ArenaLTE.com – Spesifikasi menjadi nilai mahal saat ini untuk sebuah smartphone. Maka tak salah para produsen berlomba untuk memasang fasilita dan fitur canggih, sekaligus sebagai nilai jual produk andalannya. Selain kecanggihan prosesor, piranti yang saat ini menjadi nilai mahal sebuah ponsel pintar adalah RAM, komponen ini juga menjadi fokus para vendor yang menancapkan pendorong prosesor hingga RAM 4GB.

Saat ini, kapasitas memori RAM 4GB sudah menjadi fitur standar flagship smartphone sebuah vendor. Tak hanya vendor global saja, bahkan tren kapasitas memori sebesar itu pun kini diikuti oleh vendor pemain lokal. Pasalnya, smartphone dengan memori RAM besar ini dinilai berpengaruh dan penting untuk membantu kecepatan sebuah pemrosesan sistem. Berikut jajaran smartphone dengan memori RAM besar.

Samsung Galaxy A9 Pro

Senjata baru vendor asal Korea Selatan ini adalah versi upgrade dari Samsung Galaxy A9 (2016), yang kini dilabelkan dengan nama Galaxy A9 Pro. Namun sayangnya, untuk memiliki ponsel pintar ini Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, Galaxy A9 pro dibanderol dengan harga sekira IDR8 jutaan.

samsung galaxy a9 pro 2

Smartphone yang hadir dengan layar 6 inci ini, memiliki dapur pacu prosesor octa core 64-bit Qualcomm Snapdragon 652  yang sebelumnya dikenal dengan nama Snapdragon 620. Mengusung clockspeed hingga 1.8Ghz dan sudah ditandemkan dengan GPU Adreno 510 serta hadir dengan RAM 4GB.

Huawei Mate 8

Sebenarnya ada dua varian yang ditawari Huawei untuk seri Mate 8 ini, salah satunya adalah varian memori RAM 3GB dan kapasitas RAM 4GB. Untuk mendapatkan memori RAM yang lebih besar, Anda bisa menebusnya dengan harga sekira IDR9 jutaan.

Huawei-Mate-8-Officiel-01

Huawei Mate 8 merupakan flagship terbaru dari sang vendor yang sudah dibenami dengan prosesor octa core Kirin 950. Diperkuat dengan empat inti Cortex-A72 yang memiliki clockspeed 2.3 Ghz serta empat inti Cortex-A53 tambahan yang hemat daya dengan clockspeed 1.8 GHz.

Huawei P9 Max

Demi mewujudkan ambisinya untuk menduduki peringkat ketiga sebagai produsen smartphone global, maka tak salah Huawei juga menawarkan banyak varian smartphone memori RAM 4GB dari banyak seri. Salah satu yang diperkenalkannya adalah dari keluarga seri P9, namun sayang harga yang akan dibanderol untuk seri ini masih dirahasiakan hingga peluncurannya nanti.

Huawei P9

P9 Max diketahui mengusung layar QHD 6,2 inci, prosesor octa core Kirin 955 berclockspeed 2GHz. 4GB DDR4 RAM dan memori internal 64GB. Seri ini juga digadangkan akan membawa dua sensor kamera utama besar 12MP, yang telah tersertifikasi Leica.

Archos Diamond 2 Plus

Mengikuti tren pasar dengan smartphone memori besar, menjadi langkah yang diikuti Archos untuk menguatkan eksistensinya di industri ponsel pintar. Produsen kini mengikuti langkah tersebut dengan mengenalkan seri Archos Diamond 2 Plus, menggunakan memori RAM 4GB yang dibanderol sekira IDr3 jutaan.

archos-diamond-plus-smart-2

Archos Diamond 2 Plus hadir dalam bentang layar seluas 5,5 inci serta mengandalkan resolusi full HD 1080p. Pada bagian jeroan, sebuah chipset octa core berclokspeed 2GHz MediaTek MT6755 yang diberi label Helio P10 menjadi andalan untuk menunjang kinerjanya. Tak ketinggalan pengolah grafis Mali-T860MP2 dengan kecepatan 700MHz ditambahkan sebagai penyempurna kemampuannya.

coolpad max

Max sudah didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 617 MSM8952, yang sudah dipadukan bersama GPU Adreno 405 dan RAM 4GB. Namun sayangnya, ponsel dari negeri tirai bambu ini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi dibanding sekelasnya, yakni IDR5 juta.

Dimensi layar 5.5 inci yang sudah didukung dengan panel Full HD display resolusi 1080 x 1920 piksel, sudah ikut menghias ponsel. Selain itu, seri ini juga sudah didukung dengan kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP, sebagai pendukung aktivitas selife pengguna.

Asus Zenfone 2

Memang ada banyak keluarga seri Asus Zenfone 2 yang dihadirkan produsen Taiwan ini, namun dari beberapa seri lain yang hadir dengan RAM 4GB adalah Zenfone 2 yang hadir dengan kode ZE551ML. Untuk harganya sendiri, seri ini dibanderol dengan harga sekira IDR2,7 jutaan.

asus zenfone 2 laser ze500kg

Asus Zenfone 2 mengandallkan prosesor Intel Quad Core dan RAM 4GB. Kamera 13MP ditunjang dual LED flash. Seri ini juga sudah mengadopsi layar seluas 5,5 inci namun memiliki bezel lebih ramping. Sekitar 72 persen dari luas penampang bodi depan didominasi layar dengan resolusi full HD 1080×1920 piksel. Smartphone ini mengandalkan teknologi IPS dengan sudut pandang luas mencapai 178 derajat.

OnePlus 2

Suksesor OnePlus One ini hadir dengan dimensi layar yang luas yakni 5.5 inci, lengkap dengan panel IPS LCD In-Cell dengan resolusi Full HD 1080p.  Harga OnePlus 2 di Indonesia adalah Rp5.399.000 untuk tipe 64 GB, yang dilengkapi dengan kekuatan memori RAM kapasitas 4GB.

OnePlus 2 gagal masuk Indonesia

Selain spesifikasi dapur pacu, spesifikasi OnePlus 2 di sektor fotografi adalah memiliki kamera belakang 13 megapixel dilengkapi dengan enam lensa fisik, kekuatan dual LED flash, dan bukaan f/2.0.

Xiaomi Mi Max

Xiaomi Mi Max menawarkan seri banderol terjangkau dengan maksimalisasi besar-besaran pada beberapa sektor. Selain dukungan memori RAM 4GB, seri terbaru dari produsen negeri Tirai Bambu ini adalah pada dimensi layar 6,4 inci. Namun sayangnya, produk ini sepertinya belum bisa didapat secara resmi untuk Indonesia, dengan tawaran harga IDR3,4 jutaan dirasa akan banyak diminati pembeli Tanah Air.

xiaomi mi max 3

Seri ini hadir dengan mengandalkan chipset Snapdragon 652 ditemani dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Bagian kamera pun sepertinya tak mau kalah dimana sang vendor menancapkan sensor berkekuatan 16MP ditunjang dengan dual LED flash. Sedangkan bagian depan hadir dengan dukungan resolusi 5MP.

Meizu Pro 5

Meizu Pro 5 kabarnya hadir dengan display 5,7 inci, serta dukungan layar yang mencapai 1080p. Sementara di bagian jantung akan tertanam chipset Exynos 7420 dengan 3GB RAM dan internal storage 32GB. Sedangkan pada bagian belakang menancap kamera 21MP serta kamera selfie 5MP. Untuk harganya, seri ini dikabarkan akan hadir dengan banderol harga mencapai IDR6,8 jutaan.

meizu pro 5 mini