ArenaLTE.com – Libur akhir tahun tinggal menghitung hari. Anda pasti sudah merencanakan liburan bersama keluarga atau teman-teman berkunjung ke tempat-tempat menarik. Di era masa kini, liburan tak lengkap tanpa smartphone yang handal. Random Acces Memori (RAM) kini menjadi sektor diperhitungkan pengguna smartphone selain dari kamera. Smartphone RAM 3GB rasanya sudah menjadi spesifikasi minimal jika ingin mendapatkan performa ponsel mumpuni, dengan semakin banyaknya konten dan aplikasi.

Dengan RAM yang besar, selain disokong prosesor kencang, akan mempengaruhi kinerja sebuah perangkat. Saat liburan, pasti Anda tidak sekdar menelepon dan SMS, kan? Berbagai aktivitas Anda lakukan mulai dari akses media sosial, memotret, mengedit foto dan video, mengunggah ke YouTube, bermain game di kala senggang, dan sebagainya.

Smartphone RAM 3GB menjadi incaran banyak pengguna dengan beragam alasan, meski kebanyakan pengguna perhitungkan dalam memilihnya adalah harga. Beberapa pengunjung atau calon pembeli yang kami temui seperti di ITC Roxy Mas pun menyadari bahwa spesifikasi memang menentukan harga. Namun, hal itu tidak memundurkan niat pembeli untuk mencari produk dengan spesifikasi yang mumpuni, tetapi dengan harga yang lebih murah. Berikut ini kami rangkumkan jajaran smartphone RAM 3GB terbaru yang beredar di pasaran yang layak untuk di beli.

Jajaran Smartphone RAM 3GB Pilihan ArenaLTE

1. Oppo A39

oppo a39Oppo bukan vendor pendatang baru yang sedang mencoba pasar smartphone di Tanah Air. Kiprahnya yang sudah ada sejak 3.5 tahun lebih ini, membuktikan bahwa dirinya konsisten untuk fokus terhadap pasar lokal. Dan tentunya, keberadaannya disini menjadikannya cukup jeli dalam memahami pasar Indonesia, tren yang selalu berubah yang kini membutuhkan smartphone RAM 3GB namun dengan harga lebih terjangkau.

Dalam tren smartphone RAM 3GB, produsen asal Tiongkok ini sebenarnya memiliki beberapa persenjataan salah satunya adalah seri A39. Selain dukungan memori kapasitas RAM besar, penyimpanan internal pada seri ini juga sudah mencapai 32GB. Lainnya adalah dukungan prosesor Octa Core dengan LCD Screen mencapai 5.2 inci. Untuk harganya saat ini tentulah bukan di kelas mahal, karena sang produsen membanderol sekira IDR2,5 juta.

2. Oppo F1S

Oppo F1s Oktober 2016
Selain A39, smartphone RAM 3GB lainnya dari Oppo adalah seri F1s. Pun demikian, tak hanya persoalan spesifikasi yang cukup tinggi, seri ini pun dikabarkan hadir dalam beragam varian warna dan aksen yang berbeda. Salah satunya adalah varian warna standar seperti Gold Rosse dan versi lainnya adalah Raisa Black.

Saat ini, Oppo F1s ditanamkan dengan spesifikasi yang cukup mumpuni meski dibanderol dengan harga sekira IDR3 jutaan. Seperti halnya prosesor MTK Octa Core 1,5GHZ serta memori penyimpanan mencapai 32GB yang bisa diperluas hingga 256GB melalui slot microSD. Selain itu juga, spesifikasi lainnya adalah kamera depan besar yang mencapai 16MP, serta kamera utama 13MP.
Baca Review Oppo F1s: Smartphone 4G LTE yang Jago di Kamera Selfie

3. Huawei P9

Huawei P9Huawei P9 adalah smartphone pertama yang dihasilkan melalui kolaborasi revolusioner bersama Leica. Ponsel ini memiliki dua kamera utama berkekuatan 12MP. Satu unit berfungsi untuk menangkap warna, sementara unit lain hanya bisa melihat hitam dan putih saja. Kamera memiliki lensa dengan aperture f/2.2 dengan field of view setara lensa 27mm.

