ArenaLTE.com – Datang dengan wajah berbeda, membuat kedatangan Yotaphone menjadi perbincangan banyak pecinta gadget dunia. Kehadiran smartphone asal Rusia yang sangat ditunggu kehadirannya ini, diperkirakan sulit untuk merambah pasar Indonesia. Namun beruntung, pada seri kedua yang dilabeli dengan nama Yotaphone 2 kini bisa dipesan di Tanah Air melalui Blibli.com.

Namun perlu diingat, situs jual-beli online ini baru mengadakan sistem pre-order untuk Yotaphone 2. Dalam situs juga diungkapkan bahwa harga dibanderol berbeda, tergantung dari jenis Bank yang digunakan pembeli untuk bertransaksi. Tetapi, harga yang dibanderol sekira IDR 8 jutaan.

Seperti telah diketahui sebelumnya, Yotaphone 2 hadir dengan dua layar depan belakang, sehingga kerap kali ponsel ini dijuluki dengan ponsel dua wajah. Ponsel yang dikembangkan oleh produsen asal Rusia ini, hadir dengan dimensi layar utama 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Namun berbeda dengan layar kedua, luasnnya hanya 4,7 inci dengan resolusi 540×960 piksel.

yotaphone 2

Selain perbedaan dimensi dan resolusi layar antara bagian depan dan belakang, perbedaan lain yang cukup mencolok adalah jenis layar yang digunakan produsen. Pada layar sekunder tersebut, perusahaan menggunakan jenis layar e-paper monochrome yang hanya memiliki tampilan warna hitam dan putih. Sedangkan pada bagian depan, produsen menggunakan jenis layar LCD berwarna.

Seperti pada umumnya layar smartphone, pada layar bagian belakang pun bisa dioperasikan dengan sistem touchscreen. Walaupun pada dasarnya, bagian layar ini hadir dikhususkan untuk melihat notifikasi atau sekedar membaca e-book yang bisa dimanfaatkan dalam penghematan daya baterai.

Pada bagian layar sekunder ini juga, dimanfaatkan produsen untuk menampilkan widget untuk cuaca, jam, dan lainnya. Sedangkan pada bagian dapur pacunya, Yotaphone 2 hadir dengan dukungan dapur pacu prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad Core Krait 400, kecepatan 2,3GHz dan chip grafis GPU Adreno 330. Sedangkan untuk memori RAM menggunakan kapasitas 2GB, serta memori penyimpanan internal menggunakan kapasitas sebesar 32GB.

Namun sayangnya, pada bagian kamera ponsel ini hanya dibenamkan resolusi utama sebesar 8MP, dengan memanfaatkan aplikasi Google Camera. Hal yang cukup mengecewakan, pasalnya pengguna hanya bisa melakukan beberapa konfigurasi manual untuk timer, grid, HDR dan lampu Flash standar seperti layaknya ponsel Nexus dan Android One dari Google.

Untuk bagian depan kamera, dibenamkan resolusi sekira 2,1MP yang diklaim cukup untuk mendukung kegiatan foto selife pengguna. Pada bagian baterainya sendiri, Yotaphone 2 dibekali dengan baterai kekuatan 2.500mAh yang juga diklaim sudah mendukung jaringan 4G LTE.