ArenaLTE.com – Smartphone Oppo tercatat sudah 3,5 tahun ini berkiprah di industri smartphone Tanah Air. Meski terlihat singkat dan tergolong pemain baru, namun perusahaan membuktikan mampu menjadi produsen yang terlaris kedua di Indonesia. Strategi dan kemitraan penjualan yang dijalankan perusahaan, membuktikan bahwa Oppo  patut diperhitungkan. Di pasaran lokal sendiri, perusahaan asal Tiongkok ini lebih dikenal dibanding pemain dari negeri yang sama baik oleh penjual maupun pembeli dalam negeri.

Smartphone Oppo memang bisa dibilang pemain dari neheri Tirai Bambu yang sukses dan mampu mencatatkan rekor terbaik di negeri Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari prestasinya di pasaran yang memang memiliki catatan yang baik, bukan hanya dari pembeli namun juga dari penjual.

Kesan kuat pertama yang bisa dirasakan ada di wilayah toko ponsel di bilangan Roxy Mas, Jakarta. Bukan hanya papan bilboard maupun reklame yang ramai memenuhi area toko hingga menutup tampilan depan gedung. Namun, panggilan penjaga dari hampir setiap toko yang menawarkan smartphone Oppo akan selalu bersahutan setiap Anda melewatinya.

toko-ponsel

“Banyak orang yang mencari ponsel dengan kamera depan dan belakang yang bagus dengan resolusi besar. Karena kan kamera besar bisa hasilkan gambar bagus, apalagi jika kamera depan oke, banyak dicari yang suka narsis,” jelas Nurlida, penjaga salah satu toko di Roxy Mas.

Dan banyak dari penjaga toko menjawab bahwa mengapa menawarkan smartphone Oppo, terutama seri Oppo F1 Selfie. Mereka serempak pasti menjawab bahwa ponsel selfie dengan kamera besar yang saat ini sering dicari adalah smartphone Oppo F1 Selfie,”Lagi harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau yah. Harganya juga cuma 3,7 juta tapi punya kamera depan 16MP dan kamera belakang 13MP, hasilnya juga sangat bagus,” tambahnya.

Senada dengan yang diungkapkan oleh Nurlida, penjaga toko Indokom yang biasa akrab kami sapa Abdul mengungkapkan bahwa memang smartphone Oppo F1 Selfie saat ini sedang besar peminatnya. Bahkan permintaan tidak hanya datang dari pengunjung yang datang langsung ke Roxy Mas, dari luar kota juga sering dan kerap minta diantarkan dengan jumlah yang tak sedikit.

Baca : 
Ini Jajaran Ponsel Pintar Oppo dari Awal Kehadirannya Hingga 2016
Smartphone Selfie Kian Digandrungi Penjual & Pembeli di Toko Ponsel

Abdul dari Toko Indokom juga mengakui bahwa tempatnya berjualan bisa menghabiskan unit Oppo F1 Selfie lebih banyak dari produk lainnya. ”Di sini OPPO F1S bisa terjual 10 sampai 12 unit tiap harinya, banyak yang nyari ini produk,” ungkapnya.

Laku 350 Unit per Hari

Meski peminat smartphone Oppo F1 Selfie yang baru saat ini lebih besar terpusat di kota Jakarta, namun hal itu tidak melupakanprodusen untuk ikut menjajaki wilayah pasar luar kota lainnya, seperti Bekasi. Antusias masyarakat merupakan keyakinan Oppo akan berhasil menjual banyak di wilayah ini membuahkan hasil. Bahkan, saat masa pre-order Oppo F  1 Selfie saja tercatat bahwa telah dipesan sebanyak 2.000 unit.

Sejak peluncuran perdananya sejak 16 Agustus lalu, di Bekasi tercatat bahwa produk Oppo terutama seri F1 Selfie mampu terjual mencapai 15.000 unit. Hal itu pun diakui oleh Regional Manager Oppo Indonesia untuk wilayah Jakarta Timur dan Bekasi, Jessie, yang mengakui bahwa performa penjualan di wilayahnya sangat besar yang diawali dari sistem pre-order.

“Performa penjualan perangkat ini semakin bertambah tiap harinya, apalagi Oppo baru merilis warna baru  untuk smartphone Oppo F1s yaitu Rose Gold, yang kami yakini akan lebih banyak disukai lagi oleh konsumen,” ujar Jessie.

Ia menambahkan, penjualan terbesar Oppo di Bekasi berada di wilayah Mall Mega Bekasi yang menyumbang kurang lebih 35% dari seluruh penjualan Oppo di wilayah Timur Jakarta ini. Selain itu respon masyarakat Bekasi terhadap perangkat smartphone Oppo terbilang sangat baik, apalagi dengan adanya faktor pendukung seperti layanan purna jual yang berada di Ruko Emerald Commercial di Summarecon Bekasi.

Keuntungan Penjual & Pembeli

Abdul dan beberapa toko di wilayah Roxy Mas mengakui selain pengguna yang diuntungkan membeli Oppo F1 Selfie, karena spesifikasi dan harganya yang terjangkau. Keuntungan lain yang bisa dirasakan ada juga di pihak penjual. Para pemilik toko mengakui bahwa menjual Oppo mendapatkan keuntungan khusus, salah satunya adalah intensif yang diberikan.

“Ya untung sih, kan ada intensif kalau jual Oppo. Jadi gak kuatir kalau misal harga yang dijual udah ditetapkan sendiri oleh perusahaan, tetap kita dapet untung lebih dari intensif,” jelas Hasan, salah satu penjaga toko Roxy Mas.

Dari sisi pembeli, tentunya harga IDR3,7 juta sudah sepadan bahkan menguntungkan dari sisi spesifikasi yang dimiliki Oppo F1 Selfie. Seperti diketahui, seri ini membawa kamera depan dengan besaran mencapai 16MP dan kamera belakang 13MP plus ditambah dengan fitur pendukung di dalamnya.

Soal dapur pacu, Oppo F1s dilengkapi dengan prosesor 64-bit Octacore dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 32GB. Dengan mekanisme baru triple-slot tray, pengguna dapat memperbesar kapasitas penyimpanan hingga 128GB sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan kapasitas. Selain itu, pengguna juga diberikan keleluasaan untuk mengatur kartu telepon dan internet dengan hadirnya dua slot kartu SIM 4G LTE.

Buat sumber dayanya, Oppo F1s mengandalkan baterai berkapasitas 3075 mAh dan sistem operasi ColorOS 3.0. Sistem operasi ini akan memberikan peningkatan kecepatan sebesar 30% jika dibandingkan dengan Color OS 2.1. Kombinasi baterai dan sistem operasi ColorOS 3.0 akan memaksimalkan tingkat penggunaan baterai sehingga memiliki waktu penggunaan normal selama 14 jam. Oppo F1s juga mengadopsi layar 5,5 inci dan finishing 2,5D yang dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4.