ArenaLTE.com – Di jajaran perangkat komputasi, Lenovo memiliki portfolio ThinkPad X1 sebagai salah satu seri andalan yang diluncurkan setahun lalu. Di ajang CES 2017, mereka meluncurkan generasi baru produk-produk Lenovo ThinkPad X1 yang didesain secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dari tenaga kerja serta tempat kerja.

Seri ThinkPad yang merupakan legenda dalam komputasi bisnis selama hampir 25 tahun, berasal dari akuisisi Lenovo terhadap IBM, terus didesain dengan lebih baik. Sebagai landasan, rangkaian Lenovo ThinkPad X1 dikembangkan berdasarkan masukan dari pengguna, dengan banyak faktor yang menjadi pertimbangan saat proses desain berlangsung. Ada tiga seri di jajaran ThinkPa X1 yan diluncurkan di CES 2017, yaitu sebagai berikut:

 

Lenovo ThinkPad X1 Carbon generasi kelima

thinkpad-x1-carbonThinkPad X1 Carbon terlihat familiar, tapi jika diperhatikan dari dekat, ternyata ukurannya lebih kecil. Bahkan, selain menjadi notebook paling ringan di kelasnya dengan berat kurang dari 1.14 kg, ThinkPad X1 Carbon juga menjadi yang terkecil, merampingkan display IPS kualitas tinggi berukuran 14 inci ke dalam bentuk 13 inci.

Meskipun kecil, tidak ada fitur yang dikurangi. X1 Carbon terus berinovasi sebagai salah satu notebook paling tipis, paling ringan, dan paling tahan lama. Tempat port yang lengkap, kamera inframerah, konektivitas, dan keamanan, memastikan bahwa X1 Carbon akan memberikan kinerja maksimal. Enam baris keyboard ThinkPad dengan Microsoft Precision Touchpad yang ditingkatkan (dengan tombol fisik) dan TrackPoint yang ikonik menjadi faktor pelengkap.

Tersedia dalam warna hitam ThinkPad yang klasik dan warna silver, tidak diragukan lagi bahwa X1 Carbon ini menjadi pusat perhatian. Para pengguna  mengatakan bahwa daya tahan baterai adalah satu-satunya fitur paling penting dalam memilih ultrabook bisnis mobile, tapi tidak mengesampingkan pula keamanan dan konektivitas. Peningkatan yang Lenovo lakukan merupakan hasil langsung dari analisa masukan pelanggan dan pengujian pengguna.

Peningkatan terbaru, antara lain:

  • Daya tahan baterai yang cukup untuk berpergian jarak jauh hingga sampai ke tempat tujuan. Kini pengguna bisa menikmati daya tahan baterai hingga 15.5 jam, per MobileMark
  • Qualcomm Snapdragon X7 LTE-A Wireless WAN menawarkan kecepatan LTE lebih cepat tiga kali lipat dan pilihan WIFI CERTIFIED WiGig tetap ada, tapi sekarang bisa dijalankan bersamaan berkat penempatan antena yang telah didesain ulang.
  • Port ThunderboltT 3 juga tersedia dengan kecepatan transfer delapan kali lipat lebih cepat dibandingkan konektivitas display USB 3.0 dan 4k.Selain itu, terdapat juga beberapa port USB 3.0 tipe A dan HDMI.
  • Solusi docking yang diperluas dengan Thunderbolt 3 dan dock USB tipe C.

ThinkPad X1 Carbon diklaim sebagai notebook paling aman dengan peningkatan fitur authentication, antara lain:

  • ThinkPad memiliki authentication biometrik dengan tambahan IR kamera yang dilengkapi fitur pengenal wajah untuk Windows Hello logon.
  • Sensor sidik jari sentuh dari Match-on-Chip menambah lapisan keamanan. Data diproses di sensornya langsung dan semua rekaman sidik jari diatur di dalam unit pemrosesan sidik jari, sehingga bisa mencegah akses logon yang berbahaya.
  • Mendukung FIDO-enabled biometric authentication for PayPal. Intel Software Guard Extensions (SGX) mengamankan FIDO credentials dari pengguna dan sensor sidik jari Synaptics Natural ID memberikan keamanan tingkat perusahaan dengan enkripsi TLS 1.2. Proteksi tingkat perangkat keras ini memungkinkan pengguna untuk melakukan authentication layanan FIDO online, seperti PayPal, dengan menggunakan sidik jari dan bukannya kata kunci.

ThinkPad X1 Yoga

Laptop ini juga mengalami peningkatan dan tersedia dalam pilihan warna silver. Pelanggan yang mencari notebook serbaguna menginginkan pengalaman Windows 10 yang terbaik, namun tetap harus fleksibel, memiliki fungsionalitas maksimal, dan dilengkapi pen yang luwes. X1 Yoga memenuhi permintan ini.

Berkat pen yang telah didesain ulang dan bisa di-recharge, perangkat ini bisa beradaptasi dengan berbagai kebutuhan. X1 Yoga juga menawarkan pengalaman visual yang menawan, dan keyboard unik yang telah ditingkatkan. Peningkatan lainnya termasuk keamanan dan seperangkat port yang lengkap, antara lain Thunderbolt 3. Ikut penerbangan jarak jauh dengan banyak transit bukan lagi masalah, berkat daya tahan baterai hingga 15 jam.

Fitur-fitur utamanya, antara lain:

  • Pengguna akan mengagumi pilihan display notebook OLED berukuran 14 inci yang mereproduksi warna-warni menawan, hitam pekat, dan warna Adobe RGB 100 persen.
  • Intel Iris™ Graphics dengan bandwidth tinggi yang khusus, memori berkecepatan tinggi, memberikan kinerja maksimal dengan Intel® HD Graphics.
  • Lenovo mengembangkan ThinkPad Pen Pro for 2017 dengan menggunakan tip elastomer terbaru yang lembut. Dengan friksi yang lebih besar di kaca, pen ini memberikan pengalaman menulis yang lebih alami kepada pengguna.
  • Lenovo terus meningkatkan keyboardnya. Keyboard baru ini bisa diratakan jika dalam posisi tablet mode, menawarkan stabilitas dan kenyamanan yang lebih baik, serta mematenkan keycaps-nya membuat keyboard ini lebih tahan lama.

ThinkPad X1 Tablet

lenovo-x1-tabletDi tahun 2017 ini, tablet ThinkPad X1 menggabungkan desain 2-in-1 dengan fitur-fitur enterprise. Tablet X1 yang telah diuji MIL-SPEC dengan beratnya yang ringan, modularitas, dan kemampuannya memberikan layanan.

  • Modul tablet X1 menawarkan perluasan port dan daya tahan ekstra baterai hingga 5 jam, atau pilihan proyeksi yang terintegrasi untuk melakukan presentasi kerja.
  • Kemampuan memberikan pelayanan yang sudah disederhanakan dan dengan beragam pilihan docking, menjadikan tablet X1 ini sangat unik secara virtual saat dilepas dari keyboardnya (detachable).

Harga Lenovo ThinkPad X1 

  • ThinkPad X1 Carbon dibanderol mulai 19 juta, tersedia mulai Februari 2017.
  • ThinkPad X1 Yoga mulai 21 juta, tersedia mulai Februari 2017.
  • ThinkPad X1 Tablet mulai 14 juta, tersedia mulai Februari 2017.