ArenaLTE.com – Baterai bisa dibilang sebagai nyawa dari smartphone, maka tak salah jika kapasitasnya menjadi perhitungan yang paling diutamakan pengguna saat ini. Bahkan, smartphone baterai besar saat ini dijadikan sebagai nilai jual bagi produsen. Sekaligus menjadi alasan ponsel tersebut dibanderol lebih mahal.

Beberapa waktu lalu saat penulis pernah mengunjungi area pasar ponsel di Jakarta, banyak para pengunjung yang mengibaratkan baterai dengan pernyataan yang cukup unik. Ada yang mengungkapkan bahwa baterai adalah nyawa ponsel, dan tak sedikit orang menilai baterai adalah organ vital yang paling disyaratkan.

Salah satu pengunjung toko ponsel yang ditemui mengungkapkan, “Saat ini smartphone semakin canggih dan koneksi semakin tinggi, maka baterai pasti cepat habis. Beda dengan ponsel Nokia dulu, bahkan hape saya dulu bisa bertahan dipakai hingga 1 minggu,” jelas Hasan.

Berikut kami rekomendasikan smartphone baterai besar terbaik yang sudah ada di pasar Tanah Air saat ini.

Lenovo P1 Turbo

Seperti yang dijabarkan dalam boks penjualan resmi Lenovo P1 Turbo, di dalamnya tertulis bahwa baterai ini memiliki kapasitas yang besar mencapai 5.000 mAh. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa ponsel mampu diajak berakvititas lebih lama, dari ponsel dengan baterai standar yang ada saat ini.lenovo-p1-turbo

Beberapa waktu lalu kami telah mencobanya, dan hal itu terbukti dengan kekuatan baterai yang bisa diajak beraktivitas sehari penuh namun tidak benar menguras baterai sampai habis. Bahkan, dalam review yang dijalankan kami mampu memaksimalkan waktu 3 hari penuh dengan ponsel ini, namun bebas tanpa charging  ponsel kembali. Untuk harganya, Lenovo P1 Turbo hadir dengan banderol harga di pasaran mencapai IDR3,8 jutaan.
BacaReview Lenovo Vibe P1 Turbo, Tahan Tiga Hari dan Bisa Jadi Powerbank

Lenovo P1 M

Lenovo Vibe P1M

Seri ini sebenarnya masih masuk dalam keluarga Power Series Lenovo, karena P1 M hadir dengan bekal baterai yang mencapai 4.000 mAh. Dalam keadaan standby, smartphone ini bisa bertahan dalam kurun waktu 600 jam, namun saat digunakan untuk beraktivitas ponsel standar seri ini diklaim mampu digunakan hingga dua hari.

Lenovo Vibe P1 m saat ini dibanderol dengan IDR2 jutaan yang sudah dibekali dengan konektivitas 4G LTE, serta dimensi layar luas yang mencapai 5 inci dengan panel LCD IPS. Seri ini juga hadir dengan kamera utama sebesar 8MP, serta kamera depan yang membawa resolusi 5MP.

Lenovo A5000

Lenovo A5000

Masih dalam jajaran power series lainnya dari Lenovo, seri Lenovo A5000 adalah smartphone baterai besar dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas yang cukup besar bila dibandingkan dengan beberapa pesaing dikelas ponsel IDR2 jutaan yang ditawarkan kompetitor.

Untuk spesifikasinya sendiri, seri ini hadir dengan dukungan dimensi layar 5 inci dan panel LCD IPS. Namun sayangnya, seri ini hanya membawa persenjataan dapur pacu standar ponsel middle-end. Prosesor yang digunakannya adalah Mediatek MT6582, serta memori RAM sebesar 1GB dan ROM yang hanya berkapasitas 8GB.

Asus Zenfone Max

zenfone max

Selain persenjataan kamera dan memori sistem atau RAM yang besar, Zenfone Max juga diklaim hadir dengan dukungan baterai kapasitas 5.000 mAh. Besaran baterai yang bisa memanfaatkan ponsel untuk diajak bekerja hingga 3 hari penuh, dengan menjalankan sistem kerja standar.

Seperti namanya Max, ponsel bongsor yang hadir dengan dimensi layar 5.5 inci ini dibekali juga dengan kamera utama yang besar, memiliki resolusi mencapai 13MP dan kamera depan 5MP. Untuk mendukung pemrosesan sistem operasi mobile, prosesor Qualcomm Quad Core dan RAM 2GB siap untuk mendukung pacu kerja ponsel. Asus Zenfone Max saat ini dibanderol dengan harga sekira IDR27 jutaan dengan kapasitas memori penyimpanan internal 16GB.
BacaAsus Zenfone Max, Smartphone dengan Baterai Besar Mendarat di Indonesia Seharga 2 Jutaan

Infinix Note 2

infinix note 2 lte (5)

Seri Infinix Note 2 kebetulan juga pernah kami review, kapasitas baterai yang mencapai 4.000 mAh memang membuktikan ponsel mampu diajak beraktivitas 2 hari penuh dengan baik. Ditambah lagi ponsel ini sudah mendukung fitur sebagai pencatu daya bagi ponsel lainnya, hal ini bisa dimanfaatkan pengguna melalui konektivitas USB On-The Go (OTG).

Smartphone ini menunjukkan spesifikasi yang cukup menggiurkan dengan dukungan prosesor octa core berclockspeed 1.3GHz serta RAM 2GB. Selain itu, sektor fotografinya termasuk impresif berkat kamera 13MP dan kamera depan 2MP. Saat ini, di pasaran harga Infinix Note 2 dibanderol sekira IDR2 jutaan.
Baca: Review Infinix Note 2 LTE, Baterai Besar Bisa untuk Powerbank, Harga di Bawah 2 Jutaan