ArenaLTE.com – Melimpahnya smartphone di pasaran membuat para konsumen lebih leluasa memilih berbagai kategori produk dengan segala fitur dan varian harga yang beragam. Salah satu kategori yang sekarang ramai adalah smartphone selfie. Dari banyaknya ponsel di kategori ini, mana yang paling dicari di pasaran?

Menelusuri jalanan sempit pertokoan di bilangan Roxy Mas, Jakarta, ternyata kamera menjadi aset dan nilai jual yang kerap dimanfaatkan penjual ponsel. Melihat hal ini, tak salah jika para produsen kini menggadangkan kekuatan kamera untuk produk smartphone terbarunya. Maka tak salah, smartphone selfie kini menjadi nama tambahan dan senjata jualan toko.

“Tren selfie sudah lama hadir, tapi sampai sekarang tetap populer. Banyak orang yang tetap mencari ponsel dengan kamera depan dan belakang yang bagus dengan resolusi besar. Karena kan kamera besar bisa hasilkan gambar bagus, apalagi jika kamera depan oke, banyak dicari yang suka narsis,” jelas Nurlida, penjaga salah satu toko di Roxy Mas.toko-ponsel

Beberapa produsen besar seperti Samsung, Oppo, Lenovo, Asus, Huawei dan lainnya kini memiliki produk dengan senjata kamera yang besar. Bahkan, beberapa di antara produsen tersebut mengklaim produknya sebagai smartphone selfie untuk menyatakan ada nilai besar pada produk besutannya.

Abdul, salah satu penjaga toko Indokom di Roxy Mas mengatakan kepada ArenaLTE.com saat ini smartphone selfie dari produsen sudah semakin bagus, termasuk yang dari vendor. Walau demikian, ponsel yang berasal dari China terlihat mulai mendominasi.

Baca :
Perbandingan Teknologi & Fitur 3 Smartphone Kamera Selfie Unggulan
8 Tips Memotret Selfie Agar Tampil Maksimal
Live Broadcasting dari Smartphone, Tren Baru Setelah Selfie

Menurut analis pasar Canalys, Jessie Ding, yang dikutip dari laman Bloomberg menyebutkan bahwa konsumen kini lebih menimbang kualitas dan layanan yang dibanding harga. Bahkan, smartphone dari China telah memiliki pangsa pasar sebesar 40% di industri saat ini.

Beberapa nama seperti OPPO , Huawei, Xiaomi, OnePlus, Meizu, Coolpad, ZTE, merupakan sederet pemain smartphone asal negeri Tirai Bambu yang cukup populer di kalangan masyarakat. Smartphone tersebut membanjiri pasar yang merangsek di berbagai segmen.

Rata-rata, harga smartphone ponsel China saat ini di kategori produk kelas menengah atas, dibanderol dengan harga IDR3 jutaan. Rasanya harga yang pantas terutama untuk smartphone selfie yang mengedepankan kualitas kameranya.

Smartphone Selfie Paling Laku

Smartphone selfie bisa dikategorikan atau dikelompokkan ke dalam produk kelas menengah. Dan seperti diutarakan di atas, hal itu tentunya dikarenakan ada nilai jual pada produk tersebut. Salah satunya adalah kamera yang kini menjadi senjata jualan toko. Lalu siapa saja pemain smartphone selfie atau produsen yang menggadangkan kamera pada produknya di pasar Tanah Air saat ini?

OPPO, Asus adalah produsen yang berhasil menarik pasar dengan menyematkan nama smartphone selfie pada produk besutannya. Namun, hal itu tidak menyurutkan Lenovo dan Huawei untuk ikut dalam pertarungan produk kategori smartphone selfie di pasaran. Berdasarkan survei pasar yang kami lakukan, seri OPPO F1S masih menjadi juara satu yang menjadi andalan toko untuk berjualan. Selanjutnya disusul dengan Asus, Lenovo, dan Huawei.

Nurlida mengakui cukup senang dengan kehadiran Oppo F1S. ”Ya, seneng sih jualan jadi gampang. Banyak orang suka sama desiannya yang modis, trus kekuatan kamera depan dan belakang yang gede. Makanya gak salah produsen make nama selfie buat produk ini,” tambahnya.

Oppo F1s

Sejalan dengan Nurlida, Abdul dari Toko Indokom juga mengakui bahwa tempatnya berjualan bisa menghabiskan unit Oppo Selfie F1S lebih banyak dari produk lainnya. ”Di sini OPPO F1S bisa terjual 10 sampai 12 unit tiap harinya, banyak yang nyari ini produk,” ungkapnya.

Dirinya juga menerangkan OPPO F1S yang dijual sekitar IDR3,7 jutaan, cukup diminati walaupun harganya hampir menyentuh angka 4 juta. Menurutnya, kamera depan dengan besaran mencapai 16MP dan kamera belakang 13MP adalah harga yang sebanding ditambah lagi dengan fitur pendukung di dalamnya.

Menyusul Oppo Selfie F1S yang menjadi produk utama di wilayah ini, di posisi kedua yang diungkapkan cukup dicari orang adalah Asus Zenfone Selfie, serta Lenovo Vibe 1S, dan tak sedikit yang menanyai produk dari Huawei.