ArenaLTE.com – Di jaman serba online seperti sekarang ini, menjual ponsel bekas mungkin bisa dilakukan dengan mudah. Anda tinggal memotret produk tersebut dari berbagai sisi, kemudian memajangnya di beberapa situs yang menyediakan layanan jual beli dengan memberikan deskripsi menarik serta kondisi sebenarnya. Setelah itu, tunggu ada calon pembeli yang menanyakan perihal produk tersebut. Harus sabar karena terkadang penawarannya cukup rendah.

Namun jika Anda memiliki banyak waktu sekaligus ingin jalan-jalan, menjual di pusat perbelanjaan yang memiliki sentra ponsel masih bisa menjadi pilihan yang menarik. Jika Anda berada di Jakarta, ITC Roxy Mas, Mall Ambasador, maupun ITC Cempaka Mas merupakan wilayah yang masih cukup segar bagi para reseller yang ingin mencoba menjual ponsel bekas dengan harga tinggi. Pasalnya, dengan sedikit trik promosi dan berjualan di sana, bisa memberikan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan menjualnya secara online.

“Kami sendiri mau menerima barang bila memang kondisinya bagus, setidaknya tampilan fisik luar tidak terlalu cacat benar kondisi 70 – 80% lah itu bisa kita kasih harga tinggi,” jelas salah satu penjaga toko ponsel Indokom, di Roxy Mas yang ditemui redaksi ArenaLTE.com.

Berarti, sudah jelas bahwa jika ingin menjual ponsel bekas dengan harga tinggi, Anda tidak bisa sekadar membawa barangnya saja ke toko ponsel. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum mulai menjual. Apa saja itu? Simak tips berikut ini.

Fisik Ponsel

Tak sedikit toko yang menolak bila tampilan ponsel memiliki kondisi kurang dari 70%. Artinya, tampilan sangat berantakan atau banyak cacat di bodi ponsel itu sendiri akan mengurangi harga atau bahkan tidak diterima toko. Untuk mencermatinya, belilah casing ponsel dengan kualitas biasa, tidak perlu yang orisinal untuk harga lebih murah dan kepercayaan pembeli.

Box Ponsel

Jangan pernah buang box atau bungkus ponsel ketika Anda membeli. Karena ketika akan menjual ponsel bekas, kotak asli pembungkus ponsel tersebut memiliki nilai lebih. Beruntung jika kondisi yang dimilikinya masih dalam keadaan baik tidak terlalu banyak cacat. Ponsel bekas yang dijual dengan kelengkapan boks pembungkusnya, kemungkinkan akan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding ponsel bekas lainnya yang dijual tanpa pembungkus.

Periksa Garansi

Hampir semua calon pembeli pasti menanyakan hal yang satu ini. Jika memang ponsel bekas yang ingin Anda jual memiliki nilai tinggi, periksalah dan yakinkan kepada pembeli bahwa ponsel ini masih memiliki garansi dari pembelian pertama Anda.

Cek Harga

Sebelum menjual langsung ke toko ponsel, sebaiknya Anda datang menyamar terlebih dahulu untuk mengetahui harga ponsel bekas yang memiliki tipe yang sama dengan yang Anda jual. Hal tersebut untuk perbandingan atau ukuran saat ingin menjual ponsel. Namun demikian, hal ini juga bisa Anda selidiki melalui jalur online untuk penilaian dan harga yang lebih pas, sebelum benar melepasnya.