ArenaLTE.com – Hasil koreksi pasar minggu ini mencatat bahwa smartphone Android 2 jutaan masih menjadi banyak incaran pengguna. Hal itu diungkapkan oleh sebagian besar jajaran toko di area Roxy Mas, terutama untuk ponsel pintar berbasis Android yang sangat populer saat ini.

Pramuniaga toko Indokom, Mami, mengungkapkan bahwa beberapa pengunjung toko memang banyak yang mencari ponsel dengan merk branded. Namun, tak jarang bagi mereka yang akhirnya malah membeli ponsel di level harga Rp2 jutaan tersebut.

“Beberapa pengunjung memang sudah paham dengan produk, sudah meleklah saat ini. Namun, tak sedikit juga yang akhirnya membeli di level harga Rp2 jutaan, bahkan termasuk seperti halnya ponsel lokal yang dulunya orang suka takut,” jelas Mami saat berbincang dengan ArenaLTE.com (17/9/2015).

Daftar Smartphone Android 2 Jutaan yang cukup diminati dan juga paling sering dibeli adalah sebagai berikut:

1Sony Xperia M2

Meski merek pendatang baru terus bermunculan, namun tidak mengurangi para pecintanya yang masih mencari produk besutannya. Hal tersebut persis seperti yang diungkapkan oleh banyak pramuniaga toko. Karena masih teringat nama dan kehebatan ponsel di kelas atas. Banyak pengunjung yang akhirnya percaya produk ini masih lebih baik, meski produk yang dibeli berada di level harga menengah yakni di kisaran Rp2,3 juta.

Sony Xperia M2 adalah smartphone Android 2 Jutaan dengan OS Android 5.0 Lollipop dengan layar 4.8 inci, serta dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 kecepatan 1,2GHz. Seri ini juga dibekali dengan memori RAM kapasitas 2GB, serta memori internal untuk penyimpanan seluas 8GB. Pada bagian kamera, dibenamkan resolusi 8MP serta kamera depan yang diklaim mampu untuk memuaskan dahaga para pecinta selife.
Baca: Spesifikasi Sony Xperia M2

2Samsung Galaxy Prime Value Edition (VE)

Samsung Galaxy Prime VE sebenarnya adalah versi upgrade dari seri Grand Prime terdahulu, produk ini hadir dengan banyak perubahan pada bagian dapur pacunya. Hal tersebut diklaim, kemungkinanan adalah sebagai perbaikan dari seri terdahulunya yang masih kurang memuaskan soal kinerjanya.

Untuk persenjataannya sendiri, smartphone Android 2 jutaan ini hadir dengan dukungan prosesor Quad Core 1.2GHz serta didukung dengan memori RAM 1GB. Pada bagian penyimpanan internal, hadir dengan kapasitas 8GB yang juga dapat diperluas melalui slot micro SD yang turut dihadirkannya. Ponsel dengan luas layar 5 inci ini, hadir juga dengan membawa OS Android 5.0 Lollipop serta kamera utama yang sudah sebesar 8MP dan kamera depan 2MP. Untuk harga, seri ini dibanderol Rp2.3 juta.

3Lenovo A7000

Meski Lenovo A7000 Spesial Edition telah diluncurkan, namun seri  A7000 tampaknya masih menjadi produk incaran banyak pengguna. Belum diketahui persis berapa banyak produk dari seri ini yang sudah dikeluarkan toko, namun begitu kabarnya desain layar 5.5 inci menjadi satu hal alasan produk ini banyak dicari pembeli.

Di sektor menengah, ponsel yang dibanderol Rp2,4 juta ini hadir dengan sokongan dapur padu dari prosesor Mediatek MT6752, serta memori RAM 2GB. Sedangkan pada bagian penyimpanan menggunakann kapasitas 8GB internal, serta dapat diekspansi hingga 32GB melalui slot micro SD. Pada bagian kamera, Lenovo membenamkan resolusi utama 8MP dengan dukungan dua LED flash, serta kamera depan yang cukup besar mencapai 5MP.
Baca: Spesifikasi Lenovo A7000

4Asus Zenfone 2 ZE500

Sebenarnya ada banyak seri yang dihadirkan Asus dalam keluarga seri Zenfone, bahkan termasuk seri Zenfone 2 ini. Perlu diingat, seri ZE500 pun masih memiliki banyak turunan lainnya, hal itu bisa dibedakan dengan besarnya kapasitas penyimpanan memori internal yang dipilih. Semakin besar penyimpanan yang ada, maka tentunya harga tersebut juga akan semakin mahal.

