereka, meninggalnya orang yang mereka cintai, serta hal yang seharusnya perlu dukungan tidak tepat untuk digunakan dengan tombol ini.

Namun sayang, sentimentil atau perasaan empati seseorang banyak diungkapkan analis bisa beragam bentuk. Penempatan tombol dislike bisa saja memiliki arti yang berbeda, jika sudah tertekan kata maaf mungkin tidak hanya cukup untuk mengganti kesalahan tersebut.

Meski demikian, Zuckerber mengungkapkan bahwa pihak perusahaan telah melakukan banyak pendekatan, serta melakukan penelitian dengan uji coba tombol tidak suka tersebut. Tetapi sayangnya, pihak perusahaan tidak menjelaskan perihal mengenai data penelitian, serta wantu tes dan peluncuran tombol dislike akan segera dimulai.