ArenaLTE.com – Regulasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk ponsel 4G yang masih berliku menjadi ganjalan bagi banyak produsen ponsel. Di sisi lain, keinginan untuk memasarkan produknya tersebut sangat besar karena melihat potensi yang ada. Sehingga tak sedikit yang menyiasati. Dari yang terang-terangan menjual ponsel tidak resmi, memalsukan sertifikat sampai mengunci koneksi 4G LTE sehingga menjadi smartphone 3G.

Meski tidak bisa dibilang sebagai ponsel bodong atau palsu, namun peredaran smartphone 3G ini yang ternyata memiliki spesifikasi 4G sudah beredar di Tanah Air. Berikut jajaran smartphone 3G yang sebenarnya bisa mendukung layanan 4G LTE dengan di-unlock.

CoolPad Max

coolpad maxSpesifikasi yang dibawa seri ini memang tidak berbeda jauh untuk ponsel di kelas menengah. Coolpad Max hadir dengan balutan bodi berwarna emas, dan dimensi layar 5.5 inci yang sudah didukung dengan panel Full HD display resolusi 1080 x 1920 piksel. Selain itu, seri ini juga sudah didukung dengan kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP, sebagai pendukung aktivitas selife pengguna.

Namun, jika dilirik pada bagian dapur pacunya Max yang sudah didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952 adalah prosesor yang memang sudah terintegrasi dengan modem 4G yang berjalan dalam jaringan LTE Cat 7. Prosesor ini juga diklaim mampu memberikan akses kecepatan internet hingga 300Mbps, serta sudah dipadukan bersama GPU Adreno 405 dan RAM 4GB. Untuk harganya sendiri, CoolPad Max dijual dengan harga banderol sekira IDR5 juta.
Baca jugaTersangkut TKDN, Coolpad Max dan Coolpad Max Lite Mengunci layanan 4G LTE

CoolPad Max Lite

Coolpad-Max-LiteUntuk seri kandungnya ini, Coolpad Max Lite sebenarnya tidak berbeda jauh jika dilirik dari spesifikasi yang digunakannya. Coolpad Max Lite yang dikabarkan akan hadir dalam balutan warna putih ini, memiliki dimensi layar 5.5 inci yang juga sudah menggunakan panel HD 720p.

Dilihat dari dapur pacu yang digunakannya, Coolpad Max Lite hadir dengan sokongan prosesor Snapdragon 615 yang sebenarnya juga sudah mampu menjalankan koneksi 4G LTE. Prosesor ini juga sudah dibenamkan chip grafis Adreno 405 dan memori Ram 3GB. Meski sayangnya, dalam proses rilis penjualan seri ini tidak disebutkan sebagai smartphone 4G.

Untuk ponsel yang masih dikunci perihal konektivitas 4G-nya, seri ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibanding dengan produk sekelasnya yakni IDR3 jutaan. Herry SW di situs blognya mengungkap agar 4G LTE bisa aktif, ada kode rahasia yang harus diketikkan dulu di ponsel ini. Yaitu dengan masuk ke menu telepon kemudian mengetik *#673644#.

OnePlus X

smartphone OnePlus XSaat peluncuran, disebutkan bahwa ponsel ini mendukung hampir semua jaringan 4G LTE di Tanah Air. Untuk FDD LTE mulai dari Band 1 (2100 Mhz), Band 3 (1800 Mhz), Band 5 (850 Mhz), Band 7 (2600 Mhz), Band 8 (900 Mhz) hingga, Band 20 (800 DD). Sedangkan untuk TDD LTE, smartphone OnePlus X mendukung jaringan Band 38 (TD 2600) dan Band 40 (TD 2300). Tapi ternyata pihak OnePlus merevisinya sehingga smartphone ini dijual secara resmi dalam versi 3G.

Untuk persenjataannya, OnePlus X menancapkan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 yang merupakan varian quad core 32-bit dengan kecepatan 2.3 GHz dan GPU Adreno 330. Tidak lagi menggunakan Cyanogen, OnePlus X menggunakan sistem operasi kustom buatan sendiri bernama OxygenOS yang berjalan di Android Lollipop 5.1.1 dengan dorongan RAM 3 GB. Untuk harganya, seri Oneplus X saat ini dibanderol sekira IDR3 jutaan.

Nah, meski secara resmi hadir dalam versi smartphone 3G, namun ternyata ponsel ini bisa dioprek agar bisa mendukung jaringan 4G LTE. Yang diperlukan adalah dengan mengganti stock ROM bawaan dengan mengunduh stock ROM global OnePlus X di situs One Plus dan mengikuti instruksi yang tertera.

Infinix Zero 3

infinix zero 3 2Infinix Zero 3 saat diluncurkan hanya mendukung jaringan 3G. Padahal aslinya telah mendukung 4G LTE. Pihak perusahaan berdalih karena belum terpenuhinya TKDN saat produk tersebut diluncurkan. Sekarang, produk tersebut telah memenuhi syarat TKDN sehingga yang dijual terbaru telah mendukung 4G LTE.

Namun jika Anda sudah membelinya ketika pertama kali beredar, koneksi 4G LTE dikunci. Infinix tidak menyediakan trik khusus misalnya dengan kode atau pengaturan tertentu agar layanan 4G LTE bisa diaktifkan. Pengguna perlu menunggu menerima update software secara OTA (over the air). Setelah mengunduh firmware terbaru, pengguna baru bisa merasakan layanan 4G LTE.
BacaInfinix Zero 3, Harga Hanya 2 Jutaan Tapi Kamera Sangar 20,7MP