ArenaLTE.com –  Regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang kurang jelas sampai sekarang menjadi ganjalan buat sebagian besar vendor untuk masuk secara resmi ke Indonesia. Di sisi lain, regulasi yang inkonsisten ini malah menyuburkan masuknya produk-produk tak resmi. Ada beberapa seri smartphone populer merek ternama yang ditengarai masuk lewat ‘jalan tikus’.

Menurut beberapa vendor, aturan TKDN tidak dijaga pemerintah untuk dilaksanakan di pasar. Sehingga barang alias smartphone populer (khususnya berbasis 4G LTE) yang masuk ke Indonesia pun jadi sembarangan.

Lihat saja membanjirnya Xiaomi di berbagai situs jual beli online. Banyak sekali keluaran baru dari sang vendor yang dipajang. Padahal sekarang ini tak banyak seri Xiaomi yang lolos sertifikasi. Atau melimpahnya transaksi seri iPhone terbaru di sentra ponsel. Permasalahannya, ada beberapa seri yang disinyalir belum lolos aturan TKDN.

Nah, berikut beberapa smartphone populer yang diduga belum resmi masuk Indonesia tapi bisa ditemukan di pasaran dan sudah dijual bebas.

iPhone 6S Plus (harga: IDR 10-12 jutaan)

iPhone 6S plusSeri ini merupakan smartphone populer yang banyak dicari oleh penggunanya di Tanah Air. Meskipun harganya selangit tidak menjadi halangan buat para peminat memburunya. Termasuk belum resmi masuk ke negeri ini, namun sangat mudah mendapatkan Apple iPhone 6S. Selain banyak beredar di situs jual beli online, kalian juga bisa mendapatkannya di beberapa sentra ponsel dan forum dunia maya.

Apple iPhone 6S Plus di banderol di kisaran IDR 10 – 12 jutaan. iPhone terbaru ini memperkenalkan 3D Touch yang diklaim menyajikan cara baru lebih mengasyikkan dalam mengakses fitur dan berinteraksi dengan konten. Didukung dengan display Retina HD terbuat dari lapisan kaca terkuat dibanding smartphone lain.

Dikemas menggunakan 7000 series aluminum, komponen yang juga dipakai industri aerospace. Tak ketinggalan dukungan chip 64-bit A9 yang didesain khusus oleh Apple. Di sektor fotografi tertanam kamera 12MP iSight dan kamera 5MP dengan FaceTime. Serta disokong jaringan 4G LTE dan sensor sidik jari Touch ID. Menancapkan sistem operasi iOS 9.

iPhone SE (harga IDR 6-7 jutaan)

Iphone SEApple iPhone SE merupakan smartphone 4 inci nan canggih karena mengusung prosesor sama dengan yang ada di iPhone 6S. Berbasis CPU A9 64Bit Dual-core 1.84GHz + Co-Processor M9 dan GPU PowerVR GT7600. Disokong RAM 2GB untuk mendongkrak kinerjanya.

Bodinya dibalut aluminum yang menghasilkan tekstur seperti satin. iPhone SE juga mengusung co-prosesor gerak M9 yang hemat daya dan berfungsi untuk mengukur aktivitas keseharian kita.

iPhone SE juga memiliki kamera utama 12MP plus dual LED flash yang sanggup menghasilkan gambar terbaik dan merekam video 4K. Kamera depan tersedia dengan kekuatan 1.2MP. Tak hanya mengambil gambar dan video, Anda pun bisa mengedit hasilnya langsung di iPhone SE. Tak ketinggalan sensor sidik jari TouchID mendukung keamanan pengguna. Seri dengan layar 4 inci (1136 x 640 piksel) ini sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Blackberry Priv (harga IDR 7-8 jutaan)

blackberry-privBlackberry rasa-rasanya belum memasukkan perangkat baru secara resmi ke Tanah Air. Tapi anehnya, Blackberry Priv  sudah melenggang bebas di sini. Dari pantauan kami, beberapa situs jual beli online tampak memajangnya dengan garansi toko.

Dapur pacu ponsel BlackBerry Priv diketahui menggunakan prosesor 64 bit yang dipadukan keberadaan chipset dari Qualcomm Snapdragon 808 six core (Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57 & quad-core 1.44 GHz Cortex-A53). Smartphone ini didukung Android for Work pada platform BES12. Blackberry Priv mengusung, RAM 3GB, GPU Adreno 418, serta berjalan menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

BlackBerry Priv juga akan dilengkapi kamera belakang 18 megapiksel dengan sensor BSI (BackSide Illuminated) dengan aperture f/2.0 yang dibekali dengan kemampuan phase-detection, autofocus, dan OIS (Optical Image Stabilization), serta dual LED flash. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor berkekuatan 5 megapixels. Seri ini juga mendukung jaringan 4G LTE dengan baterai berkapasitas 3410mAh.

Xiaomi Mi Max (harga IDR 3-3,5 jutaan)

xiaomi mi max 3Xiaomi Mi Max adalah smartphone populer yang hadir dengan ukuran 6.44 inci Full HD (1920 X 1080) display. Didukung dengan Snapdragon 650, 3GB RAM dan 32GB ROM. Smartphone ini juga dilengkapi kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan 5-megapiksel. Xiaomi Mi Max mengadopsi MIUI 8 terbaru (berbasis Android 6.0 Marshmallow).

