ArenaLTE.com – Hadir dengan layar lebar dan dilengkapi pena digital S-Pen, memang sudah melekat dengan ciri ponsel berlabel Note. Meski perlu diakui, generasi pertama smartphone  yang menggunakan label ini adalah Samsung, tetapi namanya cukup dikenal setelah beberapa produsen ikut mengekor mengikutinya. Berikut jajaran smartphone dengan label Note yang ada di pasar Tanah Air.

Samsung Galaxy Note menjadi seri produk pertama yang dirilis perusahaan Korea, Samsung, karena menghadirkan smartphone layar lebar yang dilengkapi dengan stylus S-Pen pertama. Setelah beberapa seri dikeluarkan oleh produsen (saat ini sudah 7 seri yang dikeluarkan), nama Note kian melambung setelah beberapa produsen lain ikut menggunakan namanya.

Berikut jajaran smartphone dengan label Note yang ada di pasar Indonesia

Infinix Note 2

Infinix Note 2

Meski membawa nama label Note, tapi tidak serta ponsel dengan label Note 2 ini dilengkapi dengan pena digital S-Pen seperti pada ponsel Note kembangan Samsung. Namun kabarnya, Infinix Note 2 menggunakan nama tersebut karena menggunakan layar yang lebih lebar.

Infinix Note 2 sendiri dibanderol dengan harga sekira Rp.2 jutaan, yang digadangkan hadir untuk memberikan kenyamanan akses multimedia. Kebetulan beberapa waktu lalu, redaksi diberi kesempatan untuk mencoba beberapa fitur di dalamnya, seperti halnya baterai dengan kapasitas 4.040mAh, fitur fast charging, serta bisa difungsikan menjadi power bank, dan juga sudah mendukung koneksi 4G LTE menjadi tawaran yang diberikan produsen.

Infinix Note 2 sudah dibekali dengan dapur pacu dari prosesor octa core Mediatek 6753 64-bit, RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB yang dapat diekspansi hingga 32GB. Ponsel ini juga hadir dengan llayar 5,9 inci yang sudah mendukung jaringan 4G di band 900 da 1.800MHz pada kedua slot SIM cardnya.

Meizu M2 Note

meizu m2 note

Pertama hadir di Indonesia, Meizu Note 2 dikenalkan pertama kali melalui jalur pembelian online Lazada. Dalam situs tersebut, pengguna bisa mendapatkannya dengan harga sekira Rp.2 jutaan. Selain menggunakan label Note untuk menarik minat pasar, produsen juga menghadirkan fitur dukungan jaringan 4G LTE TDD dan FDD.

Untuk spesifikasinya sendiri, ponsel ini sudah disuntik prosesor 64-bit MT6753 octa core dengan kecepatan 1,3GHz Cortex A53 ditandemkan dengan pengolah grafis Mali-T720 GPU. Selain itu juga, sudah dibenamkan memori 2GB RAM dan 16GB ROM. Menawarkan layar dimensi 5,5 inci dengan sistem operasi Android OS Lollipop dan UI Flyme kembangannya.

Xiaomi Redmi Note 2

miui 7.1

Meski tidak bisa diklaim label Note membantu popularitas Xiaomi, namun sepertinya Note 2 sudah memiliki tawaran lain yang lebih baik. Seperti halnya banderol harga yang cukup terjangkau sekira Rp.2 jutaan, sert UI terbaru kembangannya yang cukup dikenal, yakni MIUI 7.

Untuk spesifikasinya sendiri, Xiaomi Redmi Note 2 hadir dengan system on a chip (SoC) octa-core MediaTek Helio X10, 2GB RAM, memori internal 16GB atau 32GB, baterai berkapasitas 3060 mAH, dual SIM LTE serta display berdiagonal 5,5 inci 1080p.

Xiaomi Redmi Note 3

xiaomi redmi note 3

Selain seri Note 2, Xiaomi juga memiki seri lainnya yang masih dalam satu keluarga Note, yakni Redmi Note 3. Berbeda dari seri sebelumnya, kali ini hadir dengan balutan bodi yang hampir seluruhnya didesain dari material logam. Namun tentunya, harga yang ditawarkan menjadi sedikit lebih mahal dari sebelumnya yang dibanderol dengan harga sekira Rp.2,5 jutaan.

Xiaomi menanamkan chipset octa core MediaTek Helio X10 berclockspeed 2.0 GHz. Serta memori RAM dengan dua varian kapasitas 2 dan 3GB, untuk penyimpanan internalnya sendiri ditanamkan sebesar 16GB. Sedangkan pada bagian kamera utama hadir dengan dukungan resolusi 13MP, serta baterai untuk suplai energi yang mencapai 4.000mAh.

Advan Star Note S5L

Advan Star Note S5L

Dari produsen ponsel lokal, nama Note juga dianggap dapat membantu popularitas dan peningkatan penjualan produk Advan. Salah satu seri yang mengandalkan nama tersebut adalah Advan Star Note S5L, hadir dengan harga yang lebih ramah dikantong dibanding seri ponsel label Note lainnya, yakni Rp. 1 jutaan.

Seperti pada umumnya ponsel di leval harga 1 jutaan, tidak ada spesifikasi yang bisa dibilang wah meski perlu diakui harga tersebut sudah cukup lumayan karena menggunakan layar lebar 5,5 inci dan S-Pen. Spesifikasi lainnya adalah prosesor Quad Core ARM cortex dengan memori RAM 1GB, serta memori penyimpanan internal yang hanya mencapai 8GB. Disektor kamera pun masih sangat terbatas, produsen hanya menempatkan resolusi sebesar 5MP bagian utama dan 2MP pada bagian depan.