ArenaLTE.com – Meski harga dolar terus merangkak naik dan melemahkan nilai rupiah, namun nyatanya hal tersebut tidak berpengaruh besar pada bisnis penjualan ponsel di Jakarta. Konsumen masih banyak yang memilih ponsel kelas menengah, meski harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi bila dibandingkan pada ponsel low-end.

“Saat ini, ponsel kelas menengah merek baru yang sebagian besar datang dari negeri China memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena ponsel ini memiliki spesifikasi perangkat sudah semakin baik tidak seperti dulu. Tapi memang harga yang ditawarkan juga nggak murah, maklum ada kualitas ada harga,” jelas Hasan, salah satu pedagang ponsel kepada redaksi di ITC Roxy Mas, Jakarta, Kamis (24/9/2015).

Tahun ini, beberapa merek ponsel baru memang kian ramai mengguyur pasar lokal. Bahkan tak sedikit produsen komputasi ikutan bermain dalam pasar ponsel pintar ini. Namun perlu diakui, tak semua produk besutan vendor tersebut diminati pelanggan. Hanya beberapa yang tercatat cukup diminati dan sudah dikenal oleh masyarakat Jakarta. Dari hasil penelusuran redaksi, berikut daftar sepuluh ponsel kelas menengan terbaik pilihan konsumen pada bulan September ini:

1. Hisense PureShot Plus

review hisense pureshotHisense Pureshot muncul sebagai smartphone baru yang patut diwaspadai para rival. Pasalnya, banyak pengunjung mengungkapkan bahwa ponsel pintar ini, telah banyak dibahas beberapa situs dunia maya cukup mengakomodasi pengguna dalam berganti jenis SIM card operator.  Pureshot Plus mendukung semua jenis kartu dengan konektivitas 4G LTE.

Selain itu, ponsel yang dibanderol Rp3 jutaan untuk versi Pureshot Plus ini juga diklaim patut dimiliki karena sudah dibenamkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Seperti halnya, dimensi layar seluas 5.5 inci dengan panel IPS sert dilindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3. Pada bagian kamera, seri ini juga memang tidak mengecewakan pasalnya sudah menggunakan resolusi 13MP utama, dan kamera depan 5MP.

Ditambah lagi alasan dapur padu yang digunakannya, PusreShot Plus sudah menggunakan prosesor Octa Core 64bit, dengan dukungan RAM sebesar 2GB. Serta penyimpanan internal seluas 16G yang bisa diperluas mencapai 128GB, melalui slot micro SD yang ada.
Baca: Review Hisense Pureshot+: Smartphone Hybrid 4G LTE Berkamera Handal

2. HTC Desire 826G

HTC Desire 826Meski tidak begitu dikenal banyak oleh para konsumen Indonesia, termasuk warga Jakarta karena sering mengira ini adalah produk China yang semestinya adalah produk Taiwan. Namun, berkat kelihaian para penjaga toko dalam menawarkan produk ini, maka tak ayal akhhirnya pengunjung juga mengakui bahwa Desire A826 memang pantas dimiliki.

HTC Desire A826 sendiri ditawarkan dengan banderol Rp4.7 jutaan, dan perlengkapan spesifikasi yang cukup tinggi. Seperti halnya, dimensi layar seluas 5.5 inci dengan dukungan kualitas HD 720p. Serta, prosesor Qualcomm Snapdragon 400 Quad Core kecepatan 1.6GHz, memori RAM 1.5GB. Selain itu juga ada persenjataan kamera 13MP utama dan kamera depan 5MP.

3. Lenovo Vibe Shot

Kelebihan-dan-Kelemahan-Lenovo-Vibe-Shot-Triple-LED-FlashLenovo Vibe Shot diklaim memiliki persenjataan kamera yang menakjubkan, hadir dengan dukungan resolusi 16MP pada bagian utama dan kamera depan 8MP. Selain itu juga, ponsel ini didukung dengan dua prosesor Quad Core kecepatan 1.7GHz dan 1.0GHz dan memori RAM kapasitas  3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB.

