Menavigasi Pengaruh Big Data Di Tahun 2017

ArenaLTE.com - Sejak setahun yang lalu, teknologi big data terus berkembang dan semakin siap untuk kalangan enterprise dalam hal penggunaan, back-up, pemulihan, serta performa. Big data memungkinkan kita untuk lebih dari sekedar menganalisa alasan terjadinya sesuatu, melainkan juga untuk secara proaktif meningkatkan hasil-hasil bisnis dan mengambil keputusan-keputusan yang lebih berarti secara real-time.

Para pakar pun tengah mempelajari dan memprediksi pertumbuhan terkini dan berkelanjutan dari big data dan pasar analitik di seluruh dunia, terutama pada industri-industri yang kaya akan data seperti perusahaan jasa keuangan .

Mulai dari penggunaan big data oleh pemerintah untuk pertahanan terhadap serangan teroris hingga penggunaan oleh para peneliti medis untuk memprediksi pola penyebaran penyakit serta perusahaan-perusahaan pertanian untuk meningkatkan hasil panen, revolusi big data saat ini berada pada tahap yang lebih besar dibandingkan dengan revolusi industri di masa lalu. Saat revolusi industri mengajarkan kita cara menciptakan berbagai benda, big data terus berkembang, menjadikan dunia lebih terkoneksi, lebih cerdas, dan efisien dari yang pernah ada.

Apa harapan para pelaku industri, bisnis, maupun perorangan di tahun 2017 dan bagaimana teknologi Big Data serta inovator dapat menciptakan nilai yang lebih besar bagi para pebisnis dan pengguna? Berikut beberapa informasi mengenai cara big data membawa pengaruh yang lebih besar di tahun ini:

1. Memulai ekosistem kemampuan data


Dengan pergeseran pasar dan pesatnya perubahan teknologi dalam mentransformasi bisnis, perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki tenaga profesional dengan kemampun up-to-date akan tertinggal. Bahkan, big data dan analitik bukan lagi sekedar istilah, namun merupakan salah satu kemampuan yang paling diinginkan oleh para profesional agar dapat masuk ke dunia kerja di tahun ini .

Pada tahun 2016, kami melihat berbagai pihak seperti pemerintah, sektor publik, institusi akademik, sektor swasta bersama-sama mulai membangun sebuah lingkungan di mana teknologi dan kemampuan data dapat lebih berkembang dengan subur. Guna mengimbangi dan menciptakan tenaga kerja data masa depan, pentingnya (dan kesadaran) akan big data dan analitik di ranah tersebut terus berkembang dan memainkan peran utama . Kemampuan data kini telah menjadi tantangan yang akan mempengaruhi negara, industri, serta perusahaan di seluruh dunia.

Di tahun 2017, pemerintah akan terus menghadirkan inisiatif-inisiatif open data serta program-program pelatihan keterampilan, perusahaan-perusahaan akan fokus untuk melatih karyawan mereka, dan institusi akademik akan bahu-membahu dengan berbagai industri untuk memastikan mahasiswa mereka siap untuk karir mereka di masa depan. Namun tanggung jawab tetap berada pada pelaku teknologi; menjadikan platform mereka semakin user-friendly dan memfasilitasi upaya untuk berbagi pengetahuan antar pengguna.

2. Dari terkoneksi hingga otonom


Dengan dunia yang semakin terkoneksi, dan “segala hal” menjadi semakin pintar, kami melihat peluang baru untuk perilaku otonom sebagai tahap berikutnya dalam revolusi big data. Machine Learning (ML) merupakan istilah terbaru – sebuah unsur penting untuk kemampuan otonom – yang akan memungkinkan penciptaan algoritma kompleks untuk mendorong perilaku yang bahkan tidak memerlukan logika bisnis yang telah ditentukan sebelumnya.

Sejauh ini, pengolahan data Internet of Things (IoT) telah memungkinkan para pengguna untuk memperolah lebih banyak informasi dari data dan informasi mutakhir secara real-time. Di tahun 2017, big data akan terus memainkan peran besarnya dalam mengembangkan algoritma yang akan menjadi kekuatan pendukung kemampuan otonom.

Dengan volume data yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal ini, perusahaan-perusahaan akan membutuhkan penyimpanan data yang sangat besar dan kapasitas komputasi guna menghasilkan dan terus meningkatkan algoritma yang diperlukan untuk perangkat otonom. Big data akan terus menjadi bahan baku yang menjadikan kita semakin pintar dan lebih efisien.

3. Masa depan yang aman


Pada tahun 2016, kami menganalisis dampak dari pelanggaran keamanan dan pentingnya solusi keamanan cyber bagi para pelaku bisnis saat ini . Di tahun 2017 big data akan terus memainkan peran penting dalam melindungi perusahaan-perusahaan serta aset mereka dari ancaman cyber – memerangi kejahatan cyber di masa yang akan datang akan sangat bergantung pada pemanfaatan data untuk tujuan keamanan cyber.

Karena teknologi terus berkembang dan dunia menjadi semakin terhubungkan, kami melihat inovasi yang lebih besar yang akan meningkatkan kualitas kehidupan dari hari ke hari (mulai dari keamanan rumah, hingga perawatan medis dan kemudahan transportasi). Dengan demikian, pelanggaran keamanan yang semakin canggih dan masalah privasi akan menjadi pusat perhatian – hal-hal yang tidak bisa dicegah atau diatasi hanya dengan batas-batas keamanan lama dan teknologi tradisional.

Tahun ini, kami harap perusahaan-perusahaan fokus pada implementasi platform keamanan cyber yang skalabel di triliunan peristiwa, pemantauan semua perangkat yang terhubungkan serta akses jaringan perusahaan. Selain itu, menerapkan ML untuk deteksi anomali akan memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk terus mendeteksi perilaku endpoint yang mencurigakan lebih cepat dan lebih akurat dari sebelumnya.

Pemasangan platform modern dengan ML akan menjadi kunci untuk pendeteksian dini terhadap ancaman dan isu-isu pada tahun 2017, yang akan membawa kita menuju masa depan yang lebih cerdas, lebih didorong oleh data dan aman.

[caption id="attachment_31222" align="aligncenter" width="600"]Daniel Ng, Senior Director, APAC, Cloudera Daniel Ng, Senior Director, APAC, Cloudera[/caption]

Leave a Comment