ArenaLTE.com – Bagi pengguna aplikasi Facebook di Android, kini akan merasa lebih aman untuk menggunakan jejaring sosial tersebut. Pasalnya fitur keamanan kini semakin dipertajam mengikuti jejak Facebook di desktop. Wujudnya Facebook baru saja meluncurkan sebuah tool baru yang akan membantu para pengguna Android untuk mengamankan akun Facebook. Tools ini disebut Security Checkup dan sudah tersedia saat ini.

Fitur Facebook Security Checkup ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa akun mereka dan mengamankannya dengan lebih mudah. Dikutip dari ubergizmo.com, Facebook pertama kali meluncurkan fitur ini untuk Android karena sebagian besar pengguna Facebook mengakses media sosial ini melalui perangkat mobile. Kedepannya Facebook juga akan menyediakan Security Checkup untuk iOS.

Security Checkup memungkinkan Anda untuk keluar (log out) dari akun Facebook Anda saat Anda sudah jarang masuk ke akun Facebook, baik melalui browser atau aplikasi.Tools ini juga akan memperingatkan pemilik akun jika seseorang mencoba log in menggunakan akun milik Anda.

Security Checkup untuk Android bukanlah sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Tools ini dapat digunakan melalui Facebook Help Center. Akun Facebook sering menjadi target para penyerang siber karena mereka dapat mencuri data pribadi seseorang dan mengirimkan pesan spam pada daftar teman dari akun yang dicuri.

Facebook terbilang sering mendapat serangan berupa scam dan phishing. Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

Sementara phishing adalah upaya untuk meningkatkan akses ke akun Anda atau merekam informasi pribadi tentang Anda dengan meminta Anda memasukkan informasi masuk atau informasi sensitif lainnya ke dalam situs web palsu. Contoh phishing adalah saat Anda berupaya untuk masuk ke halaman masuk Facebook palsu, dan orang yang membuat halaman ini kemudian menggunakan informasi yang Anda masukkan untuk mengakses akun Facebook Anda dan mengirim spam ke teman Anda.