Untuk seri ZE500 yang menggunakan memori penyimpanan mencapai 16GB dibanderol Rp2.4 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk ponsel di kelas menengah, karena spesifikasi yang ditawarkan juga tidak begitu mengecewakan.

Seri ini hadir dengan dukungan layar 5 inci dan panel LCD jenis IPS, serta dapur padu dari prosesor Intel Atom dan memori RAM 2GB. Sedangkan untuk bagian kamera, seri ZE500 juga terbilang besar karena menggunakan resolusi 8MP dan bagian depan mencapai 2MP.
Baca: Spesifikasi Asus Zenfone 2 ZE500CL

5HTC Desire 526

Harus diakui, merek HTC kurang dikenal oleh sebagian pengunjung toko. Tidak sedikit banyak mengira ini adalah ponsel asal China. Padahal sebenarnya, ponsel asal Taiwan ini dikenal karena memiliki fitur kamera yang mumpuni, seperti halnya ultrapixels yang beberapa waktu diperkenalkan ada pada seri Desire One Plus.

HTC Desire 526 yang dibanderol Rp2,2 jutaan menjadi produk kelas menengah yang juga memiliki peminat yang tidak sedikit. Seri terbaru ini hadir dengan OS Android Lollipop, serta sudah menggunakan dimensi layar seluas 4.7 inci. Didukung dengan dapur padu dari prosesor Qualcomm 210 Quad Core, serta memori RAM sebesar 1.5GB. Pada bagian kamera, HTC tanamakan resolusi utama sebesar 8MP serta kamera depan 2MP. Dilengkapi juga beberapa fitur, untuk memberikan efek pewarnaan foto yang baik.

6Huawei Honor 4C

Jajaran ponsel asal China lainnya yang juga turut menjadi produk yang sering ditanyakan para pembeli adalah Huawei Honor 4C. Seri ini diungkapkan memiliki kamera yang cukup besar dengan resolusi utama mencapai 13MP, serta kamera depan yang sudah mengadopsi sebesar 5MP, dan seri ini juga ditawarkan dengan harga terjangkau Rp2,2 juta.

Meski demikian, spesifikasi di dalamnya pun tidak begitu mengecewakan juga, pasalnya Huawei Honor 4C sudah dibekali dengan dapur padu dari proseso Octa kecepatan 1.2GHz. Selain itu juga ada memori RAM yang cukup besar mencapai 2GB, dan penyimpanan internal sebesar 8GB. Namun pengguna bisa memperluasnya hingga 32GB, melalui slot micro SD.

Pada bagian layar, smartphone Android 2 Jutaan ini menggunakan dimensi 5 inci dengan panel LCD IPS yang diklaim mampu memberikan pandangan tanpa gradasi di sudut pandang 170 derajat. Namun sayang, sistem operasi yang digunakannya masih Android 4.4 KitKat bukan Lollipop seperti ponsel ponsel di kelasnya dengan level harga yang setara.
Baca: Spesifikasi Huawei Honor 4C

7Xiaomi Mi4i

Kekuatan kamera sepertinya menjadi nilai jual Xiaomi dalam seri Mi4i ini, hal tersebut terbukti dengan beberapa ungkapan dari banyak pramuniaga toko. Xiaomi membenamkan kamera utama sebesar 13MP, serta kemampuan ISO kontrol yang baik dan beberapa fitur kamera pendukung lainnya.

Alasan lainnya adalah harga yang terjangkau, Xiaomi Mi4i dibanderol dengan harg sekira Rp2.8 jutaan dan diungkapkan masih bertahan tidak berubah meski sudah lama dirilis. Untuk urusan dapur pacu, seri ini dibekali dengan prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 615, serta memori RAM sebesar 2GB.

Lainnya adalah layar yang cukup luas, menggunakan dimensi 5 inci dengan panel LCD IPS yang sudah mendukung resolusi 1080 x 1920 piksel. Serta sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android Lollipop dan userinterface baru MIUI 6.
Baca: Spesifikasi Xiaomi Mi 4i