Ponsel ini memiliki layar IPS LCD yang hanya berukuran 5,2 inci dengan resolusi ful HD 1080p. Jeroannya dibenami dengan chipset besutan sendiri bernama Kiri 955 dengan prosesor octa core berkecepatan 2.5GHz octa core 1.8GHz dengan RAM 32 GB dan memori internal 32 GB.

Huawei P9 siap mengadu peruntungan di pasar Indonesia dengan banderol yang tak terlalu tinggi yakni di kisaran IDR 6.999.000. Buat yang memang sudah penasaran dengan kemampuan kameranya mungkin bisa langsung merogoh kocek dan memboyongnya ke rumah.
Baca Review Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone

4. LG G5 SE

update android 7.0LG G5 SE adalah versi generik dari sang flagship LG G5 (yang tidak masuk Indonesia) dengan beberapa pemangkasan fitur dan spesifikasi di sana-sini. LG G5 SE memang bukanlah sebuah smartphone performa tinggi seperti sang kakak. Tapi spesifikasi yang dibenamkan dalam handset ini tetap layak dilirik. Kalau diperhatikan, cukup identik dengan LG G5, mulai dari keberadaan USB Type-C hingga konsep modular yang memungkinkan pergantian modul aksesoris  secara praktis.

LG G5 SE memiliki layar IPS Quantum dengan bentangan 5,3 inci pada resolusi QHD atau 2560×1440 piksel persis seperti yang dimiliki LG G5. Bodinya dirancang dari material aluminium khusus dengan permukaan layar dilapisi 3D Arc Glass.

Di area fotografi, ponsel ini juga dibekali dengan kamera yang sama dengan setup dual camera berkekuatan 16MP. Seri yang berjalan dengan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow ini punya baterai berkapasitas 2800mAh. Seri ini mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 652 dengan RAM 3GB. Meski merupakan produk alternatif yang lebih murah dari LG G5, harganya tetap masuk kategori ‘mahal’ yakni sekitar IDR 8 juta.
Baca Review LG G5 SE: Desain Modular yang Unik dengan Kamera Impresif

5. Asus Zenfone 3 (ZE520KL)

kamera Asus ZenFone 3 ZE552KLVarian baru dari keluarga seri Zenfone adalah seri ketiga (zenfone 3) dengan kode nama ZE520. Di pasaran sendiri, pasar ini hadir dengan desain baru yang dihias tempered Glass pada bagian belakang yang membuatnya terlihat lebih cantik. Selain tentunya, ada kekuatan besar seperti RAM kapasitas 3GB yang diklaim sanggup menjalankan beberapa aplikasi tanpa lag.

Persenjataan lainnya adalah prosesor Octa Core 2.0GHz Snapdragon MSM8953, serta RAM 3GB dan memori penyimpanan yang mencapai 32GB. Untuk urusan kamera, seri ini hadir dengan membawa resolusi 16MP pada bagian utama dan kamera depan dengan persenjataan 8MP. Harganya sendiri, saat ini Asus membanderolnya sekira IDR3,7 jutaan.
Baca Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: Smartphone 4G LTE Cat.7 dengan Kamera Powerful

6. Infinix Zero 3

infinix zero 3 3Bisa dibilang saat ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan Infinix Zero 3 sebagai smartphone dengan kekuatan RAM 3GB. Pasalnya, ponsel ini telah turun harga dari awal rilis pertamanya beberapa waktu menjadi kisaran IDR2,4 juta yang sebelumnya dibanderol IDR2,7 juta.

