ArenaLTE.com – Mengklaim sebagai platform komunitas online asli Indonesia yang jumlah penggunanya terus berkembang, CrowdVoice berinovasi membuat konsep baru dimana semua orang bisa membangun komunitasnya sendiri sesuai minat dan hobi masing-masing.

CrowdVoice saat ini telah memiliki puluhan ribu pengguna terdaftar. Selain bisa diakses melalui website, platform ini juga menyediakan layanan lewat aplikasi. Aplikasinya telah diunduh lebih dari 10.000 kali di Google Play, dan lebih dari 200.000 unduhan di BlackBerry App World. Gani Software Pty Ltd, sebagai pihak pengembang CrowdVoice, juga berencana merilis aplikasi untuk iOS pertengahan tahun ini.

Startup tersebut kini mengembangkan sebuah konsep baru dimana penggunanya diberi kebebasan untuk membangun komunitas online yang mandiri. Hendrik Gani, co-founder CrowdVoice, mengataka pihaknya ingin pengguna bisa membangun komunitas online yang sukses dengan menggunakan CrowdVoice sebagai platformnya. “User bebas mau membangun komunitas seperti apa, fokus ke topik apa, dan aturannya seperti apa,” ujar Hendrik.

Sebagai informasi, komunitas-komunitas yang ada di forum ini dinamakan dengan istilah ‘sarang’. Pengguna yang levelnya telah memenuhi syarat kini diperbolehkan membuat serta mengorganisasikan ‘sarang’-nya sendiri. Pengurus sarang disebut Dedengkot Sarang (DS), terdiri dari: satu orang Ketua Sarang (KS) dan bisa dibantu oleh satu orang atau lebih Sesepuh Sarang (SS).

Setiap pengguna yang membuat sebuah sarang akan menjadi Ketua Sarang, dan memiliki hak untuk memilih siapapun pengguna lain untuk dijadikan Sesepuh Sarang di sarang yang dipimpinnya.
BACA: Layanan Live Video Streaming Zeemi Bidik Komunitas di Indonesia

CrowdvoiceSaat ini CrowdVoice telah mewadahi puluhan ‘sarang’ yang masing-masing memiliki ratusan hingga ribuan member. Mereka bisa menjalankan kegiatan komunitas secara bebas dan kreatif. Bahkan tidak jarang diadakan berbagai event seperti kopi darat, kegiatan sosial, lomba, hingga kuis untuk menyemarakkan kegiatan komunitas. Dengan inovasi konsep baru, perusahaan ini berharap dapat menjadi solusi alternatif bagi orang-orang yang membutuhkan wadah untuk membangun komunitas online di Indonesia.