Saat ini, Vibe Shot dibanderol sekira Rp4.8 juta yang kabarnya nama Lenovo sudah menjadi perhatian besar pengguna. Hal itu didapatnya setelah banting setir dari penjualan produk komputasi, kemudian hijrah menjadi produsen ponsel pintar. Seri kali ni juga diklaim sudah didukung dengan konektivitas LTE, serta menggunakan dimensi layar 5 inci dengan panel LCD IPS.
Baca: Lenovo Vibe Shot, Andalan Baru Lenovo di Segmen Smartphone Kamera

4. Asus PadFone Infinity

Asus Padfone SBeli satu dapat dua produk, setidaknya kalimat itu hampir seragam dilontarkan oleh banyak pengguna yang mengenal seri PadFone Infinity 2 ini. Pengguna akan mendapat satu ponsel yang dijadikan satu dengan tablet dalam satu tubuh, sehingga satu fungsi dalam dua perangkat bisa digunakan langsung.

Spesial memang, ditambah spesifikasi yang ditawarkan tidak begitu mengecewakan, PadFone Infinity 2 menggunakan dimensi layar 5 inci untuk smartphone-nya serta 10 inci untuk tablet. Keduanya juga menggunakan kamera resolusi 13MP untuk utama, serta kamera depan sebesar 2MP.

PadFone Infitnity hadir dengan dukungan Prosesor Quad Core Snapdragon 800, serta dibekali dengan memori RAM kapasitas 2GB. Namun dengan OS Android 4.4 KitKat, dibanderol Rp3.7 jutaan.

5. Huawei Ascend P8

Huawei Ascend p8Huawei pada awalnya menjadi merek ‘olok-olok’ banyak pengguna, hal itu terjadi sebelum produsen asal China ini menghadirkan beberapa seri premium kembangannya. Namun, berkat beberapa seri premium yang telah dihadirkannya sekarang, banyak pengguna yang kini tak ‘segan’ langsung mencari produk Huawei terutama seri terbaru seperti P8 yang diklaim cukup baik.

Meski demikian, untuk mendapatkan ponsel dimensi layar 5.2 inci dengan dukungan resolusi Full HD 1080p, serta kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP ini penggona harus merogoh kocek sekira Rp6 jutaan. Hal itu juga dikarenakan, teknologi dan fiitur yang dimiliki Ascend P8 diklaim cukup canggih. Lainnya adalah penggunaan prosesor Kirin 930 yang pertama menggunakan teknologi arsitektur 16nano meter.

6. Wiko Highway Pure 4G

Wiko-Highway-4GSelain China, negara Prancis juga kabarnya telah menginvasi banyak pasar smartphone dunia, termasuk salah satunya Indonesia. Salah satu produk yang dikeluarkan produsen baru ini adalah Wiko Highway 4G, terlihat dari nama ponsel yang digunakannya ini dipastikan sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Selain itu, ponsel ini juga sudah menggunakan dimensi layar 4.8 inci dengan layar AMOLED, serta dukungan dapur padu dari prosesor Quad Core Qualcomm dan memori RAM 2GB. Untuk fitur kamera, seri ini juga hadir dengan dukungan resolusi 8MP pada bagian utama, dan kamera depan dengan resolusi 5MP. Sedangkan untuk harganya, seri terbaru ini diungkapkan dibanderol Rp4 juta.

7. Himax Pure S

Himax Pure S Photo
Himax Pure S Photo

Menyandang ponsel dengan desain bodi tertipis dengan dimensi 5.5 milimeter, membuat merek Himax menjadi perhatian banyak konsumen Jakarta. Terlebih ponsel ini diklaim hadir dengan spesifikasi yang mumpuni, namun dibanderol di level harga yang masih terjangkau yakni Rp3.7 jutaan.