Bukan hanya soal RAM 3GB, namun persenjataan kamera 20,7MP serta hasil kamera yang diklaim mampu menghadirkan resolusi gambar setara 4K merupakan alasan yang tepat. Selain itu, layarnya yang seluas 5.5 inci dengan resolusi tinggi Full HD (1080p) dan kerapatan  piksel 400 ppi, merupakan alasan yang tepat untuk memilih seri ini.

7. Lenovo Vibe K5 Plus

lenovo-vibe-k5-plusLenovo Vibe K5 Plus mengemas layar seluas 5 inci dengan resolusi full HD (1920 x 1080 pixels) dengan kecerahan 450 nits. Lenovo Vibe K5 Plus mengadopsi platform Android 5.1 Lollipop yang dilapisi dengan tampilan antarmuka khas Lenovo.

Sementara untuk dapur pacunya, smartphone ini dipasok dengan prosesor octa core Snapdragon 616 yang memang memiliki performa menengah bawah. Inti yang dibenamkan dalam CPU 64-bit ini adalah kombinasi dari 4 x 1.2 GHz Cortex A53 dan 4 x 1.5 GHz Cortex A53. Untuk membuat performa grafis lebih menjanjikan, menyisip GPU Adreno 405. Smartphone ini dibenami dengan 3GB RAM untuk menopang dapur pacu supaya bekerja lebih efisien. Di area penyimpanan, tertanam memori internal yang memiliki besaran 16GB serta bisa diekspansi via slot microSD hingga 128GB.

Vendor mematri kamera dengan sensor Omnivision OV13850 berkekuatan 13MP di bodi belakangnya, lengkap bersama LED Flash, f/2.2 aperture, lensa 5P dan kemampuan rekam video hingga 1080p. Buat kamera depannya, Lenovo Vibe K5 Plus memiliki sensor 5MP yang sangat optimal dipakai selfie karena mendukung f/2.8 aperture dan lensa  4P. Anda tertarik? Ponsel ini dibanderol dengan harga IDR  2.499.000.

8. Xiaomi Mi Max

Xiaomi-Mi-Max-OKDibanderol harga IDR 2.695.000, Xiaomi Mi Max menawarkan layar berukuran jumbo mendekati ukuran bodi tablet dengan diagonal mencapai 6,44 inci. Layar raksasa tersebut dibungkus material casing yang menggunakan struktur unibodi dari bahan metal. Smartphone 4G LTE yang memiliki ketebalan 7,5 mm dan kapasitas baterai 4850mAh ini mengusung chipset Snapdragon 650 dengan RAM 3GB plus memori internal 32GB.

Xiaomi Mi Max berjalan menggunakan antarmuka MIUI 8 yang berbasis Android terbaru yakni versi 6.0 Marshmallow. Bagian kamera pun sepertinya tak mau kalah dimana sang vendor menancapkan sensor berkekuatan 16MP ditunjang dengan dual LED flash. Untuk kamera depannya yang biasa dipakai narsis, tertanam kamera berkekuatan 5MP dengan lensa sudut lebar hingga 85 derajat.

9. Axioo Venge X

Axioo 4G LTE VENGE - Axioo 4G LTE VENGE XSebagai pemain lokal, tentu Axioo diminta jeli untuk melihat pasar dan kebutuhan pengguna smartphone Indonesia. Makanya untuk dikelas smartphone RAM 3GB produsen memiliki produk yang dilabelinya dengan nama Axioo Venge X. Seri ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar IDR2,2 jutaan.

Sedangkan untuk spesifikasi, seri ini menggunakan chipset Mediatek MT 6753 prosesor Octacore berkecepatan 1.3GHz yang diklaim lebih baik dari Snapdragon 615. Dilengkapi layar 5 inchi, Axioo 4G LTE Venge yang memiliki bobot hanya 131g ini dilengkapi kamera Sony dengan resolusi 8 MP dengan sensor BSI 2 sensor dan bukaan lensa f/2.2 aperture juga kamera belakang 2 MP.