ArenaLTE.com – Meskipun sistem operasi Android 6.0 Marshmallow telah resmi dirilis, namun ponsel Android Lollipop masih menjadi magnet bagi konsumen di Tanah Air. Terutama adalah jajaran ponsel di kisaran harga IDR 2-3 jutaan yang saat ini banyak diincar pembeli.

Hal ini terlihat dari penelusuran yang dilakukan redaksi di seputar pertokoan ITC Roxy Mas, Jakarta pada pekan terakhir Oktober 2015 ini. Kawasan pasar ponsel yang masuk dalam tiga terbesar di Asia Tenggara ini, mencatat bahwa peredaran ponsel di level harga menengah pada ponsel menengah masih menjadi banyak incaran pembeli, khususnya yang sudah hadir dengan sistem operasi Android Lollipop.

“Smartphone di rentang harga IDR 2-3 jutaan memang masih menjadi incaran pembeli saat ini. Meski diakui mereka sekarang sudah ‘melek’ mengenai spesifikasi ponsel. Terlebih, ponsel Android Lollipop juga sudah banyak, pasti mereka cari itu,” jelas Eka, salah satu pramuniaga toko Indokom, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Dirinya juga menuturkan, ponsel Android Lollipop yang beredar saat ini juga sudah banyak dikenal masyarakat. Beberapa diantaranya bahkan sudah familiar di kuping pecinta gadget Tanah Air, maka banyak pengunjung membeli dengan menyebut merek tersebut. Berikut ini daftar ponsel Android Lollipop di rentang harga IDR 2-3 jutaan yang kini menjadi idola konsumen:

1. Meizu M2 Note

meizu m2 note

China bisa dibilang sebagai pencetak produk lokal paling banyak di seluruh dunia. Maka tak ayal, sekarang ini di pasar ponsel Indonesia banyak bermunculan brand baru. Salah satunya adalah Meizu. Produsen memiliki ponsel Android Lollipop yang menjadi andalan yakni Meizu M2 Note.

Smartphone baru buatan produsen China ini dijual dengan kisaran harga IDR 2 jutaan di pasar Tanah Air. Hadir dengan dukungan prosesor Octa Core kecepatan 1.3GHZ, serta memori RAM 3GB. Saat ini, ponsel dengan harga tersebut hadir dengan sistem penyimpanan internal sebesar 16GB. Namun, sudah memiliki resolusi kamera besar 13MP dan pastinya sudah berjalan dengan OS Android Lollipop menggunakan dimensi layar 5.5 inci.

2. Lenovo A7000 Special Edition (SE)

Lenovo A7000 Special Edition

Di negeri asalnya, China, Lenovo A7000 special edition dikenal dengan nama K3 Note yang kemudian berubah nama ketika di pasarkan di Tanah Air. Ponsel pintar dengan OS Android Lollipop ini, dijual dengan harga IDR 2,7 jutaan yang menurut beberapa toko banyak dicari oleh pecinta gadget Jakarta.

Harga tersebut juga diungkapkan banyak para konsumen setara dengan spesifikasi yang dimilikinya, salah satunya adalah dukungan prosesor yang sudah Octa Core dengan layar Full HD 1080p. Seri ini juga sudah menggunakan panel LCD jenis OGS IPS dimensi 5,5 inci yang memiliki kerapatan piksel 401ppi.

Pada sektor dapur padu, disematkan dengan dukungan prosesor Mediatek seri MT6752 serta memori RAM kapasitas 2GB. Sedangkan untuk memori penyimpanan mendukung hingga besaran kapasitas 16GB yang bisa diekspansi mencapai 32GB. Untuk kameranya sendii, menggunakan resolusi sebesar 13MP pada bagian utama serta kamera depan dengan resolusi 5MP untuk mendukung aktivitas selife.
Baca: Lenovo A7000 Special Edition Resmi Diluncurkan di Indonesia

3. Xiaomi Mi4C

xiaomi-mi4c

Xiaomi bisa dibilang sebagai produsen lokal yang cukup hebat, meski dikenal cukup baru dalam industri telekomunikasi namun nama yang dibawanya sudah banyak dikenal oleh hampir semua lapisan konsumen ponsel pintar Tanah Air. Salah satu yang diklaim cukup hebat dalam urusan kamera adalah seri Xiaomi Mi4C ini, dibanderol sekira Rp. 3,7 jutaan.

Harga yang dibanderol diungkapkan cukup setara dengan spesifikasi yang diusungnya, seperti layar ponsel dengan dimensi 5 inci menggunakan panel LCD IPS. Untuk level harga tersebut, seri ini sudah dibekali dengan memori internal 32GB dengan memori RAM kapasitas 3GB. Sedangkan soal dukungan prosesor, seri ini digadangkan sudah membawa seri Snapdragon MSM8992 dari Qualcomm.

Pada bagian kamera, seri ini juga sudah membawa resolusi kamera besar dengan bagian utama bersenjatakan kekuatan 13MP. Beberapa informasi menyebutkan dengan kamera sebesar itu, Xiaomi sudah bisa memberikan resolusi tangkapan Full HD 1080p. Sedangkan pada bagian kamera depan, didukung dengan resolusi 5MP.
Baca: Xiaomi Mi4c Akhirnya Resmi Disuntik Snapdragon 808

4. Huawei H4C Gold

Huawei H4C Gold

Tidak diperkenalkan secara lebih detail mengenai waktu pemasarannya oleh produsen, namun Huawei H4C Gold sudah dikenalkan banyak oleh para pramuniaga toko Roxy. Banyak yang menawarkan ponsel pintar ini sudah didukung dengan OS terbaru Google, yakni Lollipop yang kemungkinan bisa di-upgrade ke versi lebih tingginya nanti. Seri ini juga dibanderol dengan harga sekira Rp. 2,2 jutaan.

Pada bagian dapur pacunya, Huawei H4C Gold yang digadangkan hadir dengan hiasan tepi warna emas untuk memberi kesan elegan ini, diberik dukungan prosesor kembangan sendiri dari HiSilicon Kirin 620. Serta memori RAM kapasitas 2GB dengan memori penyimpanan internal yang hadir seluas 8GB. Untuk kamera utamanya, Huawei tanamkan resolusi sebesar 13MP dengan dukungan HD 720p. Lainnya adalah kamera depan yang sudah mengadopsi resolusi besar 5MP.

5. Oppo R7 Lite

Oppo-R7 lite

Seperti halnya Xiaomi, produsen lokal Oppo juga turut paling banyak mencuri perhatian pengunjung Roxy Mas. Jika jawabannya adalah warna emas yang ditawarkan, mungkin itu salah satu alasan lainnya. Pasalnya, lebih dari satu toko yang menawarkan produk ini sudah dibekali dengan OS baru Android Lollipop, dan hadir dengan tawaran desain elegan.

Sisi lain yang menjadi tawaran produsen adalah spesifikasi yang cukup mumpuni, sebut saja dukungan prosesor dari Qualcomm MSM8939, serta memori RAM yang cukup besar yakni 2GB. Dan tentunya di level harga Rp. 3 jutaan dengan penyimpanan memori sebesar 16GB juga menjadi alasan tambahan.

Untuk urusan kamera, resolusi yang dibenamkan pada bagian utama adalah 13MP yang klaimnya sudah memiliki banyak fitur kamera terbaik. Selain itu juga, ada kamera depan yang cukup besar dengan resolusi 8MO yang bisa memberikan dukungan gambar Full HD 1080p.