Soal keamanan, Xiaomi Mi Max memiliki sensor sidik jari di belakang. Seri dengan ketebalan 7,5mm ini punya bobot 2013 gram serta dilengkapi dual nano SIM card. Untuk konektivitas, Mi max dilengkapi dengan WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth: v4.2, A2DP, LE, A-GPS, GLONASS, BDS, Infrared, NFC dan baterai non removable berkapasitas 4850mAH.

Xiaomi Mi 5 Pro (harga IDR 6-7 jutaan)

xiaomi mi 5 pro

Smartphone ini adalah flagship dari Xiaomi didukung layar 5,15 inci dengan bezel super tipis. Buat urusan fotografi, seri ini dilengkapi  kamera bersensor Sony IMX298 16MP dengan OIS 4-Axis dan mendukung video 4K. Sementara kamera depan mengusung resolusi 4MP, f/2.0.

Hadir dengan dukungan Dual SIM, Anda pun bisa memilih untuk memanfaatkan slot SIM 2 untuk kartu microSD tambahan. Dapur pacunya sangat ngebut dengan dukungan prosesor quad core Snapdragon 820 terbaru (Dual-core 2,15GHz + Dual-core 1,6GHz). Guna mendongkrak kinerja dibenamkan RAM 4GB dan memori internal 128GB.

Disuplai pula Qualcomm Quick Charge v3.0 terbaru yang 38% lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Berbagai teknologi terkini menyisip dalam ponsel ini seperti NFC, Fingerprint reader dan Infrared Port, Mi 5 juga mendukung standar 4G masa depan yakni VoLTE (Voice over LTE).

Xiaomi Redmi Note 3 Pro (harga IDR 2,6-2,7 jutaan)

xiaomi redmi note 3 proXiaomi Redmi Note 3 Pro merupakan penerus seri Xiaomi Redmi Note yang kini sudah memasuki generasi ke-3. Smartphone populer ini mengusung nama ‘Pro’ untuk membedakan dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon yang dipakai. Penggunaan prosesor Snapdragon 650 dari Qualcomm membuat kinerja Xiaomi Redmi Note 3 Pro jadi jauh lebih meningkat.

Dikombinasikan dengan RAM 3GB dan GPU Adreno 510 yang canggih, aplikasi maupun game kelas HD dapat dijalankan tanpa kendala. Penggunaan sistem Dual-Channel untuk memori pun membuat kinerja maupun multitasking berjalan lebih mulus tanpa gangguan.

Layar besar 5.5 pada Redmi Note 3 Pro sudah mengusung resolusi Full HD. Seri ini disuplai dengan sensor sidik jari, kapasitas baterai yang besar 4050mAh, serta desain metalik yang khas dan elegan.

Resolusi kamera utama 16MP untuk menampilkan gambar dan video yang super tajam dan dilengkapi kamera depan 5MP. Xiaomi Redmi Note 3 Pro memiliki baterai 4050mAh yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 32 jam atau memiliki durasi standby selama 264 jam di jaringan 4G. Kapasitasnya yang besar juga didukung oleh kemampuan Fast Charge sehingga Anda pun bisa menggunakannya lebih lama.

Xiaomi Redmi 3 (harga IDR 1,6-1,7 jutaan)

xiaomi redmi 3Xiaomi Redmi 3 menyasar kelas mid-entry. Dilengkapi dengan prosesor berarsitektur 64-bit Snapdragon 616 Octa-core dan RAM 2GB. Sementara urusan gaming, Redmi 3 mempercayakan pada Adreno 405 yang dikenal tangguh untuk menjalankan game HD.

Redmi 3 juga diperkuat oleh rangka magnesium alloy yang menjanjikan perlindungan menyeluruh namun tetap ringan. Disuntik kamera utama 13MP f/2.0, Redmi 3 menjanjikan kemampuan fokus yang cepat hingga 0,1 detik. Untuk kamera depan, smartphone ini punya resolusi 5MP. Soal baterai staminanya kuat dengan kapasitas 4100mAh. Seri ini mendukung jaringan 4G LTE.

Meizu Pro 6 (harga IDR 6-6,5 jutaan)

meizu pro 6 homeMeizu Pro 6 mengusung panel Super AMOLED 5,2 inci ditunjang resolusi full HD 1080p. Salah satu fitur ‘pembunuh’ dalam Meizu Pro 6 adalah layar yang dibenami teknologi 3D Press alias versi alternatif dari 3D Touch. Sebagai pelindungnya, smartphone populer ini punya proteksi anti gores Gorilla Glass 3 yang dibikin cembung.

Menyisipkan chipset MediaTek Helio X25. Sebuah ‘jantung’ mungil yang memiliki 10 inti dan dibenami dengan GPU Mali-T880. Kasarnya, chipset ini adalah versi overclock dari X20. Tapi berbeda dengan rumor sebelumnya, ternyata perangkat ini hanya dibenami RAM 4GB bukan 6GB.

Sensor kameranya pun tak tanggung-tanggung mengandalkan resolusi 21.1MP berukuran  1 /2.4 inci dan memiliki Laser serta phase-detection AF. Kamera depannya berkekuatan 5MP. Baterainya berkapasitas 2560mAh. Untungnya sudah mendukung fast charging berkat keberadaan 24W mCharge 3.0. Sementara memori internal yang tersedia ada dua opsi yakni 32GB / 64GB.

Soal konektivitas, smartphone ini punya USB 3.1 Type-C port di bagian bawah sebelah loudspeaker (mSound, NXP Smart PA system). Bodinya dirancang dari bahan logam lengkap dengan tombol home di bagian depan bawah yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.