Untuk spesifikasinya, seri ini hadir dengan dukungan prosesor Octa Core Mediatek MT6592 kecepatan 1.7GHz, serta menggunakan memori RAM 2GB dan memori penyimpanan seluas 16GB. Selain itu, hadir juga dengan menggunakan kamera utama sebesar 13MP dan kamera depan sebesar 5MP. Ponsel Dual SIM ini, dikabarkan juga hadir dengan sistem operasi Android 4.4 yang kemungkinan akan mendapat upgrade ke versi lebih tinggi Android Lollipop.

8. Xiaomi Mi 4i

xiaomi-mi4i_1435483144-copySeperti yang diungkapkan sebelumnya, kekuatan kamera sepertinya menjadi nilai jual Xiaomi dalam seri Mi4i ini, hal tersebut terbukti dengan beberapa ungkapan dari banyak pramuniaga toko. Xiaomi membenamkan kamera utama sebesar 13MP, serta kemampuan ISO kontrol yang baik dan beberapa fitur kamera pendukung lainnya.

Xiaomi Mi4i yang dibanderol dengan harga sekira Rp2.8 jutaan, cukup menjadikan alasan kedua ponsel ini banyak diburu para penggila gadget. Selain itu, tentunya urusan dapur pacu turut menjadi sorotan bagi para penggunanya, seperti halnya prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 615, serta memori RAM sebesar 2GB.

Lainnya adalah layar yang cukup luas, menggunakan dimensi 5 inci dengan panel LCD IPS yang sudah mendukung resolusi 1080 x 1920 piksel. Serta sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android Lollipop dan userinterface baru MIUI 6.
Baca: Review Xiaomi Mi 4i: Phablet 4G LTE Terjangkau Berbasis Octa Core

9. Samsung Galaxy A5

samsung_galaxy_a5Salah satu alasan yang banyak diutarakan para pengunjung toko Roxy Mas adalah pada Samsung Galaxy A5 adalah tampilan desain yang tipis, serta dukungan koneksi 4G. Namun tentunya, hal lain itu adalah karena merek Samsung diungkapkan sudah cukup dipercaya pengguna karena layarnya yang bagus.

Ponsel yang dibanderol Rp. 4 jutaan ini hadir dengan dilengkapi sistem operasi Android 4.4 yang bisa di-upgrade ke versi 5.1 Lollipop. Dilengkapi dengan persenjataan prosesor Quad Core kecepatan 1,2GHZ dan GPU Adreno 306 dengan memori RAM 2GB. Menggunakan layar dimensi 5 inci dengan LCD teknologi Super AMOLED dan dukungan 16 juta warna. Dan kamera utama 13MP dan 5MP pada bagian depan.
Baca: Review Samsung Galaxy A5: Spesifikasi Menengah Desain Mewah

10. Apple iPhone 5S

iphone 5sTak sedikit pengunjung yang memang sudah bertekad untuk membeli iPhone 5S dari rumah, alasan yang diungkapkannya memang beragam namun yang paling dominasi adalah karena dikeluarkan oleh Apple dan cukup bergengsi untuk dibawa kemanapun. Dulunya merupakan smartphone premium, namun jika merujuk harga jualnya saat ini telah masuk menjadi ponsel kelas menengah.

Ya, desain elegan dengan bingkai berbalut warna emas dan silver metalik menjadi tawaran yang membedakan dengan seri terbarunya iPhone6. Saat ini, iPhone 5S ditawarkan dengan kisaran harga Rp5.5 jutaan, harga yang sebanding dengan spesifikasi yang dimiliki ponsel ini. Seperti halnya, layar 4 inci dengan panel IPS serta dapur padu dari prosesor Apple A7 dan RAM 1GB. Sedangkan pada bagian kamera menggunakan resolusi 8MP utama, serta kamera depan 1.2MP.