ArenaLTE.com –  Meski bukan barang koleksi yang banyak diminati para kolektor, namun beberapa produk ponsel BlackBerry (BB) ternyata masih memiliki banyak penggemarnya. Beberapa jajaran toko ponsel area ITC Roxy Mas, Jakarta, Kamis (27/8/2015), menyebutkan meski tidak banyak namun ponsel BB masih cukup diminati dan dicari pengguna setiap harinya.

Indokom, salah satu toko retailer yang menjual produk smartphone untuk mendistribusikan langsung ke toko, maupun pembeli langsung mengungkapkan bahwa beberapa seri BlackBerry masih diminati pengguna. Hal tersebut diungkapkan karena banyak pengguna yang masih menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), serta menyenangi keyboard fisik.

“Memang tidak banyak peminat BlackBerry setiap harinya, namun beberapa konsumen masih ada yang berminat dan mencari produk BB. Setidaknya lima atau sepuluh produk dipastikan keluar, jauh jika dibandingkan dengan ponsel basis Android kelas menengah,” jelas Annisa, salah satu pramuniaga toko.

Menurutnya, keyboard fisik merupakan alasan satu-satunya dan penjelasan serta informasi mengenai kemampuan baru produk, adalah salah satu penunjang produk dibeli pembeli. Beberapa produk yang cukup diminati tersebut adalah.

1BlackBerry Q20 Classic

Fungsi dan desain model yang bisa dioperasikan dengan layar sentuh, serta tombol touchpad yang menjadi ciri khas BlackBerry merupakan alasan utama pengguna mencari ponsel BB Q20 ini. Selain itu juga, produk ini sudah mengadopsi sistem operasi BB 10.3 dan diklaim sudah bisa menjalankan beberapa aplikasi basis Android.

Untuk spesifikasinya, Smartphone BlackBerry Q20 Classic dibekali dengan dimensi layar Super AMOLED dengan dimensi 3.5 inci, serta dukungan resolusi 720 piksel. Serta diklaim sudah mengadopsi teknologi jaringan 4G LTE, dengan persenjataan kamera utama sekira 8 MP dan kamera depan 2 MP.

Saat ini, ponsel BlackBerry Q20 Classic dijual dengan harga sekira Rp4,8 jutaan, namun untuk ponsel yang sudah dipakai atau second condition dibanderol sekira Rp3 jutaan.
Baca: Spesifikasi BlackBerry Q20 Classic

2BlackBerry Q5

Kekuatan baterai merupakan alasan yang sering digaungkan para pramuniaga toko, selain tentunya keyboard fisik menjadi alasan tambahan lain. Namun sayang, desain plastik yang terasa licin memang perlu diperhatikan pengguna. Karena meski ada keyboard fisik namun ponsel juga bisa dengan mudah tergelincir dari pegangan tangan.

Smartphone BlackBerry Q5 hadir pada pertengahan tahun 2013, hadir dengan dukungan prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon S4 Plus serta memori RAM yang sudah berkapasitas 2 GB. Lainnya adalah kamera utama yang terbilang kecil saat ini, hanya menggunakan resolusi 5 MP dengan kamera depan 2 MP.

Produk yang cukup diminati ini, dibanderol sekira Rp2 jutaa harga yang diklaim tidak terlalu jatuh meski sudah berada di pasaran cukup lama.
Baca: Spesifikasi BlackBerry Q5

3BlackBerry Z3 Jakarta

Bukan hanya nama Jakarta yang menjadi alasan banyak pengguna mencari seri ini, namun kemampuan dioperasikan dengan touchscreen menjadi satu fitur yang turut membantu pengguna ingin membeli seri ini. Ditambah lagi ponsel BlackBerry iini sudah mengadopsi BB OS 10.3, sehingga memungkinkannya untuk menjalankan aplikasi basis Android dengan baik.

Untuk bagian dapur pacu, Z3 dibekali dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon S400 Dual Core, serta memori RAM 1.5 GB. Lainnya adalah memori penyimpanan internal yang memiliki kapasitas 8 GB dan dapat diekspansi hingga mencapai 32 GB. Untuk kamera, seri ini mengandalkan resolusi 5 MP utam dan kamera depan sebesar 1.1 MP.

Smartphone BlackBerry Z3 yang dibekali kemampuan layar sentuh ini, hadir dengan dimensi layar 5 icni dan panel dengan teknologi Super AMOLED. Sedangkan untuk harga, beberapa toko membanderol sekira Rp2 jutaan untuk produk baru.
Baca: Spesifikasi BlackBerry Z3 Jakarta

4Smartphone BlackBerry Q10

Seri kandung dari Q5 ini, hadir dengan desain yang lebih elegan dari sebelumnya tersebut. Memiliki desain kontur bodi kulit, meski terbuat dari hard plastik. Kamera sebesar 8 MP utama dan depan 2 MP merupakan salah satu alasan pengguna memilih seri ini, dibandingkan dengan adik kandungnya tersebut.
Baca: Spesifikasi BlackBerry Q5

Spesifikasi lain masih sama dengan sebelumnya, dibekali dengan layar 3.1 inci dan pengoperasian layar sentuh. Serta juga sudah menggunakan panel LCD Super AMOLED dengan dukungan resolusi HD 720p. Saat ini, BlackBerry Q10 hadir dengan banderol Rp3,8 jutaan harga yang cukup diminati banyak pembeli dan pecinta produk BlackBerry di Tanah Air. (bda)