ArenaLTE.com – Saat ini, rasanya seperti hal yang mustahil kalau smartphone RAM 2GB bisa berjalan dengan begitu maksimal. Ya, hal itu mungkin saja terjadi jika Anda menandinginya dengan ponsel pintar RAM 4GB yang menjadi persenjataan ponsel premium sekarang. Namun, meski diatas kertas ponsel ini kalah jauh dari kelas high-end, tapi kalau sekedar menjalankan sistem komputasi yang tidak ‘rumit’ dan hanya standar rasanya hal itu memungkinkan.

Masyarakat Indonesia bisa dibilang sebagai konsumen yang sudah melek mata, terutama untuk mengetahui spesifikasi ponsel yang ingin dibelinya. Pun demikian hal itu juga harus diimbangi dengan banderol harga yang terjangkau, maklum setiap orang selalu ingin mendapatkan suatu hal yang istimewa namun miring harga.

“Ya kalau disini emang paling laku ponsel IDR2 jutaan, paling laris seharinya bisa ah 20 atau 15 unit keluar setiap harinya. Apalagi di range harga segitu, spesifikasinya tidak terlalu ngecewain. Sekarang pembeli udah melek, tau mana ponsel spek bagus sama nggak, meski harga juga yang akhirnya menentukan dia mau beli,” jelas Yanto, penjaga toko ponsel Roxy Mas, di Jakarta.

Besok sudah masuk dalam weekday pertama di April 2016, tak ada waktu lagi untuk melihat ke lapangan ponsel pintar mana yang mumpuni dengan harga murah untuk dimiliki. Berikut kami hadirkan informasi jajaran smartphone RAM 2GB yang dibanderol di bawah harga IDR2 juta yang patut dilirik.

Asus Zenfone Go ZC550

asus zenfone go

Tidak terlalu sulit bila merangkum informasi jajaran smartphone RAM 2GB yang dibanderol murah saat ini, terutama bila melirik produsen asal Taiwan, Asus. Semenjak kehadiran di industri smartphone sudah banyak jajaran ponsel beragam kelas dihadirkannya, salah satunya adalah Zenfone Go.

Dibanderol dengan harga IDR1,6 jutaan tak lantas membuat ponsel ini bisa diremehkan begitu saja, pasalnya spesifikasi yang ditawarkannya cukup gahar. Seperti dimensi layar yang sudah cukup besar mencapai 5 inci, serta dapur pacu dari prosesor Mediatek MT6580 dengan RAM 2GB. Namun sayangnya, pada bagian kamera seri ini membawa resolusi yang mencapai 8MP utama, serta 2MP bagian depan.

Asus Zenfone Laser ZE550

asus-zenfone-2 LASER 6.0 ZE601KL

Dari keluarga Zenfone lainnya yang memiliki performa RAM 2GB dengan harga murah milik Asus adalah seri Laser ZE550. Harga yang bisa didapatkan oleh produsen memang sekira IDR1,9 jutaan, meski beberapa toko masih ada yang membanderolnya mencapai IDR2,1 jutaan.

Untuk seri ini Asus memberikan luas layar mencapai 5,5 inci dengan panel LCD IPS Full HD 1080p, serta balutan desain bodi alumunium. Pada bagian dapur pacu sudah dibekali prosesor Snapdragin 615, serta sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop. Sedangkan untuk kamera, seri ini membawa resolusi 13MP untuk utama dan bagian deoan 5MP.
BacaReview Lengkap Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL

Lenovo A6010

Lenovo A6010

Hadir dengan bentang layar 5 inci, Lenovo A6010 termasuk smartphone RAM 2GB yang bisa diandalkan buat aktivitas multimedia. Tidak berjalan lamban dan cukup luas untuk menikmati tontonan. Dan harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, yakni sekira IDR1,7 jutaan.

Lenovo A6010 menawarkan performa kelas menengah bawah melalui dapur pacu Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang sudah memiliki empat inti (quad core) 1.2 GHz Cortex-A53. Sementara kamera utama tampil dengan sensor 13MP dilengkapi LED flash. Resolusi maksimal yang bisa diraih 4208×3120 piksel pada mode 4:3.

Lenovo S860

Lenovo S860

Ponsel ini sendiri sebenarnya sudah resmi dikenalkan sejak 2014, hingga saat ini Lenovo S860 dibanderol dengan harga IDR1,5 jutaan. Dan seperti yang diungkapkan diatas, seri ini juga membawa dapur pacu memori RAM 2GB dengan prosesor Quad Core Mediatek MT6582.

Sedangkan untuk sisi dimensi layar sudah membawa dimensi mencapai 5 inci, serta kamera utama yang hadir dengan kekuatan resolusi 8MP utama dan kamera depan 2MP. Namun sayangnya, seri ini hanya membawa sistem operasi lawas, yakni Android 4.0 Jelly Bean.

Xiaomi Redmi Note 2

Xiaomi-Redmi-Note-2...

Produsen asal negeri Tirai Bambu, China, Xiaomi memang terlihat cukup agresif menggempur pasar smartphone lokal dengan beragam seri ponsel. Namun beruntungnya, ponsel yang dijajakan di pasaran tidak melebihi harga sebuah motor seperti beberapa kompetitor lainnya. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 2, ponsel pintar yang menggunakan RAM 2GB dengan banderol hanya sekira IDR1,9 jutaan.

Harga menengah memang sepertinya harus dimaklumi dengan spesifikasi yang rata-rata ponsel sekelas di pasaran. Persenjataan yang ditanamkan Xiaomi juga tidak bisa dibilang tinggi alias hanya standar. Seperti halnya prosesor  system on a chip (SoC) octa-core MediaTek Helio X10, 2GB RAM, memori internal 16GB atau 32GB, baterai berkapasitas 3060 mAH, dual SIM LTE serta display berdiagonal 5,5 inci 1080p.

Infinix X600 Note 2

-infinix-note-2-

Sebenarnya seri ini memiliki nama yang bermakna membiungkan, pasalnya meski serbekal nama Note tetapi tidak menggunakan piranti pendukung pena digital pada produk Samsung. Namun, hal ini bisa digolongkan karena layarnya yang cukup besar mencapai 5,9 inci.

Meski demikian harga sekira IDR2 juta dirasa sudah cukup menutup kekurangan produk Infinix Note 2 ini. Pasalnya, dukungan dari prosesor octa core Mediatek 6753 64-bit, RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB yang dapat diekspansi hingga 32GB cukup menjadi pemuas pengguna. Infinix Note 2 juga hadir dengan balutan layar dimensi 5,9 inci yang cukup luas. Kamera utamanya hadir dengan resolusi sebesar 13MP, dan kamera depan dibekali resolusi 2MP.

ZTE Blade A711

ZTE-Blade-A711-1

Untuk bersaing dengan pasar global smartphone, memang dibutuhkan sebuah strategi unik dan menarik, salah satunya adalah spesifikasi dan harga yang murah. ZTE Blade A711 hadir dengan dukungan memori RAM 2GB, serta banderol harga yang sekira IDR1,8 jutaan saat ini. Strategi yang cukup menarik dan menjadi nilai jual yang besar tentunya.

Untuk spesifikasinya sendiri, ZTE Blade A711 hadir dengan menggunakan dimensi layar 5,5 inci dengan panel LCD IPS. Serta sokongan dapur pacu dari prosesor Qualcomm Snapdragon 615, serta GPU Adreno 405 dan OS Android 5.1 Lollipop. Pada sisi kamera, seri ini membawa dukungan resolusi utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Meizu Note 2

meizu-m2-note

Awal penjualannya, Meizu Note 2 dipasarkan hanya lewat toko online saja. Harga yang disematkan untuk produk ini, sekira IDR1,9 jutaa saat ini, dan memori RAM 2GB menjadikan ponsel ini wajib dimasukkan dalam daftar rekomendasi.

Meizu M2 Note sudah mendukung  jaringan 4G TDD-LTE dan FDD-LTE, spesifikasi di area dapur pacu cukup menarik. Sudah disuntik prosesor 64-bit MT6753 octa core ber-clockspeed 1,3GHz Cortex A53 ditandemkan dengan pengolah grafis Mali-T720 GPU. Seri ini juga sudah membawa sistem operasi Android Lollipop, dengan dimensi layar 5,5 inci dan kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Hisense Pureshot

review hisense pureshot

Terlalu sayang jika tidak memasukkan Hisense Pureshot untuk dalam daftar beli ponsel bulan ini. Smartphone hybrid yang bisa berjalan dengan jaringan CDMA dan GSM ini, dipastikan juga sudah mendukung jaringan 4G di semua pita frekuensi operator. Selain itu, ponsel ini juga sudah dibenamkan memori RAM 2GB yang dibanderol dengan harga IDR1,9 jutaan.

Sedangkan untuk dapur pacu, seri ini hadir dengan sokongan prosesor octa core 64-bit, Qualcomm Snapdragon 415 berclockspeed 1.4GHz menjadi andalan Hisense PureShot. Selain itu, fitur andalannya yakni kamera termasuk sektor yang cukup mengagumkan. Keberadaan kamera depan 5MP yang didukung LED flash masih sangat langka, selain itu kamera utama hadir dengan dukungan 13MP.
Baca: Review Lengkap Smartphone 4G LTE Canggih Hisense Pureshot