ArenaLTE.com – Beberapa produk baru yang dikeluarkan biasanya pasti dibekali dengan beragam fitur baru, salah satunya adalah koneksi 4G LTE. Teknologi jaringan generasi keempat yang sudah mulai bisa dinikmati di Indonesia ini, memang kerap menjadi fitur andalan bahkan jadi nilai jual bagi produsen ponsel saat ini. Namun sayangnya, ada beberapa produsen yang belum move-on untuk mengikuti tren pasar yang ada, sehingga butuh kecermatan memilih smartphone terbaru dan murah bukan 4G.

Mesti tak dipungkiri bahwa ponsel 4G yang ada saat ini memang sudah mulai dibanderol dengan harga murah. Namun sayangnya, hal tersebut tidak diikuti oleh banyak produsen yang baru menelurkan produknya saat ini, karena masih banyak beberapa smartphone saat ini belum mendukung jaringan tersebut.

Axioo M4S

Axioo M4S b

Sebenarnya sangat disayangkan bagi Axioo yang tidak coba move-on untuk mengikuti tren pasar sekarang. Padahal, smartphone terbarunya ini ditelurkan dengan potensi yang baik di pasar, karena terlihat dari spesifikasinya yang terbilang sudah terbaru. Sistem operasi yang digunakan sudah Android Lollipop dan dukungan chipset Mediatek MT6580 Quad-core cortex A7 berclockspeed 1.3GHz membuat ponsel ini cukup baik direkomendasikan. Harganya pun terbilang terjangkau yakni IDR 957.000. Tetapi tanpa dukungan koneksi 4G LTE, bisa menjadi batu sandungan produsen lokal ini.

Coolpad Max

coolpad max

Sebenarnya jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki smartphone terbaru ini, Coolpad Max sudah bisa menjalankan 4G LTE. Namun sayangnya, produsen mengungkapkan bahwa koneksi tersebut dikunci, meski kemungkinan suatu hari nanti akan dibuka atau bisa dibuka paksa oleh pengguna. Dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sekira IDR5 juta memang terlalu sayang untuk direpotkan harus membuka koneksi 4G itu sendiri.

Coolpad Max Lite

Coolpad-Max-Lite

Coolpad Max Lite sebenarnya tidak berbeda jauh jika dilirik dari spesifikasi yang digunakannya, dengan kandungnya Coolpad Max. Hanya perbedaan kentalnya ada pada layar yang lebih lebar, dan harga yang dibanderol lebih murah sekira IDR3 jutaan. Namun sayangnya, pendatang baru ini sama tidak dukung dengan koneksi jaringan generasi empat 4G, makanya terlalu sayang bila dibandingkan dengan produk di level harga yang sama untuk memilikinya.

OnePlus X

OnePlus-X

Tak berbeda jauh dengan kedua produk Coolpad diatas, OnePlus X juga dibungkus dengan penjualan dalam versi 3G. Namun, bukan berarti koneksi tersebut tidak bisa digunakan oleh pengguna, produsen percaya bahwa nantinya pengguna bisa membuka ‘paksa’ sendiri koneksi tersebut. Tapi,  sayang juga yah, kalau harga IDR4 juta untuk perangkat yang belum bisa merasakan langsung 4Gnya.

Infinix Zero 3

infinix zero 3 2

Sepertinya, regulasi TKDN memang cukup memberatkan banyak produsen saat ini. Bukan hanya Coolpad dan Oneplus, seri Infinix Zero 3 pun memiliki nasib yang sama, yakni dikunci. Sehingga sulit untuk menikmati secara langsung koneksi internet 4G dari perangkat, padahal spesifikasi dan harganya mengiurkan. Seri ini diungkapkan hadir dengan dukungan kamera 20,7MP dan dibanderol sekira IDR2 jutaan, cukup menggoda bukan?

Huawei G8

Huawei-G8-a

Memiliki spesifikasi tinggi tidak serta merta menjanjikan bahwa produk tersebut memiliki fitur terbaru, yakni koneksi 4G. Apalagi ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi sekira IDR4,5 jutaan, mungkin perlu berpikir dua kali untuk membeli Huawei G8. Karena pada dasarnya ponsel saat ini harusnya sudah mendukung koneksi tersebut, karena lebih membuat nyaman untuk mengakses internet.

Evercoss Winner Y2+ Power

Evercoss WINNER Y2+ POWERProdusen smartphone merek lokal ini baru saja merilis Evercoss Winner Y2+ Power yang hadir dengan baterai berkapasitas besar 4.350 mAh. Perusahaan mengklaim smartphone bertahan hingga 7 jam penggunaan berat dan bisa 72 jam (3 hari) dengan penggunaan rendah atau sedang (chating dan browsing). Smartphone ini ditopang dengan prosesor Quad Core  1.3 Ghz, RAM 2 GB, internal memory 16 GB dan RAM 2GB. Kamera utama beresolusi 8 MP auto focus + double flash dan kamera depan 5 MP dengan flash. Ponsel 5 inchi dibanderol dengan harga IDR Rp 1.045.000.  Sayang sekali smartphone ini masih belum mendukung 4G LTE. Jaringan Evercoss Winner Y2+ Power hanya mendukung sampai 3G HSDPA. Ini tentu perlu menjadi perhatian bagi konsumen yang gemar mengakses internet dan membutuhkan koneksi cepat.