ArenaLTE.com – Beberapa tahun silam, tak sedikit orang memandang miring tentang ponsel China. Stigma bahwa smartphone China memiliki kualitas yang jelek dengan spesifikasi rendah dan harga murahan tertanam cukup kuat. Perlahan namun pasti, stigma tersebut mulai pudar. Kini beberapa produsen asal negeri Tirai Bambu sudah berani memasarkan smartphone premium yang harganya tidak bisa dibilang murah.

Dengan masuk ke segmen premum, berarti mereka bakal bersaing dengan pemain besar yang sudah punya nama. Sebut saja Apple iPhone dan Samsung yang memiliki pengguna cukup besar. Smartphone China pun ingin meningkatkan brand dan menikmati kue smartphone premium.

Pada dasarnya tidak ada patokan harga yang pasti untuk sebuah ponsel bisa dikatakan masuk kelas premium. Namun sekarang ini, ponsel di atas IDR 4 juta sudah dianggap dalam kelas premium. Karena spesifikasi dan fiturnya yang tinggi. Di kelas ini, smartphone China semakin berani bermain mulai dari empat jutaan hingga harga yang fantastis menyentuh angka Rp 10 juta. Apa saja itu? Berikut jajaran smartphone China yang dibanderol diatas IDR 4 jutaan.

CoolPad Max

coolpad max (6)Coolpad Max hadir dengan balutan bodi berwarna emas, dan dimensi layar 5.5 inci, serta kekuatan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP, sebagai pendukung aktivitas selfie pengguna. Ponsel pintar ini sendiri dibanderol dengan harga IDR5 juta, namun sayangnya saat ini produsen masih tersandung masalah TKDN sehingga seri ini mengunci dukungan koneksi 4G di dalamnya.

Vivo Xplay 3S

Vivo Xplay 3SDari nama yang digunakan pun tidak berbeda jauh dengan produsen negeri Tirai Bambu, China lainnya. Vivo Xplay 3S merupakan smartphone pertama dari Vivo yang memiliki layar QHD (1440 x 2560 pixel) berukuran 6 inchi. Layar mampu menampilkan gambar dengan kerapatan hingga 490 piksel per inci dan dibalut oleh teknologi dari IPS LCD. Ponsel ini hadir dengan kekuatan memori RAM 3GB dan kamera besar 13MP. Smartphone 4G LTE ini dibanderol dengan harga mencapai IDR7 juta.

Vivo X5 Pro

vivox5pro-okProdusen asal negeri Tiongkok ini mengikuti tren smartphone yang dalam satu seri mengusung beberapa tipe sekaligus. Contohnya pada seri Vivo X5 Pro yang mengusung fitur unggulan teknologi autentikasi Eye Recognition atau Eye ID yang diklaim lebih aman karena informasi retina yang dibaca sensor tidak dapat di-copy. Vivo X5 Pro menjalankan Android 5.0 Lolipop dengan layar 5.2-inch AMOLED full-HD. Dual SIM dari X5 Pro sudah support untuk menggunakan jaringan 4G LTE. Smartphone ini juga diperkuat processor Octacore 64-bit Snapdragon 615 dengan RAM 2GB, ROM 16 GB dan kamera 13 MP f/2.0. Tetapi, siapa sangka produsen membanderol harga seri ini dengan harga yang cukup tinggi yakni IDR4,9 jutaan dengan tawaran spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya.

Huawei Mate S

huawei mate sMerupakan smartphone bebasis Android Lollipop yang hadir dengan layar dimensi 5.5 inci, didukung dengan kedalaman warna layar sebesar 401ppi. Selain itu juga, hadir dengan teknologi AMOLED UHD dan desain yang dilengkapi body metal seamless dan diamond cutting dan saphire lens. Untuk dapur pacunya sendiri, spesifikasi Huawei Mate S ini hadir dengan dukungan prosesor HiSilicon Kirin 935 Quad Core dan chip grafis Mali-T628. Sedangkan memori sistem dibekali kapasitas RAM 3GB dan memori penyimpanan dengan varian beragam, sebesar 32GB, 64GB, dan 128GB yang bisa ditambah hingga kapasitas lebih besar melalui slot micro SD hingga 128GB.

Pada bagian kamera, Huawei Mate S hadir dengan dukungan kamera utama 13MP yang dibekali dengan fitur tambahan OIS, autofokus, Dual-LED flash. Sedangkan pada bagian kamera depan, hadir dengan dukungan resolusi 8MP dan tambahan lampu LED. Menyasar segmen premium, harga Huawei Mate S dijual sebesar IDR 9 jutaan.

Oppo N3

Oppo-N3Oppo memiliki banyak ragam varian smartphone untuk memenuhi semua kebutuhan ponsel masyarakat dari beragam kelas, salah satunya adalah seri N3. Seri ini memiliki keunikan pada kamera 16 MP yang bisa berotasi bisa difungsikan sebagai kamera depan atau kamera utama dengan memutarnya. Selain desain kamera putar, Oppo N3 juga dilengkapi spesifikasi dan fitur mumpuni. Layarnya sebesar 5,5 inci dengan perlindungan Gorilla glass 3. Dan prosesornya sudah Quad Core yang memiliki kecepatan 2,3 GHz. Ponsel ini dibanderol dengan harga mencapai IDR7,9 juta.

Oppo R7S

Oppo-R7S
Oppo mengklaim ini merupakan smartphone pertama yang serba cepat dengan kemampuan flash performance, flash charging, dan flash camera focus. Smartphone Oppo R7s sudah dibenami octa-core processor Snapdragon 615, RAM 4GB serta memori penyimpanan internal sebesar 32GB. Oppo R7s memiliki kamera utama 13MP dan kamera belakang 8MP. Untuk menjamin hasil gambar yang beresolusi tinggi, Oppo menyematkan teknologi auto fokus PDAF yang cepat dan sistem Pure Image Technology 2.0+.  Harga Oppo R7s dipatok IDR 4.999.000.
BACA: Review Oppo R7s, Kapasitas Baterai Besar, RAM 4GB

Lenovo Vibe Shot

Kelebihan-dan-Kelemahan-Lenovo-Vibe-Shot-Triple-LED-FlashMeski membawa nama kental dari label Tiongkok, namun pengalaman dari kesuksesan penjualan notebook memberikannya keberanian diri untuk bermain di industri ponsel. Mengandalkan kamera besar dan fitur di dalamnya, Lenovo Vibe shot hadir dengan banderol harga sekira IDR4,5 juta.

 Xiaomi Mi5

Xiaomi Mi 5Kehadiran Xiaomi memang cukup fenomenal, hal itu dikarenakan produsen mampu menggebrak pasar dengan kehadiran ponsel pintar murah namun spesifikasi tinggi. Pun demikian, bukan berarti produsen tidak memiliki ponsel di kelas high-end lainnya, seri ini hadir dengan banderol sekira IDR4,9 jutaan.

Xiaomi Mi5 pro

xiaomi mi 5 proSatu seri lainnya milik Xiaomi yang juga dibanderol dengan harga lebih tinggi lainnya adalah seri Mi 5 Pro. Produsen mematok harga sekira IDR7 jutaan untuk seri profesional ini di